Macam Macam Bentuk Atap dan Gambarnya Terlengkap

Macam Macam Bentuk Atap dan Gambarnya Terlengkap

Macam macam bentuk atap dan gambarnya bisa menjadi referensi untuk Anda yang hendak mengaplikasikannya.

Fungsi atap sendiri untuk melindungi keluarga dalam rumah dari berbagai faktor eksternal seperti debu, cahaya matahari, dan suara kebisingan.

Atap menjadi komponen terpenting yang harus diperhatikan karena tanpa adanya atap, rumah akan menjadi panas saat hujan serta tidak terlindungi ketika hujan sedang terjadi.

Guna membantu memilih jenis atap yang cocok untuk hunian rumah Anda, berikut ini kami sajikan macam-macam bentuk atap dan gambarnya terlengkap! Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya!

Macam Macam Bentuk Atap dan Gambarnya

Berikut ini adalah macam-macam bentuk atap rumah beserta gambarnya:

1. Atap Rumah Model Pelana

Atap Rumah Model Pelana

Aplikasi atap pelana sangat cocok untuk diterapkan pada jenis rumah yang berukuran besar.

Pasalnya, kemiringan atap pelana adalah 30 derajat. Oleh karena itu, atap ini sangat cocok diaplikasikan di area rumah yang luas.

Sesuai namanya, bentuk dari atap ini mirip dengan pelana kuda. Pada bagian dinding bisa menunjang struktur penutup atap. Bentuknya yang segitiga, berada di kedua sisi bangunan.

2. Atap Rumah dengan Model Datar

Atap Rumah dengan Model Datar

Model datar merupakan salah satu jenis desain yang minimalis. Pasalnya, bentuk atap ini sedang menjadi tren di kalangan Gen Z, terutama seseorang yang menyukai konsep minimalis.

Artikel terkait :  Mengenal Apa Itu Plastik PE

Apabila Anda bermaksud untuk membuat rumah dengan desain minimalis, maka bentuk atap datar ini sangat direkomendasikan untuk membuat desain rumah tampak sederhana tanpa tambahan desain yang mencolok.

Selain minimalis, atap bentuk datar dapat memberikan kesan rumah menjadi tampak modern.

3. Atap Rumah Model Sandar/Miring

Apabila rumah Anda memiliki desain yang unik dan kontemporer, Anda bisa menerapkan model sandar untuk atap rumah Anda.

Perlu diketahui, kemungkinan atap bentuk sandar akan memberikan kesan yang asimetris karena mempunyai bentuk 1 bidang saja.

Dengan mengaplikasikan bentuk atap ini, rumah akan memiliki kesan lebih elegan dan mewah meskipun sederhana.

4. Atap Rumah Model Mansard

Atap Rumah Model Trapesium

Desain rumah dengan model atap Mansard sangat cocok untuk diaplikasikan pada desain rumah ala negara Perancis.

Terdapat empat sisi pada model Mansard yang mana setiap sisi pada pinggiran mempunyai kemiringan yang cukup curam.

Pada desain rumah yang berkonsep ala Perancis, umumnya memiliki banyak sekali jendela yang dipasang pada rumah tersebut.

Biasanya, dalam ruangan tersebut digunakan untuk membuat ruangan penyimpanan barang atau digunakan sebagai gudang.

5. Atap Rumah Model Limas

Atap Rumah Model Limas

Seperti namanya, bentuk atap ini mirip seperti Limas.

Bentuk atap Limas memiliki 2 bidang segitiga yang saling bertemu dengan garis lurus.

Sedangkan untuk sisi bidang 2 lainnya mempunyai bentuk Trapesium.

Kedua dari jenis Trapesium ini bertemu dengan bubungan atas.

6. Atap Rumah Model Melengkung

Atap Rumah Model Melengkung

Jika Anda hendak membangun rumah yang mempunyai nilai keindahan lebih dan aesthetic. Menerapkan bentuk atap ini juga akan menambah desain yang unik.

7. Atap Rumah Model Trapesium

Model Trapesium hampir mirip dengan atap rumah model Limas. Namun, jika melihat bentuk atap rumah model Trapesium dari depan, maka bentuk Trapesium akan terlihat lebih jelas.

