Kelebihan Bata Ringan Dibandingkan Batu Bata, Ini Ulasannya

Kelebihan Bata Ringan Dibandingkan Batu Bata, Ini Ulasannya – Untuk kebutuhan membangun suatu bangunan atau gedung perlu bata agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh. Agar bangunan dapat tetap kuat untuk menopang beban didalamnya, perlu pondasi yang kuat dan tahan lama. Beberapa pondasi yang dapat digunakan yaitu bata ringan dan batu bata. Kedua jenis bata ini dapat anda gunakan untuk menjadi pondasi bagi rumah atau bangunan anda. Sebenarnya apa saja sih kelebihan dari bata ringan jika dibandingkan dengan batu bata. Untuk mengetahui selengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

 

Kelebihan Bata Ringan Dibandingkan Batu Bata, Ini Ulasannya – Bahan Produksi Pada Bata Ringan

Bahan produksi yang digunakan dalam pembuatan bata ringan yaitu Pasir Silika, Kapur, Semen, Gipsum, Aluminimum Powder, dan air. Selain bahan-bahan tersebut dalam beberapa bata ringan, bahan tambahan lain seperti bubuk serat atau bahan pengisi lainnya juga dapat ditambahkan untuk meningkatkan sifat-sifat tertentu dari bata ringan ini. Bahan-bahan yang digunakan pada pembuatan produksi dari bata ringan ini berfungsi sebagai bahan pengisi yang memberikan kekuatan pada bata ringan dan menjadi pengeras ketika akan dicetak melalui mesin cetak bata ringan.

Proses Produksi Pada Bata Ringan

Proses produksi bata ringan melibatkan beberapa tahapan yang dirancang untuk menghasilkan bata dengan kepadatan rendah dan berpori, yang memberikan keunggulan seperti ringan, tahan api, dan tahan panas. Berikut ini proses pembuatan bata ringan dari bahan mentah hingga menjadi bata ringan untuk bahan bangunan :
  • Persiapan Bahan Baku : Proses dimulai dengan persiapan bahan baku yang terdiri dari pasir, semen, air, dan bahan pengisi seperti abu terbang atau serbuk kayu. Bahan-bahan ini diukur dan dicampur dalam proporsi yang tepat untuk menciptakan campuran yang sama.
  • Pencampuran : Bahan-bahan yang telah diukur dicampur dalam mixer atau mesin pencampur dengan menggunakan air. Proses pencampuran ini penting untuk memastikan distribusi bahan yang merata dan memperoleh campuran yang konsisten.
  • Penambahan Bahan Pencampur : Selama tahap ini, bahan tambahan seperti bahan perekat atau bahan pengisi lainnya ditambahkan ke dalam campuran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas bata ringan serta memberikan sifat-sifat khusus seperti ketahanan api atau isolasi termal.
  • Pembentukan : Campuran bahan dipindahkan ke mesin pembentuk yang membentuk campuran menjadi bata ringan dengan ukuran yang diinginkan. Mesin pembentuk umumnya menggunakan tekanan atau getaran untuk mengompres campuran dan membentuk bata dalam cetakan.
  • Pengeringan : Bata ringan yang baru dibentuk kemudian ditempatkan dalam ruang pengeringan. Proses pengeringan bertujuan untuk menghilangkan kelebihan air dalam bata dan memperkuat ikatan antara partikel-partikel bahan. Pengeringan dapat dilakukan dengan cara alami atau menggunakan oven khusus untuk mempercepat prosesnya.
  • Autoclaving : Setelah pengeringan, bata ringan biasanya menjalani proses autoclaving. Ini melibatkan penempatan bata dalam ruang tekanan tinggi yang dikombinasikan dengan uap air panas. Proses autoclaving membantu mengaktifkan reaksi kimia yang menghasilkan gelembung udara di dalam bata, sehingga menciptakan pori-pori yang menghasilkan kepadatan rendah dan ringan.
  • Pemotongan dan Finishing : Setelah bata ringan selesai menjalani autoclaving, bata ringan ini dipotong dan dibentuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Proses pemotongan ini dilakukan dengan mesin pemotong otomatis untuk mendapatkan kepresisian yang tinggi pada ukuran bata.
  • Pengeringan Akhir : Setelah dipotong, bata ringan menjalani tahap pengeringan akhir di ruang kering untuk menghilangkan kelembaban residu. Proses ini penting untuk memastikan kestabilan dan ketahanan bata sebelum dikemas dan didistribusikan ke pasar.

Kelebihan Dari Bata Ringan

Bata ringan atau biasanya juga dikenal dengan nama AAC (Autoclaved Aerated Concrete), adalah salah satu bahan bangunan yang memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya populer dalam industri konstruksi. Berikut ini keunggulan dari bata ringan yang dapat menjadi referensi anda untuk membangun atau merenovasi gedung maupun rumah :

Ringan

Bata ringan memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan batu bata konvensional. Hal ini memudahkan proses konstruksi dan pengangkutan material, sehingga menghemat waktu dan biaya.

Tahan Panas Dan Bising

Bata ringan memiliki struktur dengan banyak rongga udara yang mengisolasi panas dan suara dengan baik. Ini membantu menjaga suhu ruangan yang nyaman dan mengurangi kebisingan dari luar.

Kuat dan Tahan Lama

Meskipun memiliki berat yang ringan, bata ringan tetap memiliki kekuatan yang memadai. Bata ringan mampu menahan beban vertikal dan lateral dengan baik, sehingga memberikan kestabilan dan keamanan pada bangunan.

Tahan Terhadap Api

Bata ringan memiliki sifat tahan api yang baik. Kandungan bahan bakunya, seperti kalsium silikat, membuatnya tahan terhadap suhu tinggi dan tidak mudah terbakar. Hal ini memberikan perlindungan tambahan pada bangunan dalam hal kebakaran.

Hemat Energi

Karena sifat ketahanan panas yang baik, bata ringan membantu mengurangi kebocoran energi panas atau dingin dari dalam dan luar bangunan. Hal ini mengurangi kebutuhan akan pendingin atau pemanas udara tambahan, sehingga menghemat energi maupun biaya operasional.

Ramah Lingkungan

Bata ringan diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Proses produksi dari bata ringan ini menghasilkan gas emisi karbon yang jauh lebih rendah jika dibanding dengan bata konvensional, sehingga lebih berkelanjutan.

Kemudahan Instalasi

Bata ringan memiliki ukuran yang seragam dan mudah dipotong sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Hal ini memudahkan proses instalasi dan mengurangi limbah konstruksi.

Perlindungan Dari Rayap dan Serangga

Bata ringan tidak menarik rayap dan serangga pengganggu, karena tidak mengandung bahan organik yang menjadi sumber makanan bagi mereka. Hal ini dapat membantu menjaga keawetan bangunan dari serangan hama.

Tahan Terhadap Kelembapan

Bata ringan memiliki kemampuan menyerap dan menghilangkan kelembapan dengan baik. Hal ini membantu menjaga kestabilan kelembapan dalam bangunan dan mencegah pertumbuhan jamur atau kerusakan akibat kelembapan berlebih.

Fleksibilitas Desain

Bata ringan dapat dengan mudah dibentuk, dipotong, dan diukir sesuai dengan kebutuhan desain arsitektur. Ini memberikan fleksibilitas dalam menciptakan bentuk dan pola yang beragam pada bangunan.

Atap Sebagai Pelengkap Bangunan

Setelah menyimak dengan baik ulasan ini, banyak kelebihan bata ringan untuk anda gunakan sebagai bahan untuk membangun suatu gedung. Namun, gedung yang kuat dan kokoh saja tidaklah cukup. Perlu atap sebagai penutup sekaligus pelengkap suatu bangunan. Dengan atap, maka gedung atau bangunan anda sekalian dapat terlindungi secara maksimal. Anda perlu menggunakan atap plastik dari GRAND sebagai pelengkap bangunan anda. Atap plastik GRAND ini mudah untuk dipasang pada bangunan, karena material dari atap plastik GRAND ini yang lentur.

Atap Untuk Melindungi Bangunan

Atap plastik GRAND merupakan atap yang bahan pembuatannya dari botol kemasan plastik sekali pakai. Seperti yang diketahui bahwa botol plastik kemasan sekali pakai ini kuat dan tahan hingga bertahun-tahun lamanya walau terkena cuaca panas yang terik maupun hujan badai yang ekstrim. Sehingga atap plastik GRAND Roof ini tahan terhadap suhu tinggi maupun cuaca ekstrim. Meskipun atap plastik dari GRAND Roof ini mempunyai material yang lentur, tetapi atap plastik GRAND ini tetap kuat dan kokoh untuk digunakan sebagai pelindung bangunan anda.

Penutup

Selain itu, atap plastik dari GRAND Roof juga tidak mengandung racun karena sudah melalui proses produksi yang baik. Jadi, itulah penjelasan mengenai kelebihan menggunakan bata ringan dibandingkan batu bata konvensional pada umumnya. Gunakan atap plastik dari GRAND Roof yang memiliki banyak keunggulan bagi bangunan atau gedung anda sekalian. Atap plastik dari GRAND Roof bisa anda dapatkan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau. Semoga penjelasan ini dapat memberikan referensi baru untuk anda dalam memilih bata untuk kebutuhan gedung maupun bangunan.

Artikel terkait :  Beberapa Hal Penyebab Polusi Udara Yang Perlu Diketahui