Cara Membuat Septic Tank Resapan Sesuai Standart SNI!

Cara Membuat Septic Tank Resapan Sesuai Standart SNI!

Cara Membuat Septic Tank Resapan – Suatu bangunan maupun gedung pastinya harus punya saluran pembuangan. Tempat untuk menampung berbagai limbah dari saluran pembuangan yaitu septic tank. 

Oleh karena itu, alat satu ini menjadi komponen utama dalam permasalahan penampungan limbah sementara. Melihat fungsi yang cukup penting ini pemerintah pun menetapkan standar yang sesuai baik pada tangki septik juga dengan resapannya.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah tempat penampungan Anda resapan tangki septiknya sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah atau malah sebaliknya?

Anda berada di laman yang tepat karena berikut ini ada cara membuat resapan septic tank yang sesuai dengan standar SNI. Oleh karena itu, simak ulasan berikut baik-baik dan jangan sampai ketinggalan ya.

Cara Membuat Septic Tank Resapan

Cara Membuat Septic Tank Resapan 

Karena kehadiran alat penampungan limbah ini yang jadi keharusan tersendiri, maka dalam pembuatan resapannya juga tidak bisa yang asal-asalan dan sembarangan.

Selain perlu memilih tangki septik yang tepat, Anda semua juga perlu mempertimbangkan pembuatan resapannya dengan baik dan sesuai standar yang ditetapkan.

Daripada bingung cara menentukan resapannya seperti apa, inilah beberapa cara membuat resapan yang tentunya sudah sesuai standar SNI yaitu:

Proses Menggali Tanah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dimulai pada proses menggali tanah. Kalau mengacu pada peraturan SNI 2398:2017 yang tertera bahwa tinggi tangki septik minimalnya 1,5 meter.

Artikel terkait :  Update Harga Pompa Air Merk Sanyo Beserta Spesifikasinya Terbaru

Oleh karena itu galian tanah yang perlu dibuat minimal kedalamannya 2 meter.

Membuat Sekat Untuk Pembatas

Lalu, Anda perlu membuat sekat pembatas di antara wadah pembuangan dan sumur resapannya. Gunakan saja berbagai bahan bangunan yang bisa Anda dapatkan seperti batu-bata dan beton supaya lebih kuat dan awet.

Jangan lupa juga untuk membuat saluran penghubung pada dalam sekat yang berfungsi untuk menghubungkan antara kedua wadah.

Pemilihan Pipa Saluran Pembuangan

Untuk pipa pembuangannya sendiri yang dipakai harus tahan air, tidak mudah berkarat, dan sebisa mungkin tanpa adanya sambungan. Selanjutnya pipa tersebut nantinya dihubungkan pada sambungan T di saluran keluar tangki sepitengnya.

Pastikan juga pipa posisinya miring dari toilet sampai ke pembuangannya ya.

Membangun Dinding Untuk Melindungi Septic Tank

Dinding sebagai pelindung septic tank juga harus dibuat sekuat mungkin. Hal ini bertujuan agar bisa melindungi septic tank dengan baik agar tidak mudah bocor maupun roboh.

Gunakan saja bahan bangunan berupa batu bata merah yang sudah dilengkapi dengan lapisan penutup plester khusus.

Tahap Finishing Septic Tank

Nah, pada tahapan yang terakhir pembuatan resapan yaitu dengan membuat lapisan tembok pada bagian bawah tangki septiknya. Jangan sampai lupa juga, buat lubang ventilasinya ya!

Hal ini bertujuan agar sirkulasi udaranya tetap lancar dan menghindari tangki septik dari bahaya meledak.

Manfaat Menggunakan Septic Tank

Tidak hanya untuk rumah tangga biasa saja, pemakaian tangki septik perlu dan harus ada pada bangunan komersial maupun fasilitas umum.

Bisa bayangkan jika suatu bangunan maupun rumah tidak tersedia tempat penampungan limbah yang layak dan tepat. Maka, bisa membuat lingkungan jadi semakin kotor bukan?

Inilah berbagai manfaat yang bisa diperoleh jika Anda semua menggunakan septic tank, yaitu sebagai berikut:

Artikel terkait :  Inilah Kapasitas Tandon Air Paling Besar Cocok untuk Rumah Tangga

Ramah Lingkungan dan Sehat

Dengan Anda memiliki wadah penampungan limbah pada toilet, maka aroma yang menyengat dari kotoran tidak akan tercium. Beragam kotoran yang tertampung mudah penguraiannya oleh bakteri.

Sebab itulah kenapa keberadaannya pada setiap bangunan sangat diperlukan. Hal ini bisa membuat lingkungan jadi lebih bersih, sehat, dan terhindar dari bau menyengat yang mengganggu.

Dengan menggunakan resapan sepitengn yang baik bisa menghindari septic tank penuh dengan air karena sudah ada resapan yang membantu meresap air dari postingan septic tank agar tidak penuh.

Sumber Mata Air Bisa Terlindungi

Beberapa dari rumah tangga masih banyak yang memakai sumur resapan sebagai sumber air bersih untuk minum maupun memasak. Coba bayangkan jika air pada sumber tersebut tercemar, maka bisa menimbulkan berbagai penyakit bukan?

Maka dari itu, septic tank memiliki peranan penting utnuk melindungi sumur sebagai sumber air bersih dari berbagai limbah kotoran yang dibuang sehari-hari.

Bisa Daur Ulang Limbah Kotoran

Tangki septik merupakan tempat penampungan limbah sementara yang nantinya disedot dan ditampung kembali sebelum nanti akhirnya diproses sehingga aman bagi lingkungan.

Oleh karena itu, septic tank yang diberi disinfektan bisa menguraikan limbah yang ada dalam tangki septik. Sehingga memudahkan proses pembuangan akhirnya.

Rekomendasi Bio Septic Tank Grand

Rekomendasi Bio Septic Tank Grand 

Mau tempat penampungan limbah yang tidak ribet dan memiliki teknologi mutakhir? Nah, Anda sangat perlu memakai septic tank bio yang merknya Grand!

Menggunakan bahan HDPE (High Density Polyethylene) murni dan 100% tanpa bahan campuran lainnya, hal inilah yang menjadikan tangki septik Grand ini tidak mudah retak dan berkarat.

Septic tank merk Grand ini menggunakan penyaringan dengan sistem filtrasi multi stage, sehingga proses pengolahannya berulang kali sampai menyisakan endapan lumpur yang lebih sedikit.

Artikel terkait :  Macam-Macam Tempat Sampah Untuk Lingkungan Lebih Bersih 

Pada tangki septik merk Grand ini terdapat teknologi berupa Dual Faced Bioball, yang bisa secara ampuh memecah limbah dengan efektif. Hal ini bisa mencegah dinding pada septic tank dari penyumbatan kotoran.

Tidak hanya itu saja, tangki septik merk Grand ini juga mudah memasangnya dan tahan dengan kuat akan berbagai pergerakan yang ada di dalam tanah.

Dapatkan Septic Tank Grand Langsung Dikirim di Depan Rumah Anda Tanpa Biaya Pengiriman Hanya Hari Ini!

Order WA

Penutup

Oleh sebab itu, pastikan Anda semua beralih menggunakan septic tank bio seperti merk Grand ini ya! Nah itulah ulasan mengenai cara membuat resapan pada septic tank yang sesuai dengan standar.

Semoga ulasan kali ini bisa membantu dan memberikan informasi penting dalam pemasangan resapan ini ya! Sampai jumpa lagi pada penjelasan menarik berikutnya.