Cara Mengetahui Tandon Air Penuh Agar Tidak Tumpah

Cara Mengetahui Tandon Air Penuh Agar Tidak Tumpah

Cara Mengetahui Tandon Air Penuh – Tandon air merupakan wadah penyimpanan air bersih yang digunakan sebagai cadangan pasokan air untuk keperluan rumah tangga maupun industri. 

Tandon air sendiri memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan air harian Anda. Jumlah air yang tersimpan di dalamnya sebaiknya diatur untuk mencegah pemborosan air.

Lalu, bagaimana cara mengetahui tandon air penuh agar tidak tumpah? Simak pembahasan berikut ini agar Anda dapat menghemat air dan biaya dalam jangka panjang.

Cara Mengetahui Tandon Air Penuh

Cara Mengetahui Tandon Air Penuh

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui tandon air penuh. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemborosan air, hemat listrik dan juga biaya. Namun, cara mengetahui tandon air penuh juga tergantung pada tandon yang digunakan.

Lihat Indikator Penuh

Beberapa tandon air biasanya dilengkapi indikator penuh berupa bola pelampung, indikator visual atau sensor elektronik. Anda dapat memeriksa apakah ada tanda atau indikator yang menunjukkan bahwa tandon air sudah penuh.

Periksa Kapasitas Tandon

Anda harus mengetahui berapa kapasitas tandon air yang digunakan untuk memantau penggunaan air harian dan mengestimasi berapa lama tandon bisa penuh.

Artikel terkait :  7 Rekomendasi Tandon Air 3000 Liter, Bahan Plastik dan Stainless

Lakukan Pengukuran Manual

Jika tandon air tidak dilengkapi dengan indikator, Anda dapat melakukan pengukuran secara manual. Gunakan alat pengukur atau tongkat panjang untuk mencapai bagian bawah tandon dan melihat berapa tinggi air didalamnya. Kemudian, yang terakhir bisa dibandingkan dengan kapasitas maksimal tandon air.

Catat Penggunaan Air

Anda bisa membuat catatan tentang berapa banyak air yang digunakan setiap hari. Sehingga, Anda dapat memperkirakan kapan tandon air akan mencapai kapasitas maksimalnya.

Pantau Perubahan Tekanan Air

Beberapa rumah atau bangunan biasanya dilengkapi dengan sistem air yang bertekanan. Perubahan tekanan air dapat menjadi indikator bahwa tandon telah penuh.

Periksa Pembuangan Air Berlebih

Jika tandon dilengkapi saluran pembuangan air berlebih, maka air yang keluar dari saluran ini menunjukkan bahwa tandon kemungkinan sudah terisi penuh.

Perhatikan Pembuangan Air Kotor

Jika air yang keluar dari keran terlihat lebih kotor dari biasanya. hal ini bisa menjadi tanda bahwa tandon sudah hampir penuh.

Pentingnya Pelampung Otomatis pada Tandon Air

Pentingnya Pelampung Otomatis pada Tandon Air

Dalam pengelolaan dan pemeliharaan sistem penyimpanan air, maka sebaiknya Anda menggunakan tandon air yang dilengkapi dengan pelampung otomatis. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan jika tandon air dilengkapi dengan pelampung otomatis.

Mencegah Tandon Air Penuh

Pelampung otomatis bekerja sebagai sensor yang mendeteksi tingkat air dalam tandon. Ketika tandon hampir penuh, pelampung akan naik dan memutus pasokan air ke dalam tandon. Hal ini akan mencegah tandon dari kelebihan air yang dapat menyebabkan kerusakan pada tandon atau sistem penyediaan air.

Melindungi Pompa Air

Jika Anda memiliki pompa air yang memasok air ke tandon, pelampung otomatis membantu melindungi pompa dengan mencegahnya bekerja terus-menerus ketika tandon sudah penuh. Jadi, pompa air Anda akan lebih awet dan mengurangi penggunaan energi berlebih.

Artikel terkait :  Mengapa Air Minum Perlu Dimasak Terlebih Dahulu? Ini Jawabannya

Menghemat Air

Dengan menghentikan aliran air ke dalam tandon ketika sudah penuh, pelampung otomatis membantu menghemat air. Hal ini menjadi sangat penting terutama saat mengalami krisis air atau pasokan air terbatas.

Membantu Menjaga Sistem Tandon

Kelebihan air dalam tandon dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam sistem. Pelampung otomatis membantu menjaga sistem tandon seperti pipa, katup atau peralatan lainnya yang terdapat pada tandon.

Kemudahan Penggunaan

Pelampung otomatis memberikan kemudahan penggunaan karena Anda tidak perlu secara manual memantau tingkat air dalam tandon. Sistem ini bekerja secara otomatis, memberikan kenyamanan dan lebih menghemat waktu serta biaya.

Pemeliharaan Rutin yang Efisien

Pelampung otomatis membantu menjaga umur pakai sistem penyimpanan air. Pemeliharaan rutin menjadi lebih efisien karena tidak terhindar dari masalah yang timbul akibat kelebihan air.

Perlindungan Terhadap Kerusakan Struktural

Kelebihan air dalam tandon dapat menyebabkan tekanan yang tidak diinginkan pada struktur fisik tandon. Pelampung otomatis membantu melindungi tandon dari kerusakan struktural yang dapat disebabkan oleh tekanan berlebih.

Tandon Air dengan Pelampung Otomatis

Tandon Air dengan Pelampung Otomatis

Sekarang sudah waktunya Anda beralih ke tandon air yang dilengkapi pelampung otomatis untuk menghemat penggunaan air harian. Terdapat beragam jenis tandon air baik yang berbahan plastik HDPE maupun stainless stell 304 BA.

Pelampung otomatis yang digunakan dalam tandon air ini adalah pelampung tandon Grand Luxe Switch dengan segala kelebihan seperti otomatis menutup ketika air penuh, kokoh dan tahan benturanm filtrasi pencegah kotoran masuk, aliran air lebih deras, anti korosi dan mudah dipasang.

Tandon Air Bahan Plastik

Plastik HDPE yang digunakan sebagai bahan pembuatan tandon air dan dilengkapi pelampung otomatis terdapat beberapa jenis, diantaranya adalah tandon air Grand, tandon air Grand Luxe, tandon air tanam Grand dan tandon air Auto Drain.

  1. Tandon air Grand memiliki ukuran dengan kapasitas mulai dari 300 liter hingga 12000 liter
  2. Tandon air Grand Luxe memiliki ukuran dengan kapasitas mulai dari 300 liter hingga 2200 liter
  3. Tandon air tanam Grand memiliki ukuran dengan kapasitas mulai dari 600 liter hingga 12000 liter
  4. Tandon air Auto Drain memiliki ukuran dengan kapasitas 600 liter dan 1200 liter
Artikel terkait :  Korban Gempa Cianjur Kesulitan Air Bersih Grand Berikan Sumbangan 15 Tangki Air Grand

Tandon Air Bahan Stainless Stell 304 BA

Tandon air bahan stainless stell 304 BA yang dilengkapi pelampung otomatis terdapat dua jenis bentuk, yaitu vertikal dan horizontal. Untuk bentuk vertikal memiliki ukuran dengan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan tandon air stainless bentuk horizontal.

  1. Tandon air stainless stell vertikal Grand memiliki ukuran dengan kapasitas 550 liter hingga 16000 liter
  2. Tandon air stainless stell horizontal Grand memiliki ukuran dengan kapasitas 1100 liter hingga 30000 liter

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan Anda bisa langsung klik link dibawah ini.

Whatsapp

Admin Pusat: 08113518581

Admin Proyek: 082218181581

Whatsapp:

Admin 1: 081398888581

Admin 2: 081398889581

Marketplace

Shopee

Tokopedia

Penutup

Demikianlah tadi pembahasan tentang cara mengetahui tandon air penuh, jangan lupa untuk order tandon air dari Tedmondgroups yang dilengkapi pelampung otomatis. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.