Berapa Lama Bakteri Pengurai Septic Tank Bekerja? Ini Jawabannya

Berapa Lama Bakteri Pengurai Septic Tank Bekerja Ini Jawabannya

Berapa lama bakteri pengurai septic tank bekerja tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Di mana bakteri pengurai ini berperan penting dalam proses penguraian limbah yang ada dalam septic tank.

Faktor Penentu Lamanya Penguraian Septic Tank

Faktor Penentu Lamanya Penguraian Septic Tank

Septic tank adalah sistem pengolahan limbah domestik yang memerlukan bantuan mikroorganisme untuk menguraikan limbah. Lamanya proses penguraian ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Jenis Bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme yang berperan penting dalam menguraikan limbah pada septic tank. Jenis bakteri yang ada di dalam tangki, jumlah dan perannya akan mempengaruhi waktu yang dibutuhkan dalam proses penguraian limbah septic tank. Bakteri yang sesuai dan aktif akan mempercepat proses penguraian.

Jumlah Pengguna

Jumlah orang yang menggunakan sistem septic tank akan mempengaruhi jumlah limbah yang masuk ke dalam tangki. Semakin banyak jumlah pengguna, semakin banyak pula limbah yang harus diurai.

Volume Limbah

Volume limbah yang masuk ke septik tank ini juga berperan penting. Semakin banyak limbah yang masuk, semakin lama proses penguraian berlangsung. Mengurangi air yang berlebihan dan menggunakan tangki septik dengan bijaksana dapat membantu mempercepat proses penguraian.

Jenis Limbah

Limbah organik seperti kotoran manusia akan lebih cepat terurai daripada bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam septic tank. Jadi, sebaiknya bahan kimia berbahaya, cairan pembersih, deterjen atau yang lainnya hindari untuk bisa masuk ke dalam sistem tangki septik.

Artikel terkait :  Waspada! Ketahuilah Penyebab Jalan Berlubang

Ukuran Septic Tank

Ukuran dan kapasitas septic tank akan mempengaruhi lamanya proses penguraian. Jika tangki terlalu kecil dibandingkan jumlah pengguna atau volume limbah yang masuk, maka proses penguraian limbah juga akan lebih lambat.

Pemeliharaan Septic Tank

Sangat penting melakukan pemeliharaan septic tank dengan cara menguras minimal setahun sekali untuk membantu menjaga kinerja tangki septik tetap optimal dan mencegah penyumbatan atau masalah lain yang mungkin dapat memperlambat proses penguraian.

Iklim Dan Lingkungan

Faktor-faktor iklim seperti suhu dan kelembaban juga dapat mempengaruhi aktivitas bakteri pengurai. Iklim yang lebih hangat dan lembab dapat mempercepat proses penguraian oleh bakteri.

Berapa Lama Bakteri Pengurai Septic Tank Bekerja?

Lama Bakteri Pengurai Septic Tank Bekerja

Proses penguraian limbah di dalam septic tank oleh bakteri bukanlah proses yang instan, tetapi berlangsung secara bertahap. Proses ini mulai dari fase awal, proses utama, pemisahan endapan serta pemompaan dan pembersihan.

Fase Awal

Pada fase awal, biasanya dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari setelah limbah masuk ke dalam septic tank, bakteri-bakteri pengurai akan mulai melakukan perannya. Yaitu menguraikan bahan organik yang terkandung dalam limbah termasuk pemecahan molekul-molekul besar menjadi yang lebih sederhana.

Proses Utama

Pada tahap ini, bakteri pengurai akan terus mengurai bahan-bahan organik menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana seperti karbon dioksida, air dan senyawa-senyawa lainnya. Proses penguraian limbah biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan dengan catatan septic tank dirawat dengan baik.

Pemisahan Endapan

Proses pemisahan endapan antara padatan dan cairan dalam septic tank akan terjadi selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Endapan padatan akan mengendap ke dasar tangki dan proses penguraian bakteri akan berfokus pada bahan organik di dalam endapan padatan ini.

Artikel terkait :  12 Rekomendasi Lem Pipa Bocor Untuk Saluran Air Yang Baik

Pemompaan Dan Pembersihan

Pemompaan dan pembersihan pada tangki septik penting untuk dilakukan untuk menjaga kinerja septic tank tetap optimal. Anda bisa melakukan pengurasan septic tank minimal setahun sekali yang dilakukan oleh profesional.

Septic Tank Grand, Septic Tank Anti Mampet

Septic Tank Grand, Septic Tank Anti Mampet

Septic tank Grand terbuat dari bahan HDPE yang membuat tangki septik ini kuat dan juga kokoh. Tangki septik yang satu ini menggunakan sistem Filtrasi Multi Stage.

Sistem filtrasi multi stage pada septic tank berfungsi untuk membuat endapan lumpur lebih sedikit. Selain itu, sistem filtrasi multi stage juga memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  • Peningkatan Pengolahan Limbah

Sistem ini akan membantu dalam memisahkan lebih banyak limbah padatan dan kontaminan dari limbah. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan kualitas air yang dikeluarkan dari sistem.

  • Penyaringan Tambahan

Membantu menghilangkan partikel-partikel kecil dan kontaminan yang tidak sepenuhnya terurai dalam septic tank, sehingga dapat membantu melindungi lingkungan dan sumber air tanah dari pencemaran.

  • Efisiensi Penyaringan

Dirancang khusus untuk memaksimalkan efisiensi penyaringan limbah, sehingga air yang keluar dari sistem menjadi lebih jernih dan memiliki kualitas yang lebih baik.

  • Perawatan Yang Lebih Sedikit

Memerlukan perawatan yang lebih sedikit minimal setahun sekali pengurasan, sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan dalam jangka panjang.

Spesifikasi Septic Tank Grand

Septic tank Grand ini memiliki dua ukuran yaitu kapasitas 500 liter dan 1000 liter dengan garansi sepuluh tahun servis sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Ukuran tangki septik Grand 500 liter dan 1000 liter memiliki spesifikasi yang berbeda, berikut perbandingannya.

  1. Volume Tangki: 500 liter
    Tinggi Sampai Pucak: 1240 mm
    Tinggi Sampai Tutup : 1300 mm
    Diameter Dalam: 770 mm
    Diameter Luar: 780 mm
  2. Volume Tangki: 1000 liter
    Tinggi Sampai Pucak: 1425 mm
    Tinggi Sampai Tutup: 1460 mm
    Diameter Dalam: 960 mm
    Diameter Luar: 1015 mm
Artikel terkait :  Tandon Air Yang Memiliki Pipa Sentral Yang Menghubungkan Antara Tandon

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang waktu yang dibutuhkan oleh bakteri pengurai untuk menguraikan limbah dalam septic tank. Untuk mengetahui lebih lanjut jenis-jenis bakteri pengurai yang ada dalam septic tank, Anda bisa baca disini ya. Cukup sekian dan sampai jumpa lagi.