Ketinggian Road Barrier Yang Standar Berapa?

Ketinggian Road Barrier Yang Standar Berapa? – Road barrier adalah salah satu dari sekian jenis perangkat lalu lintas yang biasanya digunakan untuk membatas jalan. Dengan adanya road barrier, maka lalu lintas pada jalan-jalan besar yang perlu pemisahan akibat adanya kegiatan tertentu. Salah satu alat lalu lintas yaitu road barrier ini penting untuk menjaga agar pengguna jalan tetap berada pada jalur yang tetap sehingga meminimalisir kecelakaan. Namun, banyak yang masih belum memahami dengan benar ketinggian road barrier yang sesuai standar. Jadi, untuk mengetahui berapa ketinggian road barrier yang tepat, anda bisa simak terus ulasannya.

 

Ketinggian Road Barrier Yang Standar Berapa? – Pemasangan Alat Lalu Lintas Road Barrier

Road barrier yaitu salah satu alat lalu lintas yang dapat dipasang di berbagai lokasi tergantung pada kebutuhan dan tujuan dari penggunaannya. Alat lalu lintas road barrier dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat. Berikut ini lokasi pemasangan road barrier yang pada umumnya dapat digunakan :

Konstruksi Jalan

Road barrier sering digunakan dalam proyek konstruksi jalan untuk memberikan perlindungan dan keamanan bagi pekerja maupun pengendara. Road barrier dapat dipasang di sekitar area konstruksi, penggalian, atau perbaikan jalan untuk memisahkan lalu lintas dan menghindarkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Jalan Raya

Road barrier dapat dipasang di jalan raya untuk mengatur alur lalu lintas, membatasi akses ke jalur tertentu, atau memberikan perlindungan di sekitar tikungan tajam, jembatan, atau area berbahaya lainnya. Road barrier dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan memberikan petunjuk visual kepada pengendara.

Area Parkir

Road barrier juga sering digunakan di area parkir untuk memisahkan area parkir kendaraan, memandu lalu lintas, dan mencegah kendaraan masuk ke area yang tidak diizinkan. Alat lalu lintas road barrier ini dapat membantu meningkatkan keamanan dan efisiensi penggunaan area parkir.

Acara Publik

Road barrier sering digunakan dalam acara publik atau festival untuk mengatur alur lalu lintas, memisahkan area pejalan kaki dan kendaraan, atau membatasi akses ke area tertentu. Road barrier juga dapat digunakan sebagai pengaman untuk mencegah kendaraan masuk ke area yang ditentukan.

Konstruksi Bangunan

Road barrier dapat digunakan dalam proyek konstruksi bangunan untuk melindungi pekerja, membatasi akses ke area konstruksi, atau mengatur lalu lintas di sekitar lokasi konstruksi. Road barrier dapat membantu menciptakan zona aman dan menghindari risiko kecelakaan.

Area Industri Dan Pabrik

Road barrier dapat dipasang di area industri atau pabrik untuk memisahkan lalu lintas kendaraan, membatasi akses ke area tertentu, atau memberikan perlindungan di sekitar area berbahaya seperti mesin berat atau peralatan bergerak. Hal ini dapat memberikan keamanan bagi karyawan setempat untuk masuk maupun keluar dari pabrik dengan aman.

Ketinggian Road Barrier Perlu Yang Sesuai Standar

Ketinggian road barrier yang sesuai standar telah ditentukan untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan road barrier. Di negara Indonesia sendiri, ketinggian road barrier harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku. SNI mengatur spesifikasi teknis untuk road barrier termasuk ketinggian yang harus dipenuhi agar tepat sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku. Penentuan ketinggian road barrier juga memperhatikan faktor keamanan. Road barrier yang terlalu rendah dapat memungkinkan kendaraan melintasi road barrier dan tidak terbatasi dengan aman.

Ketinggian Road Barrier Sesuai Standar

sementara itu road barrier yang terlalu tinggi dapat menjadi bahaya bagi pengemudi jika mereka terjebak di balik barrier atau mengganggu pandangan jalan. Ketinggian minimum road barrier jika menganut pada SNI adalah 80 sentimeter (cm). Ketinggian ini dirancang untuk memberikan penghalang yang efektif dalam mengarahkan atau menghentikan kendaraan yang melintas, terutama kendaraan berat seperti truk atau bus. Ketinggian maksimum road barrier jika menganut pada SNI yaitu 110 cm. Ketinggian ini memastikan road barrier tidak terlalu tinggi sehingga tidak mengganggu penglihatan pengemudi atau menghambat visibilitas di jalan.

Variasi Ketinggian Road Barrier

Selain ketinggian minimum dan maksimum, terdapat juga variasi ketinggian road barrier yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan tertentu. Misalnya, ada road barrier dengan ketinggian 90 cm atau 100 cm yang digunakan untuk situasi tertentu seperti jalan tol atau area konstruksi. Road barrier yang ditempatkan di jalan raya biasanya memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada yang digunakan di jalan kota atau permukiman. Pemilihan lokasi pemasangan road barrier juga perlu memperhatikan faktor-faktor tertentu seperti kondisi jalan, kebutuhan lalu lintas, keamanan, dan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Mengapa Road Barrier Perlu Diatur Ketinggiannya?

Salah satu tujuan utama road barrier adalah untuk menjaga keselamatan pengguna jalan. Dengan mengatur ketinggian road barrier, dapat memastikan bahwa barrier memberikan perlindungan yang efektif terhadap kendaraan yang melintas. Road barrier yang terlalu tinggi dapat menghalangi visibilitas pengemudi, mengganggu penglihatan jalan, atau menyebabkan kebingungan dalam navigasi. Oleh karena itu, pengaturan ketinggian yang tepat bisa memastikan pengemudi tetap memiliki pandangan yang jelas dan tidak terganggu oleh barrier. Pengaturan ketinggian road barrier juga penting untuk menjaga konsistensi dan standar lalu lintas di jalan.

Road Barrier Bagi Pejalan Kaki

Road barrier yang tepat juga berperan dalam melindungi pejalan kaki. Dengan mengatur ketinggian yang sesuai, barrier dapat membantu mencegah pejalan kaki masuk ke area berbahaya atau terkena risiko dari kendaraan yang melintas. Adanya road barrier dapat menjaga keselamatan, efektivitas, dan konsistensi dari pejalan kaki maupun pengguna road barrier lain di jalan. Standar yang ditetapkan membantu memastikan bahwa road barrier memberikan perlindungan yang optimal dan memenuhi kebutuhan lalu lintas yang beragam. Dengan memiliki standar yang jelas, pemasangan road barrier akan seragam dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Road Barrier Yang Sesuai Dengan Standar Yang Berlaku

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa road barrier perlu yang sesuai dengan standar ketinggian dan bentuk yang berlaku. Salah satu road barrier yang dapat digunakan sebagai perangkat lalu lintas yang sesuai dengan standarnya yaitu road barrier GRAND. Road barrier GRAND merupakan pembatas jalan yang menggunakan bahan plastik HDPE berkualitas. Hal ini menjadikan road barrier GRAND memiliki ketahanan benturan dengan baik dan tidak mudah pecah. Dengan ketahanan benturan ini, road barrier GRAND tidak mudah rusak meskipun terkena tabrak.

Penutup

Selain itu, warna pada road barrier GRAND ini tahan lama dan terdapat lapisan pelindung yang tahan terhadap sinar matahari. Menjadikan warnanya tidak mudah pudar walau terpapar cuaca ekstrim dan suhu tinggi. Nah, maka dari itu gunakan saja road barrier GRAND yang sesuai dengan standar dan warna yang tidak mudah pudar. Sekian ulasan mengenai berapa ketinggian road barrier yang sesuai dengan standarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru mengenai ketinggian road barrier yang sesuai standar. Sampai jumpa pada pembahasan-pembahasan lain di kesempatan berikutnya.