Pentingnya Barrier Pembatas Jalan Beserta Pengertiannya

Pentingnya Barrier Pembatas Jalan Beserta Pengertiannya

Barrier pembatas jalan adalah struktur fisik yang dirancang untuk mengendalikan, mengarahkan atau membatasi lalu lintas kendaraan di jalan raya.

Fungsi dari barrier ini sangat bervariasi, mulai dari pengendalian arus lalu lintas, mengurangi risiko kecelakaan, melindungi pekerja jalan hingga memisahkan jalur kendaraan yang berbeda.

Berikut ini adalah pembahasan tentang pentingnya barrier pembatas jalan beserta pengertiannya sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Apa Itu Water Barrier

Apa Itu Water Barrier

Water Barrier adalah jenis struktur atau perangkat yang dirancang untuk mengendalikan aliran air atau memblokir air dari suatu area. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi suatu wilayah dari banjir atau genangan air.

Ada beberapa jenis water barrier yang biasa digunakan, antara lain:

  1. Tanggul atau bendungan, yang biasanya terbuat dari beton atau tanah yang dibangun untuk menahan aliran air dan mencegah bajir di area tertentu.
  2. Barrier anti-banjir, merupakan jenis barrier semi permanen yang dapat diatur untuk melindungi wilayah tertentu dari banjir.
  3. Tanggul pasir, digunakan dalam situasi darurat untuk mengurangi risiko banjir dengan menumpuk pasir di sekitar area yang terancam banjir.
  4. Pintu air, merupakan struktur yang dapat dibuka atau ditutup untuk mengatur aliran air
  5. Pompa air, digunakan untuk mengalihkan atau mengeluarkan air dari suatu area yang terancam banjir.
  6. Barrier pengendali erosi, digunakan untuk mencegah erosi pantai atau Sungai dengan memperlambat aliran air dan mengurangi dampaknya terhadap tanah.
Artikel terkait :  Berbagai Rambu Lalu Lintas Dan Maknanya Yang Wajib Diketahui

Fungsi Road Barrier

Fungsi Road Barrier

Road barrier adalah struktur fisik yang ditempatkan di sepanjang jalan untuk berbagai tujuan, termasuk pengendalian lalu lintas, keselamatan pengguna jalanm perlindungan terhadap pekerja jalan dan pemisahan jalur lalu lintas.

Road barrier berbeda dengan water barrier, terutama pada fungsi utamanya. Jika water barrier digunakan untuk mengendalikan aliran air untk melindungi wilayah dari banjir atau genangan air maka road barrier digunakan untuk mengatur lalu lintas kendaraan di jalan. Berikut ini adalah fungsi road barrier lebih rinci.

Keselamatan lalu Lintas

Fungsi utama road barrier adalah untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya. Benda ini dapat membantu mengurangi dampak kecelakaan dengan membatasi gerakan kendaraan yang keluar jalur atau menahan kendaraan yang tidak terkendali dengan baik.

Mengendalikan Arus Lalu Lintas

Road barrier dapat digunakan untuk memisahkan arah lalu lintas yang berlawanan, mengalihkan kendaraan ke jalur tertentu atau mengelola lali lintas di zona perbaikan jalan.

Proteksi Terhadap Zona Kerja

Road barrier juga berfungsi untuk melindungi area kerja dan pekerja dari kendaraan yang melintas saat ada pekerjaan pemeliharaan jalan.

Mengurangi Dampak Kecelakaan

Ketika kecelakaan terjadi, road barrier dapat membantu mengurangi dampaknya dengan menahan kendaraan agar tidak menabrak objek atau area yang lebih berbahaya.

Memberikan Petunjuk Visual

Road barrier juga berperan sebagai petunjuk visual bagi pengemudi untuk mengenali batas jalur, tikungan atau area yang memerlukan perhatian ekstra. Warnanya yang mencolok membuat benda ini lebih mudah untuk dilihat.

Jual Road Barrier Pembatas Jalan

Jual Road Barrier Pembatas Jalan

Road barrier Grand terbuat dari bahan plastik HDPE dan merupakan pembatas pertama di Indonesia yang diproses melalui teknologi Blow Moulding. Road barrier Grand memiliki banyak kelebihan dibandingkan road barrier lainnya, mulai dari bahan yang digunakan hingga proses produksinya.

Artikel terkait :  Pemilik Tandon Air 5000 Liter Perlu Memperhatikan Hal Ini!

Kelebihan Bahan HDPE Pada Road Barrier

Penggunaan HDPE sebagai bahan utama pembuatan road barrier Grand bukan tanpa alasan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bahan HDPE jika digunakan sebagai bahan road barrier.

  1. Memiliki beban yang lebih ringan dibandingan dengan barrier beton, sehingga lebih mudah dipindahkan atau digunakan sesuai kebutuhan.
  2. Lebih awet karena tahan terhadap korosi dan reaksi kimia. Di mana, benda ini tidak akan rusak akibat cuaca atau paparan bahan kimia.
  3. Dapat dipasang dalam berbagai formasi atau bentuk sesuai dengan kebutuhan tertentu.
  4. Memiliki sifat yang lebih elastis dan fleksibel, sehingga ketika terkena banturan maka dapat mengurangi kemungkinan kerusakan serius pada kendaraan dan pengguna jalan.
  5. Merupakan bahan yang bisa didaur ulang, jadi lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan lainnya.
  6. Memiliki tampilan yang menarik dan terlihat modern serta memiliki warna yang cerah untuk memberikan petunjuk visual yang lebih baik kepada pengemudi atau pengguna jalan.

Kelebihan Proses Blow Moulding

Road barrier Grand merupakan pembatas jalan pertama yang diproduksi melalui teknologi blow moulding. Berikut ini adalah kelebihan dari proses tersebut.

  1. Dengan Teknik ini, barrier dapat dibuat dalam berbagai bentuk, ukuran dan desain sesuai kebutuhan.
  2. Membuat road barrier tidak memiliki pori-pori yang bisa mengurangi kekuatan struktural atau membuatnya rentan terhadap kelembaban atau cuaca ekstrim.
  3. Barrier yang diproduksi dengan proses Blow Moulding memiliki kelebihan tahan terhadap korosi, reaksi kimia dan kerusakan akibat cuaca ekstrim sehingga lebih awet.
  4. Proses Blow Moulding menghasilkan road barrier yang berkualitas tinggi.

Alasan Memilih Road Barrier Grand

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih road barrier Grand sebagai pembatas jalan.

  1. Terbuat dari bahan HDPE dan proses Blow Moulding yang memiliki banyak kelebihan
  2. Warna yang tahan lama atau tidak mudah luntur
  3. Dilapisi pelindung sinar UV
  4. Memiliki lubang yang bisa diisi air atau pasir dengan volume 150 liter
  5. Kokoh dan tahan terhadap benturan
  6. Tahan terhadap cuaca ekstrim
  7. Harga terjangkau
Artikel terkait :  Apa Akibat Dari Musim Kemarau Panjang? Ketahui Dulu Dampaknya!

Untuk pemasanan road barrier Grand Anda bisa melakukan order di Marketplace Shopee & Tokopedia. Atau jika Anda ingin konsultasi lebih lanjut mengenai road barrier Grand bisa menghubungi tim marketing kami pada icon WhatsApp dibawah ini.

Cara Pemesanan

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pemesanan road barrier Grand, silahkan klik link dibawah ini.

Whatsapp Admin Pusat: 08113518581

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pentingnya barrier pembatas jalan beserta pengertiannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk order melalui link diatas ya. Sampai jumpa.