Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!

Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!

Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? – Kalau anda perhatikan cuaca pada saat ini terus menerus panas berkepanjangan bukan? Tentunya hal ini sangat membuat anda, siapapun, tidak terkecuali hewan maupun tumbuhan tidak nyaman. Ditambah lagi dengan berita yang ada di media sosial maupun TV yang mengabarkan bahwa musim kemarau akan berlangsung lama hingga akhir tahun.

Apa akibat yang akan terjadi dari musim kemarau yang panjang ini? Anda semua perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa dampaknya pada penjelasan berikut ini. Jangan lupa simak terus sampai akhir untuk mendapatkan informasinya!

Apa Itu Musim Kemarau Panjang?

Musim ini merupakan periode cuaca kering yang berlangsung lebih lama dari biasanya. Curah hujan pada saat musim ini sangatlah rendah atau bahkan tidak ada hujan sama sekali. Musim kemarau panjang ini biasanya bisa terjadi pada wilayah tropis atau subtropis seperti di negara Indonesia ini yang mempunyai dua musim utama, yaitu musim kemarau dan penghujan.

Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!
Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!

Akibat Dari Musim Kemarau Berkepanjangan

Jika iklim yang satu ini terus berlangsung hingga berkepanjangan, maka akan berdampak tidak hanya pada manusia saja. Akan tetapi juga pada lingkungan sekitar juga. Beberapa akibat yang bisa ditimbulkan karena kemarau ini yaitu:

Kekeringan Dan Krisis Air

Salah satu akibat yang ditimbulkan pertama saat musim kemarau panjang tiba yaitu kekeringan. Beberapa sumber air seperti sungai, danau, maupun sumur bisa mengering. Jika lama-kelamaan kering, maka bisa menyebabkan krisis air bersih yang ditujukan untuk semua pihak. Terutama dapat digunakan untuk masyarakat luas dan kegiatan pertanian.

Artikel terkait :  7 Rekomendasi Filter Air Sumur Terbaik

Kegiatan Pertanian Dan Peternakan

Kalau musim kemarau ini terjadi berkepanjangan dan terus menerus, maka bisa mengakibatkan gagal panen dan penurunan produksi pada tanaman. Berbagai komoditas seperti padi, jagung, maupun jenis tanaman lain perlu air yang cukup. Jika tidak tercukupi bisa menyebabkan tanaman-tanaman ini sulit untuk tumbuh dan memberikan hasil yang cukup.

Krisis Pangan

Kegagalan akan panen juga bisa mengakibatkan krisis pangan. Karena tumbuh-tumbuhan tidak bisa menghasilkan panen yang baik, hal ini yang menyebabkan ketersediaan makanan menjadi terbatas. Efeknya, harga pangan juga bisa naik akibat penurunan pasokan dari hasil panen ini.

Kebakaran Hutan Dan Lahan

Musim kemarau yang berlangsung lama bisa meningkatkan resiko kebakaran hutan dan lahan pada beberapa tempat. Tanaman yang kering mudah sekali untuk terbakar. Jika terjadi kebakaran maka bisa menghancurkan hutan, lahan pertanian yang ada, tidak terkecuali juga habitat satwa liar.

Menyebabkan Penyakit

Kekeringan yang diakibatkan oleh kemarau berkepanjangan ini bisa meningkatkan berbagai macam kasus penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan. Penyakit-penyakit ini bisa terjadi akibat dari penurunan kualitas dan berkurangnya pasokan air bersih untuk semua masyarakat.

Penurunan Energi Listrik

Sumber daya air yang menurun bisa memberikan pengaruh yang signifikan pada produksi energi listrik. Seperti yang kita ketahui bahwa air bisa menjadi salah satu sumber yang menghasilkan listrik. Jika tidak kunjung turun hujan, maka bisa mengakibatkan peningkatan pemadaman listrik dan krisis energi.

Pada Bidang Industri Dan Ekonomi

Untuk beberapa bidang industri yang bergerak di bidang pertanian, pariwisata, maupun industri apapun yang perlu air, bisa terkena dampaknya yaitu penurunan produksi. Perekonomian bisa menurun secara signifikan karena kurangnya air dan dampak dari musim kemarau panjang.

Pada Ekosistem Hutan

Musim yang satu ini jika berlangsung dalam waktu yang lama bisa mempengaruhi keseimbangan ekosistem, mengganggu kehidupan satwa liar yang ada di dalamnya, serta mengakibatkan kerusakan hutan. Satwa-satwa liar bisa beralih pergi dari hutan menuju ke pemukiman warga untuk mencari makan. Tentunya hal ini bisa mengganggu masyarakat sekitar.

Pengaruh Pada Kesejahteraan Masyarakat

Tahukah anda bahwa kondisi kekeringan lama kelamaan dan berkepanjangan bisa meningkatkan stres dan kecemasan masyarakat luas lho! Karena orang-orang menjadi sulit untuk mengakses air bersih. Selain itu, kegiatan perekonomian jadi terhambat sehingga banyak masyarakat yang kesusahan.

Bisa Meningkatkan Konflik Sosial

Karena sumber daya air ini penting bagi kehidupan, Maka tidak jarang bisa menjadi perdebatan, persaingan, hingga konflik pada saat kemarau panjang ini. Ketersediaan air yang terbatas bisa menyebabkan masyarakat saling berebut untuk mendapatkannya. Bisa berimbas pada ketegangan sosial dan konflik antar kelompok masyarakat.

Apa Solusi Yang Ditawarkan?

Nah, agar anda semua bisa tetap bertahan pada kondisi musim kemarau yang berkepanjangan seperti yang sekarang ini terjadi, perlu menghemat air dengan baik. Perlu menampung air baik dari berbagai sumber yang masih tersedia maupun dari air hujan. Selain itu, anda dan semua orang juga perlu cermat dalam menggunakan air dengan tidak membuang-buang secara percuma.

Menggunakan Tangki Yang Bagus

Ada rekomendasi tangki air yang bagus untuk anda sekalian. Tangki air tersebut yaitu Tandon air merek Grand. Tandon yang satu ini dapat menyimpan air bersih dengan aman dan baik. Hal ini karena tangki ini punya ketahanan yang baik pada berbagai suhu yang tinggi maupun cuaca ekstrim.
Dengan dinding yang tebal dan kuat, maka anda dapat menyimpan air tetap aman dan terjaga kualitasnya tanpa khawatir dan takut bocor.
Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!
Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!

Penutup

Tangki air Grand ini mempunyai beragam ukuran dan kapasitas yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan tempat anda. Yang terpenting adalah tangki air ini terbebas dari lumut dan virus, sehingga air yang tersimpan bisa tetap terjaga kualitasnya dan aman untuk langsung dikonsumsi.
Nah, sekian dulu penjelasan apa akibat dari musim kemarau panjang ini. Untuk menangggulangi berbagai dampaknya, segera pakai tangki air Grand ini ya! Terima kasih sudah menyimak hingga akhir, semoga bermanfaat!