7 Rekomendasi Asbes Plastik serba Guna

Rekomendasi asbes plastik serba guna
Atap yang paling populer di Indonesia. Meskipun membahayakan bagi kesehatan, karena faktor harga yang murah. Atap asbes masih banyak digunakan, saatnya beralih ke atap plastik.  Berikut 7 rekomendasi  asbes plastik serba guna.
Fungsi atap adalah untuk melindungi dari panas dan hujan. Serta melindungi sesuatu dari atas, seperti debu, angin atau benda lain yang tiba-tiba jatuh dari atas.
Atap asbes unggul pada harga, tetapi lemah pada kesehatan. Sehingga harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan dalam memilih jenis atap. Berikut kami ulas atap asbes dan plastik.

Sejarah Asbes

Asbes pertama kali ditemukan pada zaman kerajaan Romawi. Pada jaman modern 1tahun 1850, ditemukan asbes di Kanada dan Afrika. dikutip dari sejarah asbes

Material Asbes

material asbes terdiri dari 6 mineral yaitu :  crocidolite, chrysotile, actinonolite,  anthophyllite, amsosite dan tremolite.  Karakternya serat yang tipis dan bertekstur.  Setelah di olah menjadi semen asbes, dapat dibentuk dengan berbagai jenis, sebagai material bangunan.
Seperti untuk atap asbes, plafond, dinding partisi, genteng, dan lain-lain. Dengan harga yang murah, menjadi pilihan pertama untuk kebutuhan material bangunan. Tetapi berikut pertimbangan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Bahan Asbes

Banyak keunggulan dari asbes sehingga menjadi paling diminati masyarakat Indonesia. Berikut adalah kelebihan asbes yang menjadi pertimbangan banyak orang dalam memilih material jenis asbes
  1. Harga Yang Murah
  2. Tahan Api
  3. Water Proof
  4. Kokoh
  5. Kaku
  6. Ringan

Kekurangan Material Asbes

Dalam menentukan pilihan harus mempertimbangkan kelebihan dan juga kekurangannya. Agar lebih berimbang berikut adalah kekurangan asbes
Menyerap panas : Bila memilih atap asbes atau dinding bahan asbes karena bersifat menyerap panas, suhu dalam ruangan akan terasa hangat. Tidak disarankan digunakan untuk rumah di pesisir pantai yang memiliki suhu lebih panas.
Bahaya bagi kesehatan : Terdapat partikel mikro yang tidak terlihat, dapat memicu kanker paru-paru.  Pada akhir abad 19 telah ditemukan bahwa penambang asbes banyak yang meninggal dunia.
Pada tahun 1970 telah melarang penggunaan bahan asbes sebagai material bangunan, terutama sebagai atap.  Bagaimana solusinya menggunakan atap yang aman bagi kesehatan, dengan harga murah. Atap asbes plastik serba guna adalah solusi, pengganti asbes yang berbahaya bagi kesehatan.

Atap Asbes Plastik Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan

Untuk penggunaan atap yang sehat, bebas dari partikel berbahaya asbes plastik pilihannya.  Persoalan harga juga terjangkau seperti atap asbes. Meski belum sepopuler asbes, atap plastik lambat laun akan menjadi pilihan.
Atap plastik bebas racun dan ramah lingkungan. Karena dapat diproduksi dari limbah plastik yang didaur ulang. Sehingga dapat mengurangi sampah plastik di bumi.

Bahan Asbes Plastik

Berbeda dengan bahan asbes, plastik bukan dari hasil tambang. Plastik adalah polimerasi sintetik, terbentuk dari kondensasi organik. Plastik dapat diperoleh dari polimer alami seperti : kapas, kulit binatang atau karet alam.
Banyak jenis bahan plastik yang dapat digunakan sebagai  asbes plastik, yaitu PVC, polycarbonate, PET dan polyethylene.  Karakter plastik yang kuat, tidak mudah pecah dan harga murah.
Tentu asbes plastik juga memiliki kelebihan yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam menggunakan atap plastik.

Kelebihan Asbes Plastik

  1. Redam Bising Hujan
  2. Tidak Mengandung Racun
  3. Anti UV
  4. Lebih Ringan
  5. Mudah Pemasangan
  6. Harga Sangat Terjangkau
  7. Banyak Pilihan Warna

Kekurangan Atap Plastik

Tidak ada suatu produk yang sempurna, tentu ada sisi kelemahan dan kekurangan. Atap plastik tidak tahan api, kalau asbes tahan api tidak mudah terbakar.
Kekurangan lainnya adalah, hanya terdapat 2 model pilihan yaitu gelombang dan atap datar.  Berbeda dengan atap dari genting cor atau tanah liat yang banyak pilihan model dan juga ukuran.

Rekomendasi Asbes Plastik Serba Guna

Asbes memiliki fungsi multi guna, demikian juga asbes plastik serba guna. Dapat diaplikasikan berbagai kebutuhan material bangunan, yang lebih ramah lingkungan.
Berikut beberapa penggunaan atap plastik.

 Atap Rumah/Bangunan

Sebagai fungsi utama, sebagai pelindung dari hujan dan panas matahari. Digunakan sebagai atap rumah atau bangunan. Lebih ringan dan tidak berisik saat hujan, serta tidak membuat ruangan menjadi panas.
Dapat pula digunakan sebagai atap untuk bangunan semi permanen atau bangunan sementara. Seperti untuk bangunan rumah pekerja proyek, rumah hunian sementara untuk korban bencana alam, dan lain sebagainya.

Atap Tenda

Sebagai pelindung dari panas dan hujan, sebagai atap tenda posko bencana alam,  tenda rumah makan sementara, dan lain sebagainya. Selain lebih kokoh dari terpaan hujan dan panas, atap plastik untuk tenda juga lebih lancar mengalirkan air.

Teras

Pilihan model atap plastik transparan sangat cocok untuk digunakan pada teras rumah. Sehingga cahaya tetap bisa masuk, terlindungi dari air hujan. Material yang ringan tanpa perlu tiang penyangga yang besar.

Pagar

Dapat diaplikasikan sebagai pagar, pengganti asbes seng, yang sering digunakan sebagai pagar proyek. Beberapa pagar kebun atau tanah kosong, dapat menggunakan asbes plastik.

Partisi

Untuk menyekat ruangan juga dapat menggunakan atap plastik. Terutama pada bangunan sementara non permanen. Seperti bedeng, rumah pekerja proyek atau warung kaki lima, sehingga saat musim kemarau ruangan tidak terlalu panas.

Dinding Darurat

Penggunaan lain adalah sebagai dinding darurat, seperti untuk dinding rumah sementara untuk event-event akbar yang menginap.  Seperti Jambore pramuka, kegiatan komunitas di alam terbuka. Untuk melindungi angin dan hujan dari samping memerlukan  dinding pelindung sementara.
Termasuk untuk dinding MCK darurat, dengan dinding dari  atap plastik, sangat mudah dibongkar pasang. Sehingga kegiatan-kegiatan di luar ruangan dengan bangunan sementara dapat berjalan lancar.

Cafe Outdoor

Atap transparan  plastik sangat cocok juga untuk cafe outdoor.  Dengan atap transparan pelanggan terlindungi dari panas dan hujan tanpa kehilangan panoramic view.
Dapat pula digunakan atap kolam renang. Saat hujan, pengunjung tidak buyar.

Asbes Plastik Grand Roof

Tedmond Groups sangat peduli dengan lingkungan. Sampah botol plastik yang sulit terurai sangat mengganggu kesuburan tanah.  Asbes plastik Grand Roof terbuat dari limbah botol plastik PET, yang diproses daur ulang (recycle).

Keunggulan Grand Roof

Keunggulan atap plastik Grand Roof

Anti UV

Tahan terhadap sinar matahari, tidak mudah kusam, warna juga tidak memudar.

Tidak Mudah Bocor

Bahan elastis, tidak kaku, sehingga tidak mudah pecah. Lebar gelombang yang proporsional, tidak menyebabkan air berlimpah sehingga bocor pada sambungan.

Tidak mengandung racun

Grand roof aman dari partikel kimiawi yang membahayakan kesehatan.

Harga Ekonomis

Sangat terjangkau semua masyarakat. Kualitas asbes plastik yang terbaik, dengan harga yang lebih rendah.

Tersedia Atap transparan dan Warna

3 warna pilihan yaitu merah, hijau dan biru. Perkampungan lebih estetik dengan menggunakan atap plastik Grand Roof.

Penutup

 Penggunaan atap plastik serba guna, dapat diaplikasikan banyak bangunan. Tidak fokus sebagai atap pelindung Panas dan hujan, tetapi berguna untuk mendukung berbagai kegiatan outdoor, bencana, maupun proyek pembangunan multi years.
Semoga dengan 7 rekomendasi asbes plastik serbaguna, dapat menjadi sumber inspirasi penggunaan atap dari plastik. Selain mendukung pengurangan sampah botol plastik, juga pengganti atap asbes yang membahayakan bagi kesehatan.
Artikel terkait :  Pilihan Tandon Air Plastik Anti Pecah Bergaransi