Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian? Ini Selengkapnya!

Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian? Ini Selengkapnya!

Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian? – Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia yaitu sandang atau kita biasa mengenalnya dengan pakaian, perlu perhatian khusus dalam hal pembersihan dan perawatannya. Agar bisa dipakai berulang kali secara bergantian, maka anda perlu mencuci pakaian.

Air yang digunakan untuk mencuci juga tidak bisa yang sembarangan. Lalu bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, bisa simak terus penjelasan berikut ini.

Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian?

Untuk mencuci pakaian, perlu kualitas yang baik. Hal ini dikarenakan air yang digunakan untuk mencuci bisa memiliki pengaruh yang penting pada hasil cuci dan umur penggunaan pada pakaian. Maka dari itu, anda perlu mengetahui kualitas air yang digunakan untuk mencuci pakaian:

Kadar Kalsium Dan Magnesium

Kandungan zat kalsium dan magnesium pada air bisa memperngaruhi “Hardness” atau kekerasan pada air. Air yang “keras” bisa meninggalkan endapan sabun pada baju dan mesin cuci. Hal ini bisa mengurangi efisiensi dari pencucian dan mengurangi masa pakai dari pakaian. Maka dari itu, memakai pelembut atau deterjen bisa mengurangi permasalahan tersebut.

Artikel terkait :  Standar Cone Lalu Lintas Sebaiknya Berbahan Apa?

Zat Besi Dan Mangan

Kandungan zat besi dan mangan pada air bisa menyebabkan noda coklat atau kemerahan pada baju setelah dicuci. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan produk yang mengandung penghilang noda atau pembersih pakaian.

Kandungan Klorin Dan Bahan Kimia

Air yang mengandung kedua zat tersebut bisa mempengaruhi warna dan serat pada pakaian. Zat klorin bisa merusak serat dan memudarkan warna pada pakaian.

pH Air

Ait yang memiliki pH terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa memberika pengaruh efektivitas deterjen dan merusak serat pada pakaian anda. Oleh karena itu gunakanlah air dengan pH yang tepat, yang bisa digunakan untuk mencuci pakaian secara efektif.

Kandungan Logam Berat

Air yang memiliki kandungan logam berat seperti timbal, merkuri, atau kromium bisa merusak serat-serat pada pakaian dan menyebabkan kerusakan warna pada pakaian. Jika anda tinggal di wilayah yang memiliki resiko tinggi airnya tercemar kandungan logam berat dalam air, lebih baik pertimbangkan untuk memakai air bersih atau memasang sistem penyaringan air.

Kandungan Garam Dan Mineral Lainnya

Air yang terkandung garam maupun mineral lainnya bisa meninggalkan noda putih pada pakaian setelah dilakukan pengeringan. Hal ini dikarenakan endapan mineral yang tersisa pada pakaian yang kering menguap. Anda bisa menggunakan deterjen penghilang noda atau bisa mencuci pakaian dengan air hangat.

Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian?

"</a

Perlunya Air Bersih Dan Bebas Kontaminasi

Anda perlu memilih sumber air yang bersih dan bebas dari kontaminasi untuk mencuci pakaian. Hal ini untuk menjaga masa pemakaian dari baju anda dan memberi keawetan pada warna pakaian anda. Jika sumber air dari sumur maupun kran air di wilayah anda kurang berkualitas, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan penyaringan air maupun air yang bersih untuk minum.

Apakah Bisa Digunakan Untuk Menyiram Tanaman?

Air yang dipakai untuk mencuci pakaian biasanya masih bisa dipakai untuk menyiram tanaman. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan jika air tersebut tidak mengandung bahan kimia maupun zat-zat berbahaya yang bisa merusak tanaman. Sehingga ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan air bekas cucian untuk tanaman:

Bahan Kimia Pada Deterjen

Untuk menyiram tanaman sebaiknya jangan menggunakan air bekas deterjen yang biasanya mengandung bahan kimia tertentu seperti pemutih atau pelembut. Karena bahan kimia tersebut bsia merusak tanaman maupun tanah.

Endapan Sabun

Air cucian yang mengandung sabun atau deterjen jika langsung disiram pada tanaman bisa meninggalkan endapan pada tanah dan akar tanaman. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan tanaman, bahkan bisa merusak akarnya.

Penggunaan Air Bersih Lain

Daripada menggunakan air bekas yang sudah dipakai untuk mencuci pakaian, lebih baik memakai air yang bersih dari sumber-sumber lain seperti contohnya air hujan. Karena tidak mengandung bahan kimia dan zat-zat berbahaya yang bisa merusak tanaman dan tanah.

Apakah Dalam Mencuci Pakaian Perlu Banyak Air?

Menjawab pertanyaan satu ini, bergantung pada metode pencucian yang digunakan dan jumlah pakaian yang akan dicuci. Karena kebutuhan untuk mencuci pakaian bisa bervariasi. Namun, anda bisa menerapkan beberapa tips berikut untuk mengurangi pemakaian air untuk mencuci pakaian:
  • Gunakan Mesin Cuci Yang Efisien: Pakai mesin cuci yang bisa diatur untuk menghemar energi dan air dengan baik. Sehingga kegiatan mencuci bisa lebih efisien.
  • Tentukan Siklus Pencucian Yang Tepat: Anda juga perlu menentukan siklus mencuci air yang tepat agar lebih hemat air dan beban mencuci menjadi lebih ringan.
  • Hindari Mencuci Secara Berlebih: Tidak semua pakaian perlu untuk dicuci ketika anda hanya sekali dan sebentar menggunakan pakaian tersebut. Pakaian dapat dibersihkan ketika anda berkeringat banyak dan terkena kotoran.
  • Jemur Dengan Baik: Anda perlu mengeringkan pakaian dengan baik setelah mencucinya agar bisa mengurangi bau apek, sehingga mengurangi kebutuhan untuk mencuci lebih sering.
Artikel terkait :  Bagaimana Cara Membuat Septic Tank Sendiri di Rumah?

Tangki Penyimpanan Air Bersih Yang Bebas Kuras

Untuk menyimpan air bersih untuk kegiatan mencuci pakaian, maka anda perlu tangki air berkualitas yang bebas kuras. Tangki yang dapat anda gunakan yaitu tandon air Auto Drain dari GRAND. Pada tandon air yang satu ini terdapat pipa transparan untuk melihat indikator air pada tangki.

Tangki Air Yang Kokoh Dan Elastis

Tangki air GRAND dengan varian auto drain ini memiliki kekuatan yang baik dan kokoh, namun tetap elastis. Sehingga penggunaan dari tangki air satu ini awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Tangki air yang satu ini juga tidak mudah ditumbuhi lumut maupun virus yang bisa mengontaminasi air bersih.

Penutup

Gunakan tangki air GRAND sebagai tempat penyimpanan air bersih milik anda. Nah, sekian penjelasan dari artikel “Bagaimana Kualitas Air Yang Dapat Digunakan Untuk Mencuci Pakaian?”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk menggunakan air bersih. Terima kasih sudah menyimak hingga akhir.