Fungsi Dan Keuntungan Punya Septic Tank Di Rumah

Fungsi Dan Keuntungan Punya Septic Tank Di Rumah – Salah satu ciri-ciri rumah yang bisa dikatakan ideal jika memiliki kamar mandi yang bersih dan dilengkapi dengan WC didalamnya. Limbah yang ada di rumah sebenarnya tidak hanya ada di kamar mandi saja, tetapi juga ada di dapur. Untuk dapat menampung limbah hasil dari kegiatan atau aktivitas yang ada di rumah, maka perlu adanya septic tank. Terbayang jika rumah tidak memiliki septic tank, pasti pembuangannya bisa sembarangan dan mengganggu lingkungan bukan? Maka dari itu, berikut ini akan dijelaskan fungsi dan keuntungan punya septic tank di rumah. Sehingga anda sekalian tidak perlu risau untuk menampung limbah hasil dari rumah di mana.

 

Fungsi Dan Keuntungan Punya Septic Tank Di Rumah – Fungsi Utama Pada Septic Tank

Septic tank yang ada di rumah sebenarnya memiliki fungsi penting untuk mengolah limbah rumah tangga, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Septic tank berfungsi sebagai sistem pengolahan limbah rumah tangga yang terdiri dari dua tahap utama, yaitu pengumpulan dan pengolahan limbah. Fungsi utama pada septic tank ini sebenarnya yaitu memisahkan zat padat dan cair yang terkandung dalam limbah serta menguraikan bahan organik yang terdapat di dalamnya. Limbah kotoran yang dihasilkan dari kamar mandi, dapur, atau tempat lainnya bisa dialirkan ke septic tank untuk diproses dan diolah melalui saluran pembuangan.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Klaten, Gratis Ongkir Berikut Informasinya

 

Fungsi Penting Memiliki Septic Tank Di Rumah

Bagi rumah anda, septic tank merupakan komponen penting dalam sistem pengolahan limbah. Tanpa adanya septic tank, maka limbah yang dihasilkan bisa terbuang secara sembarangan. Oleh karena itu, berikut ini pentingnya bagi anda untuk memiliki septic tank sendiri di rumah yaitu :

Pengumpulan Limbah

Salah satu fungsi utama septic tank adalah mengumpulkan limbah rumah tangga. Limbah ini meliputi air kotor, tinja manusia, sisa makanan, dan limbah organik lainnya. Septic tank berperan sebagai wadah yang menampung limbah tersebut sebelum diolah lebih lanjut.

Penguraian Limbah

Di dalam septic tank, terdapat bakteri-bakteri yang bekerja untuk menguraikan bahan organik dalam limbah. Proses penguraian ini mengubah limbah organik menjadi senyawa yang lebih sederhana, seperti air, gas, dan lumpur. Teknologi yang ada di dalam septic tank memainkan peran penting dalam penguraian limbah tersebut.

Pemisahan Zat Padat dan Cair

Septic tank berfungsi memisahkan zat padat dan cair yang terkandung dalam limbah. Bagian padat dan berat dari limbah, seperti tinja manusia dan sisa makanan, akan mengendap di bagian bawah septic tank dan membentuk lapisan lumpur. Sementara itu, bagian cair dari limbah akan mengalir ke bagian atas septic tank dan dialirkan keluar melalui pipa outlet.

Penyaringan Cairan

Septic tank yang ada di rumah berfungsi sebagai penyaring cairan. Lumpur atau endapan yang tersisa akan tetap berada di dalam septic tank, sementara air yang telah mengalami pengolahan akan mengalir keluar melalui pipa untuk menuju ke tahap selanjutnya dalam sistem pengolahan limbah untuk di buang.

Keuntungan Memiliki Septic Tank Di Rumah

Jika rumah anda dipasang septic tank, ada berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan. Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini keuntungan memiliki septic tank untuk rumah anda, yaitu :

Pengolahan Limbah Mandiri

Septic tank memungkinkan pengolahan limbah rumah tangga secara mandiri di lokasi rumah anda. Dengan memiliki septic tank, anda tidak perlu tergantung pada sistem pembuangan air umum yang mungkin tidak tersedia di daerah anda. Limbah rumah tangga seperti air kamar mandi, toilet, dan dapur dikumpulkan dan diolah di septic tank, jadi bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Artikel terkait :  Bagaimana Menentukan Harga Tukang Galian Septic Tank, Ini Informasinya

Penghematan Biaya

Memiliki septic tank dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk terhubung ke sistem pembuangan air umum. anda tidak perlu membayar biaya bulanan atau tahunan untuk layanan pembuangan air yang disediakan oleh pemerintah atau penyedia layanan. Selain itu, septic tank bisa dipakai dalam jangka panjang dan perawatannya juga minimal, jadi bisa menghemat biaya.

Perlindungan Terhadap Banjir dan Kebanjiran

Septic tank membantu mengurangi risiko banjir dan kebanjiran di lingkungan sekitar rumah. Dengan memiliki septic tank yang berfungsi dengan baik, air limbah dapat diolah secara efisien sehingga tidak membebani sistem pembuangan air umum atau menyebabkan banjir di sekitar rumah. Terutama untuk tempat-tempat yang sering banjir dan sistem pembuangan yang kurang memadai.

Mempertahankan Kualitas Air Tanah

Septic tank yang berfungsi dengan baik membantu melindungi kualitas air tanah di sekitar rumah. Dalam proses pengolahan limbah, septic tank menguraikan bahan organik dan menghilangkan mikroorganisme penyebab penyakit sebelum mencapai air tanah. Hal ini penting untuk menjaga kualitas air tanah yang dapat digunakan sebagai sumber air minum atau air tanaman.

Lingkungan yang Lebih Bersih

Dengan menggunakan septic tank, limbah rumah tangga bisa diolah secara efisien dan tidak langsung mencemari lingkungan. Proses penguraian limbah di dalam septic tank mengurangi kandungan bahan berbahaya dan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pada limbah sebelum dibuang ke lingkungan. Hal ini bisa membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Pemanfaatan Lumpur sebagai Pupuk

Lumpur yang dihasilkan dari proses pengolahan limbah dalam septic tank dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Lumpur ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tanaman. Dengan memanfaatkannya sebagai pupuk, Anda dapat mengurangi limbah yang dihasilkan dan memberikan manfaat bagi pertanian atau kebun di sekitar rumah Anda.

Artikel terkait :  Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!

Septic Tank Yang Cocok Untuk Rumah Anda

Daripada anda bingung dan risau septic tank yang cocok digunakan di rumah anda, lebih baik anda gunakan septic tank instan dari GRAND. Septic tank GRAND merupakan septic tank bio tank yang berteknologi tinggi dalam mengolah limbah rumah anda. Limbah tidak hanya tersimpan saja, tapi juga diolah dengan baik. Septic tank instan dari GRAND ini tahan terhadap tekanan dan pergeseran tanah. Jadi, karena desain dan bahan baku yang kuat dari septic tank GRAND ini yang menjadikannya cocok untuk pengolahan limbah di rumah anda. Selain itu, pada septic tank GRAND juga sudah terdapat garansi selama 10 tahun.

Septic Tank Instan Berteknologi Tinggi

Septic tank instan dari GRAND merupakan septic tank yang berteknologi tinggi. Septic tank GRAND ini memiliki teknologi filtrasi dengan sistem Multi Stage. Teknologi penyaringan ini mengolah dan menyaring limbah berkali-kali sehingga hanya menyisakan endapan lumpur yang lebih sedikit. Pada septic tank instan GRAND juga terdapat teknologi Dual Faced Bioball. Teknologi Dual Faced Bioball ini merupakan pelopor teknologi yang digunakan pada septic tank. Dual Faced Bioball pada septic tank GRAND ini sudah memiliki paten, sehingga bisa meminimalisir kebuntuan dan kotoran tidak mudah menempel pada septic tank.

Penutup

Untuk urusan pengolahan limbah di rumah, serahkan saja pada septic tank GRAND ini. Septic tank instan GRAND mempunyai berbagai keunggulan yang bisa anda gunakan sebagai pengolahan limbah rumah anda. Septic tank GRAND juga awet untuk anda gunakan dalam jangka panjang karena terbuat dari bahan HDPE yang berkualitas. Jadi, sekian dulu penjelasan mengenai fungsi dan keuntungan jika anda punya septic tank di rumah. Pastikan anda gunakan septic tank GRAND yang tepat untuk rumah anda. Sampai jumpa pada ulasan menarik selanjutnya, semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda.