Lebar Ideal Septic Tank Untuk 5 Orang Keluarga, Ini Perhitungannya

Lebar Ideal Septic Tank Untuk 5 Orang Keluarga, Ini Perhitungannya – Septic tank yang baik biasanya tidak hanya berfungsi untuk menyimpan limbah saja, tetapi juga bisa mengolah limbah dengan baik. Jika terdapat septic tank pada suatu bangunan atau rumah anda, maka limbah tetap aman tidak langsung terbuang ke lingkungan begitu saja. Karena salah satu ciri-ciri dari rumah yang sehat yaitu memiliki tempat pembuangan limbah yang aman dan tidak mengganggu lingkungan sekitar. Maka dari itu, perlu septic tank yang ideal untuk kebutuhan keluarga yang menghuni rumah. Sebenarnya berapa lebar ideal dari septic tank untuk 5 orang anggota keluarga? Maka dari itu, berikut ini perhitungannya agar anda sekalian tidak salah perkiraan.

 

Lebar Ideal Septic Tank Untuk 5 Orang Keluarga, Ini Perhitungannya – Septic Tank Dengan Lebar Ideal

Septic tank menjadi komponen penting dalam mengatur dan menyimpan sistem pembuangan limbah pada suatu rumah atau bangunan. Dalam menggunakan septic tank, tidak hanya memilih dari jenis septic tanknya saja. Tetapi perlu diperhitungkan dari lebar septic tank yang ideal untuk keluarga seperti apa. Lebar septic tank yang ideal tergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah penghuni rumah, tingkat pemakaian air limbah, dan jenis tanah di lokasi tersebut. Sebagai aturan umum, lebar septic tank harus cukup untuk menampung dan memperlambat aliran air limbah. Hal ini agar limbah dapat mengalami pengendapan dan penguraian sebelum dialirkan ke sistem penyaluran akhir atau penyerapan tanah.

 

Ukuran Septic Tank Yang Lebarnya Ideal

Secara umum, septic tank yang ideal memiliki lebar minimal 0,9 meter hingga 2,4 meter. Namun, ukuran ini dapat bervariasi tergantung pada kapasitas septic tank yang dibutuhkan. Kapasitas septic tank dihitung berdasarkan jumlah penghuni rumah atau volume air limbah yang dihasilkan. Lebar yang lebih besar memberikan ruang yang lebih luas untuk proses pengendapan dan penguraian limbah. Tinggi dan lebar pada septic tank bergantung pada jenis septic tank yang diproduksi dan beredar di pasaran. Perlu diingat bahwa septic tank perlu memiliki kedalaman yang mencukupi agar air limbah dapat mengalami pengendapan dan pemisahan zat padat, serta penguraian oleh bakteri secara efisien.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Sampang, Gratis Ongkir Setiap Konsumen

 

Perlunya Septic Tank Dengan Lebar Yang Ideal

Septic tank dengan lebar yang ideal diperlukan agar dapat menampung limbah dalam jumlah yang tepat bagi 5 orang keluarga. Jika septic tank tidak dapat menampung kebutuhan limbah yang dihasilkan oleh penghuni suatu rumah, maka limbah dapat terbuang dan tidak dapat terproses dengan baik. Maka dari itu, inilah alasan penting perlunya septic tank dengan lebar yang ideal :

  • Kapasitas yang memadai : Septic tank dengan lebar yang ideal dirancang untuk memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga atau bangunan. Kapasitas yang memadai memastikan bahwa septic tank dapat menampung dan mengolah limbah dengan efisien. Jika septic tank terlalu kecil, maka akan terjadi kelebihan limbah yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
  • Pengolahan limbah yang efektif : Septic tank yang cukup lebar memungkinkan waktu penyimpanan yang lebih lama bagi limbah di dalamnya. Hal ini memberikan kesempatan bagi proses dekomposisi dan penguraian limbah secara alami oleh bakteri anaerobik. Dengan lebar yang ideal, teknologi pada septic tank dapat bekerja dengan lebih efektif dalam menguraikan bahan organik, seperti tinja dan sisa-sisa makanan.
  • Pengendalian bau dan penyumbatan : Septic tank yang lebar dapat mengurangi risiko bau yang tidak sedap akibat limbah yang terperangkap di dalamnya. Selain itu, septic tank yang cukup lebar juga dapat menghindari penyumbatan yang sering terjadi jika limbah tidak dapat mengalir dengan lancar.
  • Keberlanjutan lingkungan : Dengan menggunakan septic tank yang lebar dan berfungsi dengan baik, limbah yang dibuang ke lingkungan akan lebih bersih dan berpotensi lebih sedikit mencemari sumber air tanah dan permukaan. Lingkungan yang sehat dan terjaga akan bermanfaat bagi kesehatan manusia dan keberlanjutan ekosistem.
  • Kepatuhan peraturan : Di banyak negara, penggunaan septic tank dengan lebar yang ideal diatur oleh peraturan pemerintah. Penggunaan septic tank yang sesuai dengan peraturan dapat membantu mencegah pencemaran lingkungan dan melindungi kesehatan masyarakat.
Artikel terkait :  Rekomendasi Toko Tandon Air Di Surabaya

 

Cara Perhitungan Septic Tank Dengan Lebar Ideal

Agar anda sekalian tidak keliru dalam memilih septic tank, maka diperlukan langkah perhitungan secara tepat. Berikut ini cara perhitungan septic tank dengan lebar yang ideal yaitu :

  • Jumlah penghuni atau pengguna bangunan : Pertama-tama, tentukan jumlah penghuni rumah tangga atau perkiraan penggunaan harian bangunan tersebut. Semakin banyak penghuni atau pengguna, semakin besar volume limbah yang dihasilkan setiap harinya. Jika terdapat 5 orang anggota keluarga dengan konsumsi cairan per harinya rata-rata 200 liter, maka diperlukan septic tank yang berkapasitas 1000 liter.
  • Estimasi volume limbah harian: Berdasarkan jumlah penghuni atau pengguna, perkirakan volume limbah yang dihasilkan setiap harinya. Hal ini meliputi limbah toilet (tinja dan air flush), air limbah dari wastafel, bak mandi, dapur, dan sumber-sumber limbah lainnya. Biasanya, ada estimasi standar untuk volume limbah harian per orang atau per pengguna yang dapat digunakan sebagai pedoman.
  • Laju pengisian septic tank: Laju pengisian septic tank menunjukkan berapa lama septic tank akan terisi sebelum perlu dikosongkan. Umumnya, laju pengisian septic tank dinyatakan dalam satuan tahun. Faktor-faktor seperti volume limbah harian dan jumlah penghuni atau pengguna akan mempengaruhi laju pengisian septic tank.
  • Kapasitas dan lebar septic tank : Setelah memperoleh estimasi volume limbah harian dan laju pengisian septic tank, Anda dapat menghitung kapasitas dan lebar septic tank yang ideal. Kapasitas septic tank ditentukan oleh perkiraan volume limbah harian dikalikan dengan laju pengisian septic tank. Dalam hal lebar, perhatikan juga faktor-faktor seperti ketebalan dinding septic tank yang sesuai dengan kebutuhan struktural.

 

Septic Tank Yang Lebarnya Ideal

Septic tank dengan lebar yang ideal dan cocok untuk keluarga yaitu dengan septic tank instan GRAND. Septic tank instan dari GRAND tersedia dalam berbagai kapasitas yang dapat anda pilih sesuai dengan keperluan rumah dan keluarga anda. Septic tank bio dari GRAND ini menggunakan bahan HDPE murni yang menjadikannya tahan terhadap pergerakan tanah. Septic tank GRAND juga tidak mudah retak dan tidak mudah bocor. Menjadikan septic tank GRAND dapat dengan aman menyimpan maupun mengolah limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga.

Artikel terkait :  Jual Tempat Sampah Yang Kokoh Dan Kuat

 

Septic Tank Instan Untuk Keluarga Dengan Teknologi Tinggi

Septic tank instan GRAND ini dilengkapi dengan teknologi tinggi yaitu sistem filtrasi Multi Stage dan Dual Faced Bioball. Sistem filtrasi Multi Stage yang terdapat pada septic tank instan GRAND ini menjadikan limbah disaring berulang kali hingga menyisakan endapan lumpur yang lebih sedikit. Teknologi Dual Faced Bioball pada septic tank GRAND ini menjadikan kotoran limbah tidak mudah menempel pada dinding septic tank dan meminimalisir adanya kebuntuan. Septic tank instan GRAND juga memiliki desain yang ramah dan aman bagi lingkungan sekitar.

 

Penutup

Oleh karena itu, agar sesuai dengan limbah yang dihasilkan keluarga, perlu septic tank dengan lebar yang ideal. Anda bisa menggunakan septic tank instan dari GRAND ini. Nah, itulah tadi penjelasan mengenai lebar ideal septic tank untuk 5 orang keluarga. Dengan menggunakan septic tank GRAND ini, banyak keunggulan yang ditawarkan sehingga cocok untuk digunakan untuk penampungan limbah keluarga anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda sekalian yang sedang membutuhkan septic tank untuk rumah maupun bangunan anda. Sampai jumpa pada artikel dan info-info menarik lainnya.