Ukuran Standar Septic Tank Perumahan yang Ideal

Ukuran Standar Septic Tank Perumahan yang Ideal

Ukuran Standar Septic Tank Perumahan – Septic tank adalah suatu sistem pengolahan limbah domestik yang digunakan di perumahan yang tidak terhubung dengan sistem sanitasi publik atau saluran pembuangan air kota. Berikut ini adalah uraian tentang berapa ukuran standar septic tank perumahan yang ideal.

Ukuran Standar Septic Tank Perumahan

Ukuran Standar Septic Tank Perumahan

Ukuran standar septic tank perumahan cukup beragam tergantung pada berbagai faktor, seperti jumlah penghuni, jumlah penggunaan air, jumlah kamar mandi dan kebutuhan spesifik lainnya.

Menentukan jumlah orang yang akan tinggal di dalam rumah menjadi faktor utama menentukan ukuran septic tank yang di perlukan. Semakin banyak penghuni, semakin besar pula kapasitas yang diperlukan.

Hitung juga perkiraan tingkat penggunaan air harian. Seperti mandi, mencuci atau aktivitas lain yang berhubungan dengan penggunaan air.

Selain itu, jumlah kamar mandi juga mempengaruhi besarnya kapasitas septic tank. Semakin banyak kamar mandi yang ada di perumahan tersebut, semakin besar kemungkinan penggunaan air. Dengan demikian, kapasitas septic tank yang dibutuhkan juga lebih besar.

Selain ketiga faktor diatas, ada faktor-faktor spesifik lain yang perlu di pertimbangkan seperti kebijakan lingkungan setempat, jenis tanah dan tegulasi yang mengatur ukuran minimal septic tank.

Rumus Menghitung Ukuran Septic Tank

Dalam menentukan ukuran septic tank yang akan digunakan, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini.
Misalnya, jika dalam perumahan Anda tinggal 3 orang dengan penggunaan sekitar 150 liter air per hari, maka total penggunaan air per hari adalah 3×150=450 liter per hari.

Artikel terkait :  Bakteri Pengurai Minyak, Adakah Dalam Septic Tank?

Jadi, Anda bisa menggunakan septic tank dengan ukuran 500 liter hingga 1000 liter. Idealnya, penggunaan air harian yang diperlukan tidak boleh melebihi kapasitas septic tank.

Dalam hal ini dalam pengukuran ukuran septic tank juga hampir sama dengan cara menghitung kapasitas tandon air yang menyesuaikan dengan jumlah penghuni yang ada di dalam rumah.

Septic Tank Grand Untuk Perumahan

Septic Tank Grand Untuk Perumahan

Rekomendasi septic tank yang cocok untuk perumahan adalah septic tank Grand. Septic tank Grand terbuat dari bahan plastik HDPE yang kuat dan tahan akan goncangan dengan ukuran 500 liter dan 1000 liter.

Septic tank Grand mengguakan sistem filtrasi dengan 4 tahapan untuk memastikan proses penguraian lebih efektif. Selain itu, septic tank Grand juga dilengkapi dual faced bioball sehingga kotoran anti nempel dan minim buntu pada dinding tangki septik.

Fitur-Fitur Septic Tank Grand

Septic tank Grand memiliki fitur yang lengkap sehingga membuatnya anti buntu dan juga mampet. Fitur-fitur yang ada pada septic tank Grand antara lain:

  • Tutup saringan: Berfungsi menahan kotoran dari luar masuk ke dalam septic tank dan menahan bola klaser keluar, sehingga tidak mengganggu proses filtrasi dan sukar mampet.
  • Inlet septic tank: Berfungsi sebagai tempat masuknya limbah atau kotoran dari rumah atau bangunan yang terhubung ke sistem septic tank. Limbah masuk melalui pipa saluran pembuangan dan masuk ke septic tank melalui inlet.
  • Outlet septic tank: Berfungsi sebagai tempat keluarnya limbah yang mengalami proses penguraian dan pemisah di dalam septic tank. Air yang bersih dan jernih akan keluar dari outlet yang selanjutnya menuju sistem drainase.
  • Lubang kuras: Berperan dalam proses pemeriksaan kondisi dalam tangki septik, tingkat limbah, endapan dan kebocoran. Lubang kuras juga berfungsi sebagai titik akses untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan pada septic tank.
  • Ventilasi septic tank: Berfungsi untuk menghilangkan gas berbahaya, pengendali bau, mempertahankan keseimbangan tekanan, mencegah pembentukan kerak dan memastikan kinerja septic tank tetap optimal.
Artikel terkait :  Alat Hemat Listrik Ampuh Turunkan Tagihan?

Spesifikasi Septic Tank Grand

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa septic tank memiliki 2 macam ukuran yaitu 500 liter dan 1000 liter. Berikut ini adalah spesifikasi dari kedua ukuran tersebut.

  • Septic tank Grand ukuran 500 liter

Tinggi Sampai Pucak: 1240 mm
Tinggi Sampai Tutup: 1300 mm
Diameter Dalam: 770 mm
Diameter Luar: 780 mm

  • Septic tank Grand ukuran 1000 liter

Tinggi Sampai Pucak: 1425 mm
Tinggi Sampai Tutup: 1460 mm
Diameter Dalam: 960 mm
Diameter Luar: 1015 mm

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, Anda bisa langsung klik link dibawah ini.

Whatsapp:

Admin Pusat: 08113518581

Admin Proyek: 082218181581

Whatsapp:

Admin 1: 081398888581

Admin 2: 081398889581

Marketplace:

Shopee

Tokopedia

Cara Order Via Wa

Penutup

Jadi, ukuran standar septic tank perumahan yang ideal tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi. Namun, Anda bisa menggunakan septic tank Grand sebagai salah satu rekomendasi septic tank yang anti buntu dan tahan terhadap goncangan. Sampai jumpa.