Berapa Ketinggian Tandon Air Untuk Shower Yang Ideal? Ini Jawabannya!

Berapa Ketinggian Tandon Air Untuk Shower Yang Ideal Ini Jawabannya!

Ketinggian Tandon Air Untuk Shower – Bagaimana jika aliran air pada kamar mandi Anda sekalian kecil dan tidak deras? Tentunya kegiatan mandi akan terhambat dan tentu sangat mengganggu aktivitas Anda!

Terutama jika Anda semua mandi menggunakan shower, maka perlu tandon untuk mengalirkan air dengan baik agar tidak bergantung dengan aliran dari pusat.

Nah, sebenarnya berapa ketinggian tandon yang ideal jika menggunakan shower pada kamar mandi? Agar Anda semua tahu jawabannya bisa simak terus ulasan kali ini ya!

 

Penyebab Shower Jadi Pelan

Kalau shower di kamar mandi jadi pelan, pastinya merepotkan bukan? Tapi ada beberapa penyebab kenapa tiba-tiba saja alirannya pelan dan melemah.

Anda semua perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar bisa menanganinya dengan baik.

Pipa Yang Tersumbat

Jika pipa pada rumah atau bangunan Anda tersumbat, maka bisa menyebabkan aliran air menjadi pelan atau kecil. Penyumbatan biasanya terjadi karena ada tumpukan kerak, endapan mineral tertentu, atau kotoran lainnya pada pipa.

Keran Tidak Terbuka Penuh

Biasanya kalau alirannya pelan itu karena keran yang tidak terbuka secara penuh atau sempurna. Sebelum Anda sekalian menggunakannya, pastikan dulu sudah terbuka sepenuhnya agar bisa mengalir dengan baik.

Artikel terkait :  7 Inspirasi Hiasan Dinding Dari Daur Ulang Plastik, Berikut Rekomendasinya

Pembatasan Aliran

Terkadang beberapa shower dilengkapi dengan perangkat yang bisa membatasi aliran air agar bisa hemat. Anda semua perlu cek terlebih dulu, jika ada perangkat ini maka bisa menggantinya ke yang biasa agar alirannya deras.

Masalah Pada Sumber Air

Terkadang penyebab shower jadi pelan karena sumbernya yang kurang deras, contohnya saja semisal ada masalah pada sistem penyediaan air umum seperti pemadaman atau perbaikan pipa. Hal ini bisa mempengaruhi aliran ke shower.
Oleh karena itu, penggunaan tandon sangat diperlukan agar aliran ke shower bisa deras.

 

Tandon Diletakkan Lebih Tinggi

Biasanya tangki air untuk aliran shower ditempatkan pada tempat yang lebih tinggi. Contohnya saja seperti pada menara. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa letaknya lebih tinggi.

Kalau Anda sekalian meletakkannya di tempat yang tinggi, maka tekanan airnya bisa lebih konsisten dan kuat saat kegiatan mandi. Agar alirannya cukup untuk menghasilkan air ke shower yang memadai.

Bisa Menghemat Energi

Tangki yang penempatannya lebih tinggi memungkinkan pemakaian gravitasi untuk pengalirannya, jadi Anda sekalian tidak perlu pompa tambahan lagi.

Air pun bisa mengalir dengan lancar sampai ke shower dan bisa memudahkan Anda dalam kegiatan mandi.

Penyediaan Cadangan Air

Memiliki tangki yang Anda tempatkan lebih tinggi, hal ini berarti baik rumah atau bangunan tertentu punya cadangan atau pasokan air yang memadai.
Akan menjadi sangat bermanfaat apalagi ketika ada pemadaman dari pusat, Anda tetap bisa mandi dengan nyaman tanpa khawatir terganggu.

Ketinggian Tandon Air Ideal Untuk Shower

Tangki yang Anda tempatkan pada posisi tertentu bisa mempengaruhi tekanan dan aliran air menuju ke shower selama kegiatan mandi berlangsung.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Tulungagung Termurah dan Gratis Ongkir

Ketinggian yang ideal biasanya sekitar 7 meter dari letak kamar mandi. Ketinggian ini bisa memberikan tekanan yang cukup dan aliran yang nyaman pada saat Anda mandi.

Sebelumnya juga kami pernah membuat artikel tentang cara pasang tandon air yang bisa menjadi referensi bagi Anda di rumah.

Berapa Ketinggian Tandon Air Untuk Shower Yang Ideal? Ini Jawabannya!
Berapa Ketinggian Tandon Air Untuk Shower Yang Ideal? Ini Jawabannya!

Penempatan Shower Sudah Tepat

Pastikan juga shower milik Anda sudah ditempatkan dengan tepat. Hal ini bisa membantu untuk menciptakan aliran yang sejalan dan merata. Karena jika shower terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan alirannya tidak optimal.

 

Tinggi Yang Sesuai Dengan Kamar Mandi

Ketinggian tangki juga perlu disesuaikan dengan tingkat kamar mandi. Kalau kamar mandi Anda berada di lantai 2, berarti untuk ketinggiannya sendiri juga perlu Anda sesuaikan.

Agar airnya bisa mengalir dengan lancar dan bisa Anda gunakan untuk shower kamar mandi Anda.

Mandi Pakai Aliran Shower Dari Tangki

Jika Anda sekalian mandi menggunakan air yang sudah tersimpan dari tangki bisa menjadi langkah yang hemat. Akan tetapi, efisiensi pemakaian air juga bergantung dari bagaimana Anda menggunakannya.
Tangki biasanya punya kapasitas yang berbeda-beda. mulai dari yang ratusan hingga yang ribuan liter. Jadi, untuk ukurannya bisa bergantung dengan kebutuhan dan keperluan masing-masing.

Sumber Air Yang Tersimpan Pada Tangki

Air yang tersimpan pada tangki untuk kegiatan mandi biasanya dilakukan pengisian ulang secara berkala dengan pasokan air bersih. Sumbernya sendiri bisa berasal dari berbagai macam.
Air yang dari tangki kemudian dialirkan ke kamar mandi dengan bantuan tekanan dari ketinggian tandon. Kemudian air mengalir melalui shower maupun keran pada kamar mandi yang digunakan untuk membersihkan tubuh, menggosok gigi, maupun kegiatan mandi lainnya.

Penggunaan Shower Dengan Bijak

Jika Anda ingin menggunakan shower yang airnya berasal dari tangki, maka perlu penggunaan air dengan bijak. Kebiasaan baik seperti mematikan air saat tidak dipakai, mandi dengan cepat, serta menggunakan perangkat yang hemat bisa membantu untuk menghemat air yang tersimpan pada tangki.

Rekomendasi Tangki Penyimpanan Air

Nah, untuk Anda sekalian ada rekomendasi penyimpanan air yang bisa dialirkan ke shower pada kamar mandi! Inilah tangki stainless jenis vertikal dengan merek Grand!
Terbuat dari bahan stainless tipe 304 Bright Annealed yang berkualitas, sehingga punya ketahanan yang bagus akan cuaca ekstrim dan suhu tinggi.
Permukaannya yang mengkilap sehingga mudah bagi Anda semua untuk mengurasnya. Selain itu, tangki stainless steel dari Grand ini anti lumut dan anti jamur. Jadi, air bersih tetap terjaga dengan baik tanpa khawatir terkontaminasi!
Berapa Ketinggian Tandon Air Untuk Shower Yang Ideal? Ini Jawabannya!
Berapa Ketinggian Tandon Air Untuk Shower Yang Ideal? Ini Jawabannya!

Penutup

Jadi, jangan lupa untuk memakai tangki stainless steel yang mereknya Grand untuk penampungan air bersih. Demikian artikel mengenai ketinggian tandon air untuk shower yang ideal!
Semoga bermanfaat selalu dan bisa membantu Anda! Sampai jumpa lagi pada penjelasan menarik berikutnya!

 

Artikel terkait :  Diskon Kemerdekaan Tandon Air Dari Tedmond Groups