Jarak Septic Tank dengan Sumur, Berapa Idealnya?

Jarak Septic Tank dengan Sumur, Berapa Idealnya

Septic tank merupakan sebuah sistem pembuangan limbah rumah tangga yang umum digunakan di banyak tempat, terutama di daerah yang tidak terhubung ke sistem sanitasi publik. Namun, berapa idealnya jarak septic tank dengan sumur? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pentingnya Mengatur Jarak Septic Tank dengan Sumur

Pentingnya Mengatur Jarak Septic Tank dengan Sumur

Mengatur jarak septic tank dengan sumur sangatlah penting karena hal ini dapat mempengaruhi kualitas air tanah dan mencegah kontaminasi yang bisa membahayakan kesehatan manusia itu sendiri. Sama halnya dengan ketinggian air untuk shower juga harus perlu diperhatikan agar bisa lebih detailnya.

Kontaminasi Air

Jika septic tank diletakkan terlalu dekat dengan sumur, kemungkinan akan ada risiko limbah atau bakteri dari septic tank dapat mencemari air yang ada di sumur. Sehingga, hal ini akan menyebabkan air sumur tercemar dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Masalah Kesehatan

Air yang telah terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit dan masalah kesehatan serius bagi Anda yang mengkonsumsinya. Bakteri, logam berat dan bahan kimia berbahaya dapat masuk ke air sumur jika jarak septic tank dan sumur terlalu dekat.

Kualitas Air Tanah

Limbah dari septic tank dapat membuat kualitas air tanah menurun. Hal ini bisa merusak ekosistem air tanah dan membuatnya tidak dapat digunakan baik untuk konsumsi maupun keperluan lainnya.

Artikel terkait :  Mengenal 12 Jenis Material Atap Rumah yang Sering Digunakan

Peraturan dan Hukum

Diberbagai wilayah memiliki peraturan yang mengatur jarak minimal antara septic tank dan sumur demi menjaga kesehatan masyarakat ataupun lingkungan.

Jarak Septic Tank dengan Sumur yang Ideal

Pentingnya Mengatur Jarak Septic Tank dengan Sumur

Idealnya, jarak septic tank dengan sumur gali harus memenuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh peraturan setempat. Jarak antara septic tank dengan sumur perlu memperhitungkan beberapa faktor seperti ukuran lahan rumah, jenis tanah serta peraturan dan regulasi lingkungan setempat.

Jarak Minimal

Biasanya, jarak septic tank dengan sumur yang disarankan minimal tiga meter dari sumur air bersih atau sumur resapan. Namun, aturan ini bisa bervariasi tergantung peraturan setempat.

Peraturan Lingkungan Setempat

Sebelum memasang septic tank, perlu untuk memeriksa peraturan dan regulasi setempat karena pemerintah daerah dapat menetapkan jarak tertentu yang harus diikuti.

Jenis Tanah

Sifat-sifat tanah seperti kecepatan penyerapan, ketebalan lapisan tanah dan kedalaman air tanah juga mempengaruhi penentuan jarak septic tank dengan sumur. Tanah berpasir atau tanah yang memiliki tingkat drainase yang baik memerlukan jarak yang lebih jauh daripada tanah dengan drainase yang buruk.

Kondisi Lingkungan

Aspek lingkungan sekitar, seperti kemungkinan adanya kontaminasi air tanah oleh limbah dari septic tank juga harus di pertimbangkan.

Septic Tank Anti Mampet

Septic Tank Grand

Mengatur jarak septic tank dengan sumur memang penting, tapi yang tidak kalah penting adalah memilih septic tank sebagai sistem pembuangan limbah rumah tangga.

Anda dapat menggunakan septic tank Grand yang terbuat dari bahan HDPE sehingga lebih ramah lingkungan dan anti mampet. Septic tank Grand memiliki dua ukuran yaitu 500 liter dan 1000 liter. Ukuran septic tank ini cocok untuk rumah tangga dengan jumlah penghuni empat sampai enam orang.

Artikel terkait :  Ukuran Standar Septic Tank Perumahan yang Ideal

Menggunakan sistem filtrasi dengan empat tahapan untuk memastikan proses penguraian lebih efektif. Selain itu, keunggulan septic tank Grand juga dilengkapi dual faced bioball sehingga kotoran atau limbah anti nempel dan anti mampet.

Pengurasan septic tank Grand ini bisa Anda lakukan minimal satu tahun sekali atau sesuai penggunaan.

Spesifikasi Septic Tank Grand Ukuran 500 Liter

Ukuran Septic Tank Grand 500 Liter

  • Tinggi tangki septic: 1240 mm
  • Tinggi sampai tutup: 1300 mm
  • Diameter dalam: 770 mm
  • Diameter luar: 780 mm

Spesifikasi Septic Tank Grand Ukuran 1000 Liter

Ukuran Septic Tank Grand 1000 Liter

  • Tinggi tangki septic: 1425 mm
  • Tinggi sampai tutup: 1460 mm
  • Diameter dalam: 960 mm
  • Diameter luar: 1050 mm

Cara Pasang Septic Tank Grand

Berikut ini adalah cara pemasangan septic tank Grand:

  1. Buatlah lubang galian dengan lebar dan tingginya dilebihkan 50 cm dari ukuran septic tank GRAND.
  2. Pada dasar lubang tersebut beri pasir yang dipadatkan setebal 10 cm.
  3. Pastikan permukaan rata dan tidak ada benjolan / tekanan yang mampu merusak septic tank GRAND.
  4. Letakkan septic tank GRAND ke dalam galian secara perlahan lalu atur posisinya agar lubang inlet dan outlet sudah tepat.
  5. Pada lubang inlet dan outlet sambungkan dengan pipa saluran masuk dan keluar dari toilet.
  6. Timbun sekeliling septic tank dengan tanah atau pasir.
  7. Lalu isi dengan air pada septic tank hingga air keluar dari pipa outlet, untuk menguji tidak ada kebocoran.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung melihat cara pemasangan septic tank Grand dengan menekan tombol dibawah ini.

Youtube

Wadah Penyimpanan Air Bersih

Tangki Air Grand

Selain penggunaan septic tank Grand sebagai sistem pembuangan limbah, Anda juga perlu menggunakan tangki air sebagai wadah penyimpanan air bersih.

Artikel terkait :  Harga Traffic Cone Dengan Kualitas Terbaik

Tangki air Grand terbuat dari bahan HDPE yang sudah bersertifikasi halal MUI dan FDA, sehingga aman digunakan untuk wadah air yang akan dikonsumsi.

Tangki air ini memiliki kelebihan triple protection, di mana lapisan dalam yang tidak berbau dan berlendir untuk menjaga kualitas air yang tersimpan di dalamnya.

Sementara lapisan tengah dan lapisan luar berfungsi untuk mencegah sinar matahari masuk ke dalam tangki sehingga dapat menghindari pertumbuhan lumut. Hal ini akan membuat tangki air lebih tahan lama dan awet.

Terdapat beragam ukuran mulai dari kapasitas 300 liter hingga 12000 liter. Jadi, Anda bisa memiliki cadangan air sesuai yang dibutuhkan.

Cara Pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut dan cara pemesanan silahkan klik tombol dibawah ini.

Hubungi Kami di WhatsApp

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang berapa idealnya jarak septic tank dengan sumur. Terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa lagi.