Berbagai Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya Yang Wajib Diketahui

Berbagai Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya Yang Wajib Paham!

Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya – Kalau berada di jalan raya, maka biasanya Anda semua akan mendapati berbagai penanda yang bisa memberikan petunjuk dan arahan dalam berkendara.

Sehingga bisa tercipta keteraturan dan memberi keamanan satu sama lain. Akan tetapi masih banyak yang suka melanggar berbagai rambu lalu lintas.

Supaya tidak sering melanggar, maka Anda semua perlu tahu maknanya lebih dulu. Nah, melalui ulasan berikut ini Anda bisa mengetahui lebih dalam mengenai berbagai rambu lalu lintas. Jadi, simak terus ulasannya sampai habis ya!

Pentingnya Rambu Lalu Lintas Dalam Berkendara

Apakah banyak dari Anda sekalian yang pernah bahkan sering melanggar rambu? Padahal keberadaan alat ini bisa mempunyai peranan yang sangat penting lho!

Beberapa alasan penting dari pemasangan alat lalu lintas pada jalan raya maupun jalan tol yaitu:

Untuk Keselamatan

Adanya rambu lalu lintas pada jalan raya atau umum bisa membantu mengatur arus lalu lintas bagi pada pengendara akan kondisi maupun situasi tertentu yang ada di jalan.

Sangat penting untuk keselamatan pengemudi, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya. Jadi, sama-sama memberi keselamatan satu sama lain.

Petunjuk Untuk Arah Dan Tujuan

Berbagai alat lalu lintas ini juga gunanya untuk memberikan peringatan tentang bahaya yang ada di jalan seperti ketika ada belokan tajam, jalan yang licin, penyeberangan untuk pejalan kaki, maupun berbagai rintangan lainnya.

Artikel terkait :  Mengenal Apa itu Traffic Cone, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Sejarahnya

Hal ini menjadikan pengendara bisa bersiap-siap dan mengambil tindakan guna menghindari berbagai bahaya di depan.

Penegakkan Aturan

Beragam alat yang ada di jalan raya atau bebas hambatan ini memuat berbagai informasi tentang aturan dan larangan. Dengan begitu hal ini bisa membantuk menegakkan hukum dalam berlalu lintas dan menjaga sikap disiplin pengemudi untuk patuh pada aturan.

Mengatur Lalu Lintas Jalan

Berbagai rambu ini bisa membantu untuk mengatur lalu lintas yang ada di persimpangan jalan, perempatan, maupun pada area yang rawan akan kecelakaan.

Hal ini secara langsung bisa mengurangi kemungkinan jika terjadi kecelakaan dan bisa memperlancar arus kendaraan.

Untuk Kesadaran Para Pengendara

Alat lalu lintas ini juga memiliki peranan sangat penting bagi pengendara. Karena dapat meningkatkan kesadaran akan pengemudi terhadap lingkungan yang ada di sekitar.

Hal ini bisa mengurangi kebingungan bagi para pengemudi di jalan dan mendorong perilaku bagi para pengendara untuk berkendara yang lebih aman.

Berbagai Macam Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya

Berbagai Macam Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya

Sebenarnya terdapat berbagai macam alat lalu lintas yang punya fungsi dan makna berbeda. Agar pengaturan arus bisa terjaga dan memberi keamanan baik bagi pengendara maupun pengguna jalan lain.

Larangan (Lalu Lintas Dilarang)

  • Larangan Umum: Biasanya alat ini bentuknya lingkaran dengan warna putih dan ada garis melintang warna merah yang menandakan larangan umum, contohnya seperti larangan masuk, berbelok, atau larangan memakai klakson.
  • Larangan Khusus: Alat ini menunjukkan larangan khusus tertentu seperti larangan bagi truk yang muatannya berlebihan, larangan bagi kendaraan yang melebihi batas kecepatan tertentu, atau larangan bagi sepeda motor untuk masuk.

Perintah (Tindakan Yang Harus Dilakukan)

  • Pada umunmnya berbentuk lingkaran atau segitiga yang memberikan peringatan atau instruksi tertentu. Contohnya seperti harus mengikuti arah, mendahulukan apa yang menjadi prioritas, maupun melanjutkan perjalanan kembali.
Artikel terkait :  Perbedaan Kode 304 Dan 316 Pada Stainless Steel, Ini Penjelasannya

Peringatan (Memberi Informasi Atau Peringatan)

  • Peringatan akan bahaya: Bentuknya segitiga dengan warna dasar kuning dan tepiannya hitam. Hal ini menandakan adanya bahaya atau kondisi jalan tertentu seperti adanya tikungan tajam, penyeberangan untuk pejalan kaki, atau jika ada jalan yang licin.
  • Peringatan Informasi: Rambu ini memberikan informasi seperti jarak yang harus ditempuh jika mau menuju ke suatu tempat, keadaan jalan, maupun informasi penting lainnya seperti berapa kilometer lagi jarak yang perlu untuk ditempuh.

Petunjuk (Memberikan Petunjuk Arah)

Rambu ini memberikan petunjuk mengenai rute atau arah yang harus diambil untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya saja petunjuk menuju kota atau tempat penting lainnya.

Zebra Cross (Penyeberangan Pejalan Kaki)

Menunjukkan lokasi penyeberangan untuk pejalan kaki yang diberi garis hitam dan putihb seperti zebra. Pengemudi diwajibkan untuk memberi prioritas pada pejalan kaki yang akan melintas pada penyeberangan ini.

Marka Jalan Dan Tanda Lintasan

termasuk garis-garis di jalan yang menunjukkan batas lajur, batas pinggir jalan, maupun tanda-tanda lain seperti panah berwarna putih yang menunjukkan arah jalan.

Rambu Penanda Untuk Jalan

Untuk memberi penanda jalan jika ada pekerjaan konstruksi, jalan yang berlubang, maupun ada kegiatan tertentu, maka perlu adanya traffic cone. Dengan menggunakan kerucut lalu lintas yang merknya Grand misalnya, kokoh dan juga aman.

Traffic cone dari Grand ini diproduksi dengan teknologi Blow Moulding, menjadikannya meskipun bahannya elastis tapi juga tahan terhadap benturan.

Tidak hanya sebagai pembatas jalan saja ternyata kegunaan traffic cone juga sangat banyak.

Warnanya yang oranye mencolok, tahan lama dan tidak mudah pudar meski diterpa berbagai cuaca ekstrim di jalanan.

Rambu Penanda Untuk Jalan Traffic Cone

Rambu Pembatas Jalan Raya

Selain itu ada juga pembatas untuk jalan yaitu berupa road barrier yang merknya Grand. Road barrier satu ini tidak permanen, jadi bisa dengan mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait :  Atap Plastik Vs Atap Asbes, Manakah Yang Lebih Bagus?

Tahan akan berbagai benturan, jadi walaupun kena tabrak tetap aman. Road barrier ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap berbagai cuaca ekstrim.

Road Barrier Pembatas Jalan Raya

Bagi Anda yang ingin membeli traffic cone atau road barrier untuk pembatas jalan, Anda bisa menghubungi marketing kami pada icon WhatsApp berikut ini.

Cara Pesan WA

Penutup

Nah, itulah tadi berbagai rambu lalu lintas yang perlu Anda ketahui, khususnya jika Anda sebagai pengendara atau pejalan kaki. Agar tidak melanggar peraturan guna keselamatan pengguna jalan yang lain!

Jangan lupa menggunakan traffic cone dan road barrier dari Grand. Sekian ulasan kali ini, semoga bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat untuk Anda sekalian ya! Sampai jumpa lagi!