Ukuran APAR Dan Harganya, Ini Ulasannya

Ukuran APAR Dan Harganya, Ini Ulasannya – Pada setiap tempat, terutama bangunan tempat umum yang dapat menampung orang dengan jumlah yang banyak, seringkali ditemukan APAR ini. Sebenarnya tidak hanya pada bangunan atau tempat umum saja, tetapi untuk kendaraan dan rumah biasa juga perlu dipasang APAR. Harga dan ukuran dari APAR yang banyak dijual di pasar juga bisa bermacam-macam tergantung dari jenis dan peruntukannya. Sebenarnya berapa ukuran dan harga APAR yang banyak dijual dan tersedia? Agar anda tahu dan memahaminya, bisa simak terus penjelasannya berikut ini.

 

Ukuran APAR Dan Harganya, Ini Ulasannya – Penjelasan Mengenai Apa Itu APAR

Sebelum mengulas mengenai ukuran dan harga APAR, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai apa itu APAR. APAR sendiri adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan. APAR merupakan alat yang dirancang khusus untuk memadamkan kebakaran pada tahap awal sebelum api menjalar dan menjadi lebih besar. Alat ini sangat penting dalam pemadam kebakaran karena dapat digunakan oleh perorangan untuk memberikan respon cepat terhadap kebakaran yang baru terjadi. Sehingga ketika terjadi kebakaran pada suatu gedung atau bangunan, seseorang dapat memadamkan api sebelum api merambat dan membakar keseluruhan gedung.

 

Apa Saja Komposisi Dari APAR ini?

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan sendiri memiliki komposisi yang terdiri dari beberapa elemen penting. Komposisi pada APAR ini penting agar APAR dapat memadamkan api dengan cepat sehingga dapat menghindari kebakaran besar. APAR sendiri terdiri dari tabung APAR dan bahan pemadam api seperti air, serbuk pemadam, gas pemadam, busa pemadam, Nozzle, dan katup. Pemahaman mengenai komposisi dari APAR ini agar dapat menggunakannya pada saat keadaan darurat untuk memadamkan api. Dengan pemahaman yang baik, APAR bisa menjadi alat yang efektif dalam memadamkan kebakaran pada tahap awal sebelum api menjadi lebih besar.

Ukuran APAR Yang Biasanya Tersedia

Anda sekalian dapat dengan mudah menemukan APAR ini, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) tersedia dalam berbagai ukuran yang umumnya tersedia di pasaran. Maka dari itu berikut ini beberapa ukuran APAR yang tersedia di pasaran yaitu :
  • 1 Kg : APAR dengan ukuran 1 Kg merupakan yang paling kecil dan ringan. Ukuran ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi atau kecil seperti di kendaraan bermotor atau di rumah tangga.
  • 2 Kg : APAR dengan ukuran 2 Kg juga termasuk dalam kategori yang kecil dan ringan. Ukuran APAR ini biasanya digunakan untuk keperluan di rumah tangga, di tempat kerja seperti kantor kecil atau toko kecil.
  • 3 Kg : APAR dengan ukuran 3 Kg sedikit lebih besar dari ukuran sebelumnya. Ukuran ini umumnya cocok untuk digunakan di tempat kerja yang sedang seperti toko, restoran, atau kantor dengan ruangan yang lebih luas.
  • 4 Kg : APAR dengan ukuran 4 Kg juga termasuk dalam kategori yang sedang. Ukuran ini biasanya cocok digunakan di tempat-tempat yang memiliki risiko kebakaran sedang seperti gedung perkantoran, sekolah, atau toko yang lebih besar.
  • 6 Kg : APAR dengan ukuran 6 Kg lebih besar dan memiliki kapasitas yang lebih tinggi. Ukuran ini sering digunakan di tempat-tempat dengan risiko kebakaran yang lebih tinggi seperti pusat perbelanjaan, hotel, atau gedung perkantoran yang lebih besar.
  • 9 Kg : APAR dengan ukuran 9 Kg termasuk dalam ukuran yang besar. Ukuran ini umumnya digunakan di tempat-tempat yang memiliki risiko kebakaran yang tinggi seperti pabrik, gudang, atau fasilitas industri besar.

Harga APAR Bergantung Pada Ukurannya

Harga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat bervariasi tergantung pada ukurannya. Harga APAR juga bisa berbeda-beda tergantung pada merek, kualitas, dan tambahan fitur yang dimiliki. Berikut ini kisaran harga APAR yang umumnya tersedia di pasaran :

 APAR 1 Kg

Harga APAR 1 kg biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar, dan dapat digunakan untuk pemadaman awal pada kebakaran yang masih kecil dan terlokalisasi. Harga APAR 1 kg biasanya berkisar antara 50.000 hingga 150.000 rupiah, tergantung pada merek dan kualitasnya.

APAR 2 Kg

APAR dengan kapasitas 2 kg sedikit lebih besar daripada yang 1 kg, dan memiliki daya pemadaman yang lebih baik. Harga APAR 2 kg bisa berkisar antara 100.000 hingga 250.000 rupiah tergantung pada mereknya

APAR 3 Kg

APAR dengan kapasitas 3 kg memiliki kapasitas yang lebih besar dan mampu menangani kebakaran dengan volume yang lebih besar. Harga APAR 3 kg berkisar antara 150.000 hingga 350.000 rupiah, tergantung pada kualitasnya.

APAR 4 kg

APAR dengan kapasitas 4 kg lebih besar lagi dan mampu menangani kebakaran dengan volume yang lebih besar. Harga APAR 4 kg biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran yang lebih kecil karena kapasitas dan daya pemadamannya yang lebih tinggi. Harga APAR 4 kg berkisar antara 200.000 hingga 500.000 rupiah.

APAR 6 Kg

APAR dengan kapasitas 6 kg memiliki kemampuan pemadaman yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang lebih kecil. Harga APAR 6 kg umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran yang lebih kecil, namun masih tergolong terjangkau. Harga APAR 6 kg dapat berkisar antara 300.000 hingga 800.000 rupiah.

APAR 9 Kg

APAR dengan kapasitas 9 kg merupakan salah satu ukuran yang lebih besar dan memiliki kemampuan pemadaman yang lebih kuat. Harga APAR 9 kg biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran yang lebih kecil karena kapasitas dan daya pemadamannya yang lebih besar. Harga APAR 9 kg dapat berkisar antara 500.000 hingga 1.500.000 rupiah.

Perlunya Ukuran Dan Perawatan Pada APAR

Ukuran APAR yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan dan risiko kebakaran di tempat penggunaan. Penting untuk mengikuti pedoman dan peraturan yang berlaku dalam pemilihan dan pemasangan APAR agar bisa memberikan perlindungan yang efektif dalam mengatasi kebakaran. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa dan lakukan pemeliharaan rutin agar APAR tetap dalam kondisi yang baik dan siap digunakan saat dibutuhkan. Selain itu, ketersediaan air yang cukup pada suatu gedung atau bangunan juga penting agar ketika muncul api dapat dipadamkan dengan segera sehingga gedung atau bangunan tetap aman.

Penyimpanan Air Pada Kapasitas Yang Diperlukan

Tangki air dapat digunakan untuk menyimpan air dalam kapasitas tertentu untuk kebutuhan pemadaman api dengan cepat. Tangki yang bisa digunakan yaitu tangki air GRAND, karena terdapat berbagai macam kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan gedung ataupun suatu bangunan. Tangki air GRAND ini tahan dan kuat terhadap segala perubahan cuaca ekstrim dan suhu tinggi. Sehingga ketika diletakkan di dalam ruangan maupun diletakkan di luar ruangan, tangki air GRAND tetap kuat untuk menyimpan air yang digunakan jika sewaktu-waktu muncul kebakaran.

Penutup

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai ukuran APAR dan harganya yang biasa tersedia di pasaran. Dengan menggunakan APAR pada suatu gedung atau bangunan tertentu, maka api dapat dengan mudah dipadamkan dan menghindarkan gedung maupun pengunjung di dalamnya dari bahaya yang lebih besar. Gunakan juga tangki air GRAND agar air dalam kapasitas banyak dapat tersedia pada suatu bangunan dan dapat membantu memadamkan api ketika terjadi kebakaran pada gedung tersebut. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda sekalian, sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya.