Mengapa Pengolahan Air Bersih Sangat Dibutuhkan Untuk Kehidupan Manusia?

Mengapa Pengolahan Air Bersih Sangat Dibutuhkan – Selain bernafas menggunakan oksigen, agar tetap hidup maka manusia juga perlu mengonsumsi air. Akan tetapi, air yang digunakan untuk konsumsi manusia juga bukan yang sembarangan. Manusia perlu mengonsumsi air yang bersih dan layak untuk diminum.

Sebagai sumber kehidupan yang penting dan tidak dapat terganti, maka kita perlu mengetahui lebih lanjut mengenai pengolahan air bersih. Selengkapnya, bisa simak penjelasan ini.

Air Bersih Menurut World Health Organization (WHO)

Menurut lembaga kesehatan dunia, atau yang lebih dikenal dengan WHO, air bersih yaitu air yang tidak terkontaminasi oleh zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Air bersih menjadi salah satu aspek yang penting untuk menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah berbagai penyakit.

Bebas Dari Mikroorganisme

Air bersih harus yang terbebas dari segala mikroorganisme seperti bakteri, virus, maupun parasit yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu air bersih juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti jenis logam berat timbal dan merkuri, pestisida, atau zat-zat lain yang bisa membahayakan kesehatan manusia dalam jangka panjang.

Mineral Dan Garam Sesuai Standar

Air yang bersih sebenarnya memiliki konsentrasi mineral dan garam yang disesuaikan dengan standar kesehatan. Jika kandungan mineralnya terlalu tinggi atau terlalu rendah, bisa berdampak negatif pada kesehatan manusia. Air bersih juga seharusnya tidak berwarna aneh, tidak berbau, dan tidak ada rasa yang tidak lazim.

Proses Pengolahan Air Bersih

Untuk menjadi air bersih yang siap dan layak untuk dikonsumsi, terdapat serangkaian langkah yang dilakukan untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari air mentah sehingga menjadi aman.

Pengambilan Air Mentah

Pertama-tama, perlu mengambil air mentah dai berbagai sumber alami seperti danau, sungai, maupun sumur. Pengambilan air perlu dilakukan secara hati-hati untuk menghindari adanya kontaminasi atau pencemaran lainnya.

Proses Pengendapan

Air yang sudah diperoleh kemudian dimasukkan dalam bak pengendapan. Pada tahapan ini, proses pengendapan memungkinkan partikel-partikel seperti lumpur, tanah, maupun pasir dapat mengendap pada bagian bawah bak. Hal ini menjadikan air yang ada di atasnya menjadi lebih jernih dan bersih.

Proses Penyaringan

Setelah proses pengendapan, air melalui proses penyaringan yang bisa menghilangkan partikel-partikel kecil yang maish terlarut dalam air. Media penyaringan biasanya berupa pasir, karbon aktif, maupun bahan-bahan lain yang dapat menangkap partikel tertentu.

Pengolahan Secara Kimia

Pengolahan air secara kimia mungkin diperlukan agar dapat menghilangkan zat-zat yang sulit hilang jika melalui proses alami. Pengolahan secara kimia dapat melalui proses koagulasi dan flokulasi untuk menggumpalkan partikel-partikel kecil agar lebih mudah disaringnya.

Saringan Lanjutan

Kemudian air melewati saringan lanjutan yang lebih halus seperti membran mikrofiltrasi atau saringan pasir yang halus untuk menghilangkan partikel-partikel yang lebih kecil yang masih belum terlarut dalam air sepenuhnya.

Pembersihan Dari Bakteri

Setelah melalui proses penyaringan, tahap berikutnya yaitu pembersihan dan disinfeksi. Hal ini karena air bisa saja mengandung bakteri mikroorganisme yang bisa mengontaminasi air dan membahayakan jika dikonsumsi.

Pengaturan pH Dan Tingkat Kekeruhan

pH pada air dapat diatur agar sesuai dengan standar kesehatan dan lingkungan setempat. Tingkat kekeruhan yang menjadi indikator dari kejernihan air juga bisa dikendalikan agar air tidak berbahaya dan warnanya jernih, tidak kotor.

Pengolahan Lanjutan (Opsional)

Terdapat beberapa fasilitas pengolahan air bersih yang melibatkan proses lanjutan seperti menghilangkan rasa dan bau yang tidak diinginkan maupun menghilangkan zat-zat kimia pada saat pemrosesan. Hal ini agar air bisa layak untuk digunakan pada masyarakat banyak.

Penyimpanan

Setelah semua tahapan pengolahan sudah selesai dilakukan, air bersih bisa disimpan pada tandon maupun tangki penyimpanan yang bersih, aman, dan siap untuk dialirkan ke masyarakat luas.

Mengapa Pengolahan Air Bersih Sangat Dibutuhkan?

Pengolahan air bersih sangat dibutuhkan karena ada beberapa alasan utama yang berkaitan langsung dengan kesehatan manusia dan lingkungan. Pengolahan air bersih bisa menghilangkan zat-zat kontaminan pada air, sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan masyarakat luas.

Mengurangi Pencemaran Air

Air bisa tercemar zat dan logam berat berbahaya. Dengan pengolahan air bersih dapat membantu menghilangkan atau setidaknya mengurangi adanya bahan kimia berbahaya, sehingga manusia maupun lingkungan dapat terlindungi dengan baik. Pengolahan air bersih dapat membantu memastikan sumber daya air dipakai secara berkelanjutan tanpa merusak lingkungan.

Pengolahan Air Agar Tidak Berasa Dan Bau

Agar air tidak berbau dan berasa, maka perlu pengolahan air agar kualitas dan kebersihannya meningkat dan layak untuk diminum. Air bersih biasanya digunakan dalam proses pembuatan bahan makanan dan minuman. Agar kualitas makanan dan minuman terjaga, maka perlu air yang bersih dan aman.

Penyimpanan Air Pada Tangki Berkualitas

Oleh sebab itu, untuk menyimpan air bersih yang sudah melalui proses pengolahan yang panjang, direkomendasikan menggunakan tangki air berkualitas dari GRAND. Karena tangki yang satu ini tidak berbau dan tidak berlendir, sehingga air bersih yang sudah diolah tetap terjaga dengan aman kualitasnya.

Tahan Cuaca Ekstrim

Tangki air dari GRAND ini memiliki ketahanan yang baik terhadap paparan sinar matahari langsung dan hujan tinggi. Sehingga pemakaian tangki air GRAND ini tetap awet dan tahan lama. Tangki air GRAND ini merupakan tangki yang sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI, jadi air yang tersimpan tetap aman dapat langsung dikonsumsi.

Penutup

Nah, itulah penjelasan artikel mengenai mengapa pengolahan air bersih sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia. Penyimpanan air bersih cukup gunakan tangki air dari GRAND ini. Semoga penjelasan ini dapat memberi manfaat dan wawasan bagi anda sekalian. Terima kasih sudah menyimak hingga akhir.