Artikel terkait :  Apa Perbedaan Septic Tank Plastic Vs Biotank, Dilihat Dari Semua Sisi

Umumnya, atap bentuk Trapesium diaplikaskan pada rumah-rumah yang mempunyai desain Eropa.

8. Atap Rumah Model Joglo

Atap Rumah Model Joglo

Rumah Joglo yang biasanya ada di daerah Jawa, menerapkan atap bentuk ini. Pasalnya, bentuk atap Joglo bertingkat dan pada bagian bawah atap mengarah keluar.

Atap yang diaplikasikan untuk keluar rumah ini semata-mata bukan karena hiasannya yang estetik, melainkan juga mempunyai fungsi supaya mengurangi cahaya matahari tidak dapat masuk ke dalam rumah, sehingga menjadikan ruangan akan terasa dingin.

Jenis-Jenis Atap Rumah Berdasarkan Bahan Material

Terdapat berbagai bentuk atap rumah yang bisa Anda terapkan untuk mengaplikasikannya pada rumah yang Anda.

Dari banyaknya bentuk tersebut, tentu mempunyai bahan material yang berbeda. Berikut ini adalah jenis atap rumah jika dilihat dari bahan material yang digunakan:

1. Atap Genteng Kaca

Sesuai dengan namanya, bahan atap Kaca adalah Kaca. Atap genteng Kaca dapat membuat matahari masuk ke dalam ruangan, sehingga cocok diaplikasikan untuk ventilasi bangunan rumah.

Dengan begitu, pengguna atap Kaca dapat menghemat energi listrik sebagai penerang ruangan karena dengan mengggunakan atap Kaca ruangan bisa menerima pencahayaan alami.

Keunggulan Atap Kaca adalah ruangan terhindar dari kelembapan karena cahaya matahari dapat mudah masuk dan dapat mencegah pertumbuhan lumut pada ruangan tersebut.

2. Atap Plastik

Jenis atap plastik juga cocok diaplikasikan pada rumah. Harganya yang ekonomis dan awet bisa menjadi pilihan untuk menyesuaikan budget yang tipis.

Selain itu, atap plastik juga mempunyai variasi warna yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan atap plastik Grand Luxe untuk rekomendasai atap plastik yang awet.

3. Atap genteng Tanah Liat

Pasalnya, jenis atap ini sangat populer di daerah pedesaan. Bahkan, hampir keseluruhan menggunakan atap jenis ini, meskipun tidak semua menerapkannya.

Artikel terkait :  Rekomendasi Filter Air Kran Terbaik, Pasti Bersih

Namun, untuk menerapkan atap Genteng harus membutuhkan kerangka atap yang cukup banyak dan tahan menahan beban atap.

4. Atap Genteng Metal

Genteng yang tidak mudah berkarat ialah genteng Metal karena dibuat menggunakan Logam anti karat.

Logam anti karat merupakan bahan campuran dari Seng, tembaga, Besi, dan Alumunium.

Keunggulan utama dari atap Genteng Metal adalah lebih ringan, anti lumut, tidak mudah terbakar, dan pemasangan yang mudah.

Namun, untuk harga atap genteng Metal termask mahal.

5. Atap Genteng Beton

Pasalnya, atap genteng Beton sering diaplikasikan pada rumah minimalis. Bentuk dari atap genteng Beton hampir mirip dengan Atap Genteng Tanah Liat, tetapi pemilihan warna atap jenis ini lebih bervariatif.

Keunggulan utama atap jenis ini adalah lebih modern dibandingkan atap genteng tanah liat dan tampilannya lebih elegan.

Karen bahannya yang terbuat dari cor-coran, atap ini mempunyai bobot yang berat, sehingga pemasangan struktur atap harus kuat dan mampu menampung beban dari atap ini.

Bagi Anda yang ingin mempunyai rumah atap minimalis bisa menggunakan atap plastik dari grand. Ada berbagai pilihan warna yang bisa Anda aplikasikan dengan bentuk keinginan atap rumah Anda.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan atap Grand Luxe ini, Anda bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp admin kami.

Admin Pusat: 08113518581

Penutup

Itulah 8 Macam macam bentuk atap dan gambarnya terlengkap yang dapat menjadi inspirasi Anda untuk memilih bentuk atap sesuai dengan desain rumah hunian Anda. Anda juga dapat memilih jenis atap berdasarkan bahannya yang sesuai dengan budget dan kerangka struktur atap.