Berapa Saja Ukuran Pipa Air? Berikut Penjelasannya!

Ukuran Pipa Air –  Pipa menjadi bagian yang penting pada suatu bangunan atau gedung untuk mengalirkan air hingga ke berbagai penjuru. Tanpa adanya pipa, maka aliran air dari berbagai sumber bisa tersendat. Maka dari itu, seringkali anda dapati dan temukan pipa air yang terpasang pada beberapa sudut bangunan.

Untuk memasang pipa air pada rumah atau bangunan, anda perlu tahu berapa ukuran dari pipa tersebut agar secara tepat bisa mengalirkan air. Untuk tahu berapa saja ukurannya, simak terus penjelasan berikut ini.

Berapa Ukuran Pipa Air Pada Umumnya?

Ukuran pipa yang dapat anda temukan di pasaran ada berbagai macam. Pada umumnya ukuran pipa yang dipakai untuk mengalirkan air bersih biasanya berukuran 1/2 hingga 4 inci. Lain halnya pada pipa untuk air yang kotor, ukurannya pada umumnya sekitar 2 sampai 4 inci. Namun, ukuran pipa bisa berbeda tergantung dengan merek dan yang memproduksi.

 

Berapa Saja Ukuran Pipa Air? Berikut Penjelasannya!

Untuk Menentukan Ukuran Pipa Air

Ukuran pada pipa sendiri mengacu pada dimensi diameter pada pipa yang digunakan untuk mengalirkan air pada sistem perpipaan. Anda perlu mengetahui ukuran pipa untuk memahami kapasitas air mengalir yang mampu pipa tersebut tampung. Sehingga pemakaian dari pipa ini bisa tepat sesuai dengan sasaran.

Diameter Dalam (Inside Diameter)

Inside Diameter atau Diameter Dalam merupakan ukuran yang paling umum dipakai untuk menentukan ukuran pada pipa air. Pengukuran diameter ini mengacu pada ukuran diameter lubang pada pipa yang dipakai untuk mengalirkan air. Diameter dalam pada umumnya dikuru dalam inci atau milimeter, tergantung pada standar yang dipakai.

Diameter Luar (Outside Diameter)

Sedangkan diameter luar atau outside diameter yaitu ukuran diameter pipa dari luar. Diameter luar merupakan total diameter pipa termasuk pada dinding pipa itu sendiri. Pada diameter luar pada umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan diameter dalam karena dinding pada pipa memiliki ketebalan.

Tekanan Pada Pipa Air

Selain ukuran, terdapat juga tekanan pada pipa air yang menentukan seberapa tahan pipa terhadap tekanan air. Pengukuran tekanan ini biasanya diberi kode dengan huruf “PN” (Pressure Number) atau “SDR” (Standard Dimension Ratio) yang diikuti dengan angka setelahnya. Semakin tinggi angka, maka semakin tinggi pula tekanan yang bisa ditangani oleh pipa tersebut.

Mengenal Berbagai Ukuran Pipa Air

Ukuran pada pipa dapat bermacam-macam bergantung pada jenis dan kebutuhannya untuk berbagai kondisi. Maka dari itu, berikut berbagai jenis diameter ukuran pada pipa yang umumnya digunakan yaitu:

Diameter Pipa 1/2 Inci (12,7 mm)

Pipa yang memiliki diameter satu ini pada umumnya digunakan untuk mengalirkan air bersih pada rumah tangga seperti shower, kran air, maupun untuk kran cuci tangan. Ukuran ini merupakan yang umumnya digunakan pada sistem perpipaan dalam suatu rumah.

Diameter Pipa 3/4 Inci (19,05 mm)

Pipa dengan diameter yang satu ini juga biasanya bisa dipakai dalam sistem air bersih pada rumah tangga dan seringkali digunakan dalam berbagai keperluan yang membutuhkan aliran air yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran pipa 1/2 inci.

Diameter Pipa 1 Inci (25,4 mm)

Pipa dengan ukuran 1 inci biasanya digunakan pada kebutuhan untuk mengalirkan air yang lebih besar seperti memasang pompa air atau untuk sistem pengairan yang berskala kecil.

Diameter Pipa 2 Inci (50,8 mm)

Pipa yang mempunyai ukuran 2 inci dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan termasuk untuk sistem pengairan pada pertanian, untuk pipa saluran pembuangan, serta beberapa sistem perpipaan untuk kebutuhan komersial.

Diameter Pipa 3 Inci (76,2 mm) Sampai 12 Inci (304,8 mm)

Pipa-pipa yang memiliki ukuran diameter seperti ini biasanya dipakai dalam sistem perpipaan kebutuhan komersial, untuk kebutuhan industri, serta digunakan pada proyek-proyek infrastruktur yang lebih besar contohnya seperti pemasangan air bersih kota dan pembangkit listrik.

Diameter Pipa Di Atas 12 Inci

Sedangkan pada pipa-pipa yang diameternya lebih besar, seperti 12 inci ini digunakan dalam proyek-proyek besar seperti untuk penyaluran air yang besar, digunakan untuk pipa pembuangan, maupun untuk pipa gas alam.

Pipa Yang Diproduksi Secara Khusus

Selain pipa-pipa yang memiliki ukuran-ukuran seperti sebelumