Pengelolaan Limbah B3 Rumah Sakit Aman Dan Tepat

Pengelolaan Limbah B3 Rumah Sakit Aman Dan Tepat

Limbah B3 Rumah Sakit – Kegiatan dalam rangka menyehatkan pasien yang datang merupakan salah satu tugas krusial bagi suatu rumah sakit. Biasanya, pasien yang berkunjung juga perlu pengobatan lebih lanjut dengan rawat inap agar dapat sembuh dengan maksimal. Makanya itu, tempat ini pada umumnya menghasilkan limbah yang termasuk dalam kategori B3.

Lalu bagaimana sebenarnya pengelolaan limbah B3 rumah sakit yang aman dan tepat? Berikut ini akan disajikan informasinya untuk anda semua. Jadi, simak terus sampai habis.

Pengertian Dari Limbah B3

Mungkin banyak orang yang masih awam dengan istilah limbah yang satu ini akan tetapi sering mendengarnya. B3 sendirin merupakan singkatan dari Bahan yang Beracun dan Berbahaya. Istilah ini digunakan untuk mengidentifikasi limbah mengandung bahan-bahan yang berpotensi untuk membahayakan manusia, lingkungan, maupun makhluk hidup lainnya.

Jika terpapar oleh limbah yang satu ini bisa menimbulkan resiko yang serius bagi kesehatan jika tidak dikelola dengan benar.

Karakteristik Limbah B3

B3 ini merupakan limbah yang benar-benar mengandung zat atau senyawa berbahaya maupun beracun yang tidak bisa dianggap sepele begitu saja. Sifat bahaya dan beracun ini semisal mudah meledak, mudah berkarat, memiliki sifat kimia yang beracun, dan mengandung bakteri patogen yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Limbah B3 Pada Rumah Sakit

Sedangkan untuk rumah sakit jenis limbah ini dihasilkan dari berbagai aktivitas medis maupun administratif yang ada di lingkungan rumah sakit. Limbah pada rumah sakit yang satu ini bisa berasal dari berbagai sumber seperti laboratorium, ruang operasi, kamar perawatan, apotek, pusat radiologi, maupun dari fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya.

Artikel terkait :  Promo Bestember Tangki, Toren, Tandon Berkualitas Dari Tedmond Groups!
Pengelolaan Limbah B3 Rumah Sakit Aman Dan Tepat
Pengelolaan Limbah B3 Rumah Sakit Aman Dan Tepat

Pengelolaan Limbah Yang Aman Dan Tepat

Limbah pada rumah sakit perlu pengelolaan yang aman dan tepat. Hal ini untuk meminimalisir resiko kesehatan bagi manusia dan lingkungan sekitar.

Identifikasi Dan Pengelompokkan

Jenis limbah perlu untuk identifikasi dan pengelompokkan lebih lanjut. Kelompokkan limbah rumah sakit sesuai dengan karakteristik dan sifatnya untuk menentukan cara pengelolaan yang tepat.

Pengemasan Yang Aman

Pakai wadah atau kemasan yang sudah sesuai dengan standar dan pastinya tahan terhadap limbah. Pastikan juga kemasan yang dipakai tidak mudah bocor atau tumpah selama masa pengangkutan.

Catat Dan Labeli Dengan Jelas

Setiap limbah B3 pada rumah sakit perlu diberi catatan dan label. Hal ini termasuk jenis limbah, beratnya, dan asalnya. Pakai label yang jelas dan mudah untuk mengerti pada setiap kemasan limbah.

Penyimpanan Sementara Yang Aman

Tempatkan limbah pada wadah yang sesuai pada area penyimpanan sementara sebelum pemrosesan lebih lanjut. Pastikan ruangan penyimpanan sudah memenuhi standarnya dan mempunyai sirkulasi udara yang cukup.

Gunakan Lambang B3

Agar tidak mudah tertukar dengan limbah lain rumah sakit, gunakan juga lambang B3. Lambang ini bisa menandakan mana limbah yang jika terkena bahan-bahan tertentu bisa meledak dan berbahaya dengan hasil sampah aman lainnya.

Penanganan Yang Aman

Pastikan para petugas yang akan menangani limbah B3 sudah dilengkapi dengan peralatan lengkap seperti APD, sarung tangan, dan masker yang lengkap. Pastikan juga sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berhati-hati agar tidak terjadi tumpahan maupun kontaminasi.

Pengolahan Yang Sesuai Standar

Kirimkan limbah B3 ke tempat fasilitas pengolahan yang ditunjuk dan sesuai dengan standar pengelolaan limbah berbahaya. Pastikan proses pengolahan tempat tersebut sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku.

Pemusnahan Dengan Aman

Selanjutnya lakukan pemusnahan pada limbah rumah sakit yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Pastikan juga pemusnahannya oleh lembaga yang sudah ditunjuk dan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar tidak mencemari dan membahayakan lingkungan sekitar.

Apa Jadinya Jika Terpapar?

Jika semua prosedur sudah terlaksana dengan baik akan tetapi terpapar akan limbah B3, maka anda tidak perlu panik dan khawatir. Langkah pertama yang dapat anda lakukan yaitu segera cuci bagian yang terkena dengan air bersih dan sabun hingga menyeluruh, diamkan beberapa menit kemudian bilas sampai bersih.

Hubungi Staf Maupun Petugas Kesehatan

Hubungi staf medis maupun petugas kesehatan pada rumah sakit untuk mendapatkan bantuan penanganan lebih lanjut. Perlu diingat kembali bahwa limbah B3 ini sangatlah berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu hindari dengan tegas jika ada yang menggunakan atau memanfaatkan limbah tersebut secara sembarangan.

Gunakan Septic Tank Yang Aman!

Pada rumah sakit yang penuh dengan berbagai kontaminasi virus maupun bakteri, perlu menggunakan septic tank yang aman dan dapat menampung limbah dari kamar mandi, dapur, dan wastafel dengan baik. Salah satu septic tank yang aman dan memiliki teknologi dalam pengolahannya yaitu septic tank dari Grand!
Pengelolaan Limbah B3 Rumah Sakit Aman Dan Tepat
Pengelolaan Limbah B3 Rumah Sakit Aman Dan Tepat

Apa Saja Keunggulan Septic Tank Ini?

Septic tank dari Grand ini terbuat dari bahan HDPE yang dikenal tahan terhadap segala pergeseran tanah, tidak mudah bocor, dan tidak mudah retak. Septic tank instan dari Grand ini menggunakan sistem penyaringan Multi Stage, sehingga pengolahan limbah secara berulang kali hingga menghasilkan endapan lumpur yang lebih sedikit.
Didalamnya juga sudah dilengkapi teknologi Dual Faced Bioball yang sudah memiliki paten, sehingga bisa menghancurkan limbah secara efektif dan efisien.

Penutup

Septic tank ini juga sudah tersedia dalam berbagai kapasitas dan sudah dilengkapi dengan disinfektan juga. Nah, jadi segera gunakan septic tank dari Grand yang memiliki beragam keunggulan ini. Sampai disini dulu artikel mengenai pengelolaan limbah B3 rumah sakit yang aman dan tepat. Sampai jumpa pada penjelasan menarik selanjutnya!