Inilah Nama Pembatas Jalan yang Ada Di Trotoar & Tol

Inilah Nama Pembatas Jalan yang Ada Di Trotoar & Tol

Nama Pembatas Jalan – Ketika Anda bepergian menggunakan kendaraan, tentunya seringkali Anda akan menemukan barang satu ini di jalanan. Alat yang satu ini biasanya banyak orang menyebutnya dengan pembatas jalan. 

Tidak hanya di jalan raya biasa, alat ini juga mudah untuk Anda temui pada jalanan bebas hambatan (tol) maupun di trotoar. Alat ini merupakan salah satu perangkat lalu lintas yang penting dan perlu ada.

Biasanya Anda menemui berbagai jenis alat ini dengan beragam warnanya juga. Tidak jarang juga ada yang bisa diisi dengan air atau pasir maupun yang terbuat dari beton.

Lantas, apa saja fungsinya yang membuat rambu lalu lintas ini begitu penting? Melalui ulasan kali ini, Anda akan mengetahuinya dengan rinci.

Pengertian Pembatas Jalan

Pembatas jalan adalah suatu alat yang digunakan untuk melindungi area tertentu di area jalan raya maupun tol. Biasanya, pembatas jalan dipergunakan untuk pemisah antara jalur kendaran yang berlawanan arah atau sebagai tempat pembatas satu dengan yang lainnya.

Banyak dari Anda semua yang sudah sering menemukannya di jalanan. Akan tetapi bagi sebagian besar, masih terasa asing dengan benda ini.

Sebenarnya, itulah rambu lalu lintas yang banyak disebut dengan pembatas jalan. Bagi para pengendara seperti Anda semua sering melihat perangkat lalu lintas ini terpasang pada beberapa titik.

Tentunya pemasangan dari barrier ini memiliki tujuan utama, yaitu untuk memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan sehingga bisa meningkatkan keamanan bagi para pengguna jalan.

Hal ini juga bisa mengurangi resiko kecelakaan dan tabrakan langsung antara kendaraan yang melaju dari arah berlawanan. Pembatas ini bisa memberikan panduan bagi para pengendara untuk tetap berada di jalur yang benar.

Artikel terkait :  Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar (1 Tabung)

Barrier juga biasanya digunakan untuk jalan raya dua arah, jalan yang lebih besar, maupun jalan tol (bebas hambatan). Hal ini bisa membantu pengendara untuk bisa tetap fokus tanpa keluar jalur sekaligus membantu pengendara untuk mengatur kecepatannya.

Tidak hanya untuk keperluan jalanan saja, barrier ini bisa dipasang ketika ada pekerjaan untuk perawatan jalan. Tujuannya yaitu supaya bisa melindungi pada pekerja yang berada di area konstruksi dari kecelakaan maupun ditabrak.

Yang menarik dari pembatas untuk jalanan atau barrier ini mempunyai beragam bentuk dan warna yang berbeda lho! Ada yang warnanya abu-abu terbuat dari bahan beton dan ada yang berwarna oranye materialnya dari plastik.

Nama Pembatas Jalan Warna Orange

Tidak hanya yang warnanya abu-abu saja lho! Barrier untuk jalanan juga ada yang berwarna orange. Bentuk dan jenis dari barrier jalanan ini ada dua, yang jenisnya road barrier dan yang satu lagi traffic cone.

Meskipun sama-sama berwarna orange, namun dari bentuk sendiri tentunya sudah terlihat perbedaannya. Berikut ini beberapa nama pembatas jalan yang warnanya orange, biasanya bisa Anda temukan!

Perlu Anda ketahui demi terciptanya keselamatan lalu lintas, yaitu:

Pembatas Jalan Warna Orange Road Barrier

Pembatas Jalan Warna Orange Road Barrier

Pembatas ini juga biasanya disebut dengan water barrier. Merupakan salah satu jenis barrier yang berisi air di dalamnya. Pada umumnya road barrier satu ini sudah dilengkapi dengan pemantul cahaya.

Untuk pemasangannya sendiri biasanya di median jalan raya atau seringkali Anda lihat pada gerbang sebelum memasuki jalan tol. Selain isinya air, road barrier ini bisa juga diisi dengan pasir.

Dari segi materialnya sendiri, road barrier ini terbuat dari bahan HDPE yang memang terkenal tahan dalam menghadapi berbagai cuaca panas, hujan, maupun angin.

Karena bahannya dari plastik jenis HDPE dan isinya air atau pasir, maka water barrier ini dinilai lebih aman bagi para pengemudi jika terjadi benturan keras.

Artikel terkait :  Perkiraan Ukuran Septic Tank Untuk 100 Orang, Pemilik Bisnis Wajib Baca

Hal ini berguna untuk meminimalisir kerusakan atau mencegah dari adanya kerusakan serius pada suatu kendaraan. Road barrier satu ini sifatnya sementara, jadi bisa dipindahkan sewaktu-waktu sesuai dengan keperluannya.

Pembatas Jalan Warna Orange Traffic Cone

Pembatas Jalan Warna Orange Traffic Cone

Kerucut lalu lintas, sebutan lain dari traffic cone ini merupakan peralatan lalu lintas dengan warna orange mencolok yang bisa Anda semua temui ketika berada di jalan raya.

Traffic cone sendiri bisa diartikan sebagai alat atau benda yang bentuknya kerucut terkadang warnanya merah atau orange, gunanya sebagai penanda bagi para pengendara agar menjauhkan kendaraan mereka dari area lajur yang terpasang untuk sementara waktu.

Traffic cone bisa diartikan sebagai suatu benda yang bentuknya kerucut terkadang warna merah maupun orange mencolok untuk menandai jalan agar pengemudi bisa sedikit menjauhi area tersebut.

Untuk bahan dasarnya sendiri juga bervariasi, ada yang bahan dasarnya plastik maupun yang karet. Memang alat yang satu ini harus punya warna mencolok dan sudah dilengkapi juga dengan pemantul cahaya.

Mengenai pemasangan dari traffic cone ini, karena bahannya rata-rata dari plastik sehingga sifatnya sementara dan mudah untuk siapa saja memindahkannya.

Pembatas Jalan Beton

Pembatas Jalan Beton

Sedangkan pembatas jalan satu ini terbuat dari bahan beton. Memang, bahan yang satu ini sangat kuat dan kokoh jika sudah terpasang. Namun jika mau memasangnya perlu bantuan alat berat khusus.

Jika tertabrak, maka bisa membahayakan kendaraan bahkan menghilangkan nyawa dari pengemudinya. Hal ini karena bahan beton yang sangat keras dan kuat.

Pembatas satu ini juga sifatnya permanen, jadi sekali diletakkan pada satu titik perlu alat berat jika ingin memindahkannya ke tempat yang lain.

Road Barrier Plastik Merk Grand

Road Barrier Plastik Merk Grand

Ada dua macam jenis road barrier yang ada di jalanan. Pertama road barrier yang terbuat dari beton dan yang kedua terbuat dari plastik.

Artikel terkait :  10 Rekomendasi Sensor Tandon Air Otomatis

Road barrier terbuat dari plastik harganya jauh lebih murah dari pada road barrier yang berbahan beton. Meskipun berbahan plastik ternyata pembatas dengan bahan plastik ini bisa di isi oleh air.

Oleh karena itu, road barrier dari plastik tidak akan mudah goyang karena beban air yang mampu menahan goncangan angin. Road barrier merk Grand satu-satunya pembatas jalan bahan plastik yang di produksi asli dari Indonesia.

Dengan harga yang sangat terjangkau namun kualitas tidak main-main, road barrier Grand siap melayani berapapun permintaan Anda.

Road barrier Grand menggunakan teknologi tinggi berupa Blow Moulding, yang bisa Anda isi dengan air maupun pasir. Road barrier satu ini tidak mudah pecah dan sangat kuat dalam menghadapi berbagai cuaca ekstrim.

Warna oranye pada road barrier ini tidak mudah pudar dan bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Traffic Cone Merk Grand

Traffic Cone Merk Grand

Selain road barrier, Tedmond Groups juga memproduksi traffic cone dengan bahan soft PVC yang lentur dan super kuat! Sama halnya dengan road barrier, traffic cone dari Grand ini juga diproduksi dengan teknologi tinggi yaitu Blow Moulding.

Traffic cone merk Grand ini bisa Anda pindahkan sesuai dengan kebutuhan. Bisa menahan benturan dengan sangat baik dan memiliki warna oranye mencolok. Tentunya tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim dan warnanya tidak mudah pudar.

Dapatkan Diskon Sampai 1 Juta untuk Pembelian Road Barrier atau Traffic Cone Plastik dari Grand Hanya Hari ini!

Via WA

Penutup

Demikianlah berbagai informasi mengenai nama pembatas jalan yang biasanya Anda semua temui di trotoar maupun tol. Untuk perangkat lalu lintas yang aman dan sesuai standar, pakai saja traffic cone dan road barrier yang merknya Grand!

Terima kasih sudah menyimak artikelnya sampai habis! Nantikan berbagai informasi berikutnya ya!