pH Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi, Berikut Informasinya

pH Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi – Perlu kita tahu pH air merupakan salah satu parameter yang banyak sekali mepengaruhi kwalitas air, dimana perubahan pH air ini sangat bergantung sekali terhadap kwalitas air. Maka dari itu kami disini akan membahas tentang pH Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi yang kami rangkum dari berbagai sumber dan kami kurasi secara ilmiah.

pH air sesuai dengan Fungsinya

pH air memilki nominal para meter 1 hingga 14 dimana pH ini sebenarnya baik apabila digunakan sesuai dengan fungsnya, maka dari itu kami bahas pH air berdasarkan fungsi yang dimiliki berdasarkan para meter kehidupan sehari – hari.

Untuk Kebutuhan Sanitasi

Ph Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi, Sanitasi air bersih

Sanitasi merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan manusia dalam kehidupan sehari – hari seperti mencuci, membersihkan peralatan makanan, menyiram tanaman dan masih banyak lagi lainnya, perlu di ingat kebutuhan pH untuk sanitasi dan kebutuhan air minum ini sangat berbeda yah. Adapun syarat maksimal kimiawi air bersih sebagai berikut:

  • Kandungan pH atau derajat keasaman: 6,5-8,5
  • Kandungan Zat Besi: 1 mg/l
  • Kandungan Zat Fluorida, 1,5 mg/l
  • Tingkat Kesadahan (kalsium karbonat): 500 mg/l
  • Kandungan Zat Mangan: 0,5 mg/l
  • Kandungan Zat Nitrat: 10 mg/l
  • Kandungan Zat Nitrit: 1 mg/l
  • Kandungan Zat Sianida: 0,1 mg/l
  • Kandungan Zat Deterjen: 0,05 mg/l
  • Kandungan Zat Pestisida total: 0,1 mg/l

Untuk Kebutuhan Kecantikkan (SPA)

SPA menggunakan Air PH 6-7

Yang kedua adalah masalah tentang pemanfaatan untuk kecantikkan dimana pemanfaatan ini digunakan untuk melakukan oksidasi terhadap bagian tujuan tertentu dengan cara SPA (Solus Per Aqua), dimana air yang digunakan dijadikan uap dengan temprature tertentu supaya bisa diserap organ yang di tujukan. Nah untuk informasi dan persyaratannya berdasarkan beberapa jurnal kecantikkan berikut ini minimum yang diperlukan untuk digunkan.

  • Kandungan pH: 7,2-7,8
  • Kandungan Alkalinitas: 80-200 mg/l
  • Kandungan Zat Sisa khlor bebas: minimum 1 mg/l untuk SPA normal dan 2-3 mg/l untuk SPA (medium – hot).
  • Kandungan Zat Sisa khlor terikat: minimum 3 mg/l
  • Oxidation Reduction Potensial (ORP): minimum 720 milivot, pengukuran menggunakan silver chloride electrode, serta minimum 680 milivolt, pengukuran menggunakan silver calomel electrode.

Untuk Air Minum

Ph Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi

Khusus kebutuhan untuk air minum, dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan Republik Indonesia sudah menetapkan ketentuan terkait mengenai batas – batas yang perlu diperhatikan untuk menjadikan air layak minum, Berdasarkan Permenkes No.492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum berikut ini adalah syarat – syarat yang dijabarkan. 

  • Syarat Fisik

berdasarkan peraturan yan telah kami sebut sebelumnya yaitu syarat yang terlihat di air minum secara fisik, yaitu memiliki rasa tawar karena rasa tawar mengindikasikan Ph yang normal, jika Ph terlalu rendang akan memiliki rasa asin dan sebaliknya apabila memiliki Ph terlalu tinggi akan memiliki rasa asam. Syarat fisik kedua adalah tidak berbau dimana air pada dasarnya tidak memiliki bau, jika memiliki bau pasti ada zat yang tercampur. Yang ketiga adalah tidak adanya padatan didalam kandungan air yang ada. Serta yang terakhir adalah memiliki suhu antara 20 – 30 derajat celsius.

  • Ph Air Bersih Yang Sesuai Syarat Kimiawi

Syarat yang kedua adalah syarat kimiawi dimana syarat ini hasil dari uji labolatorium, berdasarkan peraturan diatas syarat yang layak untuk bisa digunakan sebagai air minum minimal memiliki kandungan kimia sebagai berikut :

  • Kandungan Ph : 6.5 – 9.2
  • Kandungan Timah : 0%
  • Kandungan Timbal 0%

Larang keras diberlakukan menteri kesehatan apabila mengkonsumsi air minum dengan Ph dibawah 6.5 dan lebih dari 9.5 dikarenakan Ph tersebut akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi atau tidak sengaja masuk kedalam tubuh manusia secara terus menrus.

  • Syarat Biologi

Syarat yang ketiga adalah syarat biologis dimana syarat ini bergantung pada tingkat kehidupan yang ada didalam sebuah air yang akan diminum. Dalam syarat yang tertuang dalam peraturan Permenkes No.492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum disebutkan dalam 1 cc air tidak boleh ada lebih dari 100 kuman. Yang kedua didalam 100 cc air tidak boleh mengandung bakteri ecoli atau Escherichia coli dimana kita semua tahu bakteri ini berbahaya bagi kesehatan terutama anak – anak, karena bisa menyebabkan diare, tipus, gangguan lambung dan pencernaan.

Nah khusus untuk air minum sangat dijaga ketat oleh stake holder terkait yaitu Dinas Kesehatan, dikarenakan kebutuhan air minum ini untuk kebutuhan hajat rakyat Indonesia, dari ketiga parameter diatas memang sangat sulit untuk diketahui apabila tidak melakukan tes, akan tetapi masyarakat awam bisa menggunakan parameter fisik sebelum mengkonsumsi air minum. Atau jika penyedia air minum menyediakan hasil lab. air yang dijual kita berhak untuk melihatnya.

Kebutuhan Ph Berbeda Sesuai Fungsi

  • Tanah dengan Ph Asam (Ph rendah)

Tanah yang memiliki Ph Basa atau tanah yang rendah Ph meruapakan media yang buruh untuk di tanami, maka dari itu tanah yang memiliki Ph rendah ini baiknya digunakan sebagai pupuk dengan takaran tertentu, karena kandungan belerang, hydrogen dan belerang yang sangat tinggi, biasanya tanah ini banyak terjadi di lahan gambut/sekam. (sumber : Dinas pertanian Kabupaten Buleleng)

  • Tanah dengan Ph Basa (Ph Tinggi)

Kebalikannya dengan Ph Basa, tanah yang memiliki Ph basa ini banyak mengandung nitrat, magnesium dan kalium yang sangat tinggi biasanya banyak terjadi didaerah pantai. Penggunaan tanah dengan Ph basa biasanya digunakan untuk filter air kolam ikan, Kolam renang atau aquascape biasanay berupa pasir atau berupa balok – balok pasir yang telah dipadatkan. 

Cara menyimpan Air supaya Ph tetap terjaga dengan seimbang

Salah satu cara yang digunakan untuk menyimpan air agar Air tetap aman adalah menggunakan tandon berdasarkan kebutuhan, bagaiamana menyesuakannya?, berikut ini kami sampaikan detailnya.

Menggunakan Tandon air Stainless stell

Menggunakan tandon air stainless stell ini harus berdasarkan kebutuhan, kami sarankan apabila kebutuhannya untuk klink kecantikan, rumah sakit hotel atau rumah singgah yang mengandung elemen penghangat menggunakan air tandon air stainless stell dimana tandon air ini mampu menyebarkan suhu dengan efisien keseluruh penjuru bagian sehingga perbedaan suhu dapat diselesaikan dengan cepat.

Menggunakan Tandon Air Plastik

Khusus untuk tandon air plastik baiknya digunakan di daerah pegunungan dimana tandon air plastik ini mampu menahan suhu rendah diluar ruangan sehingga air tandon terjaga dengan baik, selain itu didalam tandon juga bisa menaikkan suhu ke suhu normal antara 20 – 30 derajat celcius, ini dibantu dengan menggunakan udara yang terjebak didalam tandon.

Manfaatkan Gratis Ongkos Kirim

Kami menyediakan Gratis ongkos kirim keseluruh konsumen kami, karena kami yakin setiap pembelian tandon air akan menjadi kendala pengiriman karena volume yang besar, akan tetapi setiap pembelian di Tedmond Groups tidak perlu khawatir barang akan sampai dirumah konsumen menggunakan ekspedisi kami.