Pengertian Road Barrier, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Road Barrier, Jenis dan Fungsinya

Apa itu Road Barrier? Pengertian dari Road Barrier sendiri adalah sebuah rambu keselamatan yang biasa digunakan di jalanan sebagai pembatas dan biasanya terbuat dari material bahan plastik atau pelat besi.

Letak Road Barrier umumnya dipasang di pinggir jalan raya atau di garis tengah jalan.

Sebagai alat keselamatan di jalan raya, alat ini juga sering digunakan untuk membatasi akses pada tempat tertentu, seperti di jalan tol, atau ketika ada perbaikan jalan.

Lantas, bagaimana penjelasan lengkap mengenai Road Barrier? Scroll down untuk mengetahui keterangan lengkapnya!

Pengertian Road Barrier

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Road Barrier adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai rambu keselamatan dan umumnya diletakkan di sepanjang jalan raya atau di garis putih tengah.

Sebagai pembatas jalan, biasanya Road Barrier juga digunakan untuk menunjukkan arah tertentu bagi kendaraan di jalan tertentu supaya tidak melalui jalur yang salah atau jalur yang dilarang untuk dilewati.

Road Barrier sendiri sering digunakan untuk lalu lintas transportasi kendaraan berat, misalnya batu bata, besi panjang, beton, logam, dan plastik.

Artikel terkait :  Pengertian Dan Jenis Sumber Mata Air, Pahami Dengan Baik!

Jenis-Jenis (Pembatas Jalan) Road Barrier dan Fungsinya

Terdapat berbagai macam Road Barrier yang dapat Anda gunakan. Adapun fungsi Road Barrier juga tidak selalu sama. Hal ini tergantung dari beberapa faktor seperti desain, jenis material, lokasi pemasangan, dan kebutuhan spesifik dari suatu area tersebut.

Berikut ini adalah berbagai macam jenis-jenis Road Barrier yang dapat Anda gunakan sebagai pembatas jalan:

1. Road Barrier Baja (Pembatas Jalan Baja)

Road Barrier Baja (Pembatas Jalan Baja)

Jenis pembatas jalan ini biasa digunakan di pinggir area yang rawan terhadap pergerakan kendaraan dengan laju tinggi. Adapun lokasi yang sering digunakan adalah daerah pinggir jalan tol yang memiliki tikungan tajam, atau di daerah pinggir jurang.

Fungsi utama dari Road Barrier Baja adalah sebagai penghalang tabrakan di jalan yang mempunyai tikungan tajam dan di pinggir jurang.

Dengan kata lain pembatas jalan ini dirancang khusus untuk menahan kendaraan dari kecelakaan agar tidak keluar dari jalur atau biasa disebut sebagai Vehicle Restraint Systems (VRS).

Perlu diketahui bahwa, pembuatan pembatas jalan Baja dilengkapi dengan lapisan Galvanis Hot-Dip, sehingga penggunaannya lebih tahan lama dan stabil.

Dengan mengaplikasikan Pembatas Jalan Baja, risiko tingkat keparahan kecelakaan dapat dikurangi, sehingga kemungkinan keselamatan masih dapat diatasi.

2. Road Barrier Beton (Pembatas Jalan Beton)

Road Barrier Beton (Pembatas Jalan Beton)

Pembatas Jalan Beton mempunyai kegunaan untuk menahan benturan keras dalam jangka waktu lama. Pasalnya, banyak yang menggunakannya sebagai bahan Solid Roadblock.

Letak pembatas jalan Beton biasanya berada di tempat parkir, jalan datar, dan sebagai pagar pengaman konstruksi tetapi sukar untuk dipindahkan.

3. Road Barrier Plastik (Pembatas Jalan Plastik)

Road Barrier Plastik (Pembatas Jalan Plastik)

Salah satu pembatas jalan yang sering digunakan dengan biaya yang relatif rendah adalah Road Barrier Plastik. Adapun fungsi Road Barrier plastik, dibandingkan jenis Road Barrier lainnya adalah sebagai berikut:

Artikel terkait :  Solusi Pengolahan Air Yang Efektif

Pembatas jalan sebagai Pengalihan Lalu Lintas. Road Barrier Plastik bisa dimanfaatkan untuk memandu atau mengalihkan arus lalu lintas yang sedang ada pada daerah tertentu.

Dengan menggunakan Road Barrier Plastik, dapat digunakan untuk membantu kelancaran lalu lintas dan bisa mendefinisikan jalur pada lokasi tertentu.

Sehingga dapat menciptakan jalur yang aman untuk kendaraan.

Sebagai Safety Road Barrier

Pembatas jalan plastik juga dapat digunakan sebagai penghalang keamanan untuk melindungi pejalan kaki, pekerja konstruksi, atau area kerja dari potensi lokasi berbahaya yang berasal dari lalu lintas kendaraan.

Sebagai Work Zone Safety

Pada daerah konstruksi atau di daerah pemeliharaan jalan, Road Barrier plastik juga dapat memberikan perlindungan untuk pekerja dan mengalihkan lalu lintas dari daerah kerja tersebut.

Sebagai Pembatas Jalan Sementara

Road Barrier Plastik juga sering digunakan sebagai penghalang sementara yang bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Jenis pembatas jalan ini juga sangat cocok untuk situasi yang membutuhkan penanganan cepat saat proyek atau acara yang mempunyai sifat sementara.

Sebagai Anti-Glare Screens

Beberapa jenis Road Barrier Plastik dilengkapi dengan permukaan yang anti-glare yang berfungsi untuk mengurangi pantulasn cahaya, terutama saat malam hari atau dalam keadaan cahaya yang intens.

Sebagai Pedestrian Safety Barriers

Road Barrier plastik juga dapat diletakkan di sepanjang trotoar atau lintas jalan untuk melindungi pejalan kaki dari laju lalu lintas kendaraan.

Lightweight Construction

Keunggulan paling utama dari Road Barrier Plastik adalah beratnya yang sangat ringan jika dibandingkan dengan jenis pembatas jalan lainnya seperti Beton atau Baja.

Sehingga kemudahan dalam mengangkut atau memasang Road Barrier lebih cepat.

Sebagai Reflectiver Features

Beberapa Road Barrier dirancang dengan fitur reflektif yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas ketika malam hari atau dalam keadaan cahaya yang rendah.

Artikel terkait :  Jual Tempat Sampah Yang Kokoh Dan Kuat

4. Pembatas Jalan Fiber

Pembatas Jalan Fiber

Road Barrier Fiber adalah salah satu pembatas jalan yang futuristic, sehingga selain digunakan sebagai pembatas jalan tetapi juga bisa mempercantik jalan.

Berbeda dengan pembatas jalan Beton yang mempunyai desain monoton. Menariknya, pembatas jalan ini dilengkapi dengan lapisan reflector yang dapat berfungsi untuk memudahkan pengendara melihat terdapat pembatas jalan saat malam hari.

Rekomendasi Road Barrier Terbaik

Pembatas jalan plastik terbaik adalah Road Barrier yang kuat dan tahan lama. Anda dapat menggunakan Road Barrier berbahan HDPE 100% sehingga mempunyai daya tahan benturan & tidak mudah pecah.

Selain itu, pembatas jalan ini mempunyai lubang untuk pemberat yang bisa diisi oleh air atau pasir yang menjadikannya lebih kokoh. Tentu saja, jual road barrier plastik ya hanya di Tedmond groups dengan kualitas terbaik dan terpercaya.

Keunggulan lain Road Barrier ini adalah sebagai berikut:

  • Warna tahan lama dan tidak mudah pudar, dilengkapi pelindung anti Ultraviolet.
  • Berat ringan, sehingga mudah dipindahkan.
  • Pertama di Indonesia diproduksi dengan teknologi Blow Moulding.
  • Kokoh dan tahan benturan..
  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem.

Untuk informasi pemesanan bisa menghubungi Official kami berikut.

Penutup

Itulah pengertian Road Barrier, jenis dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. Anda dapat menerapkan Road Barrier sebagai pembatas jalan atau pengalihan jalur kendaraan ke lintasan yang lebih aman.