Plastik HDPE Sebagai Bahan Tandon Air? Apa Fungsinya?

Plastik HDPE Sebagai Bahan Tandon Air Apa Fungsinya

Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa plastik HDPE bisa dijadikan sebagai bahan baku dari pembuatan tandon air.

Karena banyak juga yang meragukan bahan plastik sebagai bahan tandon air yang harus menahan beban tekanan air dalam tandon.

Untuk itu, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja fungsi dari bahan plastik HDPE pada tandon air.

Definisi Plastik HDPE

Definisi Plastik HDPE

Plastik HDPE (High-Density Polyethylene) adalah jenis polimer termoplastik yang terkenal karena kekuatan dan kepadatan tingginya. Sifat-sifatnya yang kuat, tahan terhadap korosi dan tahan terhadap berbagai zat kimia membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tandon air.

Fungsi Plastik HDPE Pada Tandon Air

Fungsi Plastik HDPE Pada Tandon Air

Plastik HDPE digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan tandon air karena memiliki sifat-sifat tertentu yang membuatnya cocok sebagai wadah penyimpanan air bersih terutama air yang akan dikonsumsi.

Kekuatan Dan Ketahanan

Plastik HDPE sangat tahan terhadap korosi, reaksi kimia dan kebocoran. Sehingga sangat cocok dijadikan wadah penyimpanan air dalam jangka waktu yang lama tanpa takut terjadinya kontaminasi ataupun kebocoran pada tandon air.

Mudah Dibentuk Dan Ringan

HDPE membuat tandon air memiliki beban ringan dan dapat dibentuk dengan mudah, memungkinkan pembuatan tandon air dengan berbagai ukuran dan desain. Hal ini akan membantu dalam hal pengangkutan, penempatan dan penggunaan tandon air di berbagai lingkungan sesuai kondisi.

Artikel terkait :  Air PAM Adalah Air Apa? Inilah Sumber Dan Kelebihannya

Keamanan Penggunaan

Air bersih terutama yang akan dikonsumsi sangat aman apabila di simpan pada tandon air yang terbuat dari bahan plastik HDPE. Hal ini dikarenakan plastik HDPE tidak mengeluarkan zat berbahaya ke dalam air yang tersimpan dalam tandon.

Tahan Terhadap Suhu Ekstrim

HDPE mampu bertahan terhadap suhu ekstrim, sehingga tandon air yang terbuat dari bahan ini dapat digunakan pada segala macam cuaca. Ketahanan seperti ini sangat penting terutama jika tandon air tersebut di tempatkan di luar ruangan.

Kemudahan Dalam Perawatan

Permukaannya yang halus membuat tandon air dari bahan HDPE sulit untuk membentuk endapan atau kotoran yang sulit dibersihkan. Sehingga, tandon air ini hanya perlu dilakukan pengurasan minimal satu tahun sekali.

Kebersihan

Sifatnya yang tahan terhadap pertumbuhan bakteri maupun jamur membuat air yang tersimpan didalamnya lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Rekomendasi Tandon Air Bahan Plastik HDPE

Rekomendasi Tandon Air Bahan Plastik HDPE

Berikut ini adalah rekomendasi tandon air dengan bahan baku plastik HDPE yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tandon air ini bisa Anda tempatkan di halaman, atas atap atau dibawah tanah sesuai jenis tandon airnya.

Toren / Tangki / Tandon Air Grand

Toren Tangki Tandon Air Grand

Memiliki sepuluh ukuran tandon mulai dari 300 hingga 120000 liter. Dengan ukuran sekian, membuat tandon air Grand ini memiliki kelebihan tambahan. Antara lain:

  1. Tandon air berukuran 300 hingga 12000 liter mampu memberikan ketersediaan air cadangan yang dapat berguna selama kekeringan atau gangguan pasokan air.
  2. Dapat digunakan sesuai kebutuhan seperti rumah tangga, industri atau komersial
  3. Untuk tandon air dengan ukuran 12000 liter coock untuk penyimpanan jangka panjang dan mengurangi frekuensi pengisian ulang tandon.

Tangki / Tandon / Toren Air Grand Luxe

Tangki Tandon Toren Air Grand Luxe

Tandon air Grand Luxe memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding tandon air Grand, yaitu mulai dari 300 hingga 2200 liter. Kelebihan ukuran ini adalah:

  1. Tandon dengan kapasitas 300 hingga 2200 liter biasanya lebih cocok untuk rumah tangga kecil atau apartemen yang memiliki kebutuhan air terbatas.
  2. Ukuran ini cukup untuk memenuhi kebutuhan air harian seperti mandi, mencuci dan keperluan dapur lainnya.
  3. Lebih mudah dipasang karena ukurannya yang lebih kecil.
  4. Sebagai solusi darurat apabila pasokan air terputus untuk sementara waktu.
Artikel terkait :  Inilah Harga Asbes 2 Meter Untuk Asbes Ultra Modern Termurah

Tandon / Tangki / Toren Air Auto Drain

Tandon Tangki Toren Air Auto Drain

Tandon air Auto Drain hanya memiliki dua ukuran yaitu 600 liter dan 1200 liter. Namun, tandon air ini dilengkapi kaki penopang yang membantu menahan tekanan air dalam tandon. Kelebihan ukuran 600 liter dan 1200 liter adalah:

  1. Untuk ukuran 600 liter cocok untuk rumah tangga kecil dengan kebutuhan air terbatas, sedangkan ukuran 1200 liter cocok untuk rumah tangga yang sedikit lebih besar.
  2. Sebagai solusi darurat yang efektif ketika pasokan air terganggu.
  3. Biaya yang dikeluarkan untuk pengisian ulang dan pemeliharaan lebih efisien.

Toren / Tandon / Tangki Air Tanam Grand

Toren Tandon Tangki Air Tanam Grand

Tandon yang satu ini penempatannya khusus dibawah tanah dengan ukuran mulai dari 600 hingga 12000 liter. Dengan ukuran sekian, maka tandon air tanam Grand memiliki kelebihan antara lain:

  1. Ukuran tandon air yang bervariasi ini, membuatnya cocok digunakan untuk segala jenis kebutuhan seperti rumah tangga kecil hingga kebutuhan air dalam jumlah besar.
  2. Menjadi solusi penyimpanan air dalam jangka panjang dengan kapasitas sesuai kebutuhan.
  3. Meskipun ukuran tandon tanam mulai dari ukuran kecil hingga besar, namun penempatannya yang dibawah tanah bisa menjadi solusi untuk tidak mengganggu estetika lingkungan.

Tandon / Toren / Tangki Air Prime

Tandon Toren Tangki Air Prime

Tandon air Prime memiliki ukuran mulai dari 250 hingga 5000 liter dengan berbagai kelebihannya yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  1. Dapat digunakan dalam berbagai keperluan seperti rumah tangga kecil hingga kebutuhan komersial atau industri yang lebih besar.
  2. Terdapat ukuran kecil yang membuatnya lebih ekonomis.
  3. Berfungsi sebagai solusi saat terjadi gangguan pasokan air.

Tangki / Toren / Tandon Air Titan

Tangki Toren Tandon Air Titan

Berbeda dengan tandon air yang sudah dijelaskan sebelumnya, tandon air Titan justru memiliki ukuran kecil yaitu mulai dari 250 hingga 1000 liter saja. Lalu, apa kelebihannya?

  1. Cocok untuk rumah tangga kecil yang memerlukan ketersediaan air untuk kebutuhan harian.
  2. Instalasi yang lebih mudah karena ukurannya yang kecil.
  3. Biaya pengisian ulang dan pemeliharaan yang relatif lebih rendah dibandingkan tandon ukuran besar.
  4. Dapat menjadi solusi darurat yang efektif jika pasokan air terganggu untuk sementara waktu.
Artikel terkait :  Grand-Jian Sale Februari Banyak Diskon Banyak Untung

Penutup

Jadi, plastik HDPE bisa menjadi pilihan yang baik untuk dijadikan bahan baku tandon air. Jangan salah pilih ya, terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa lagi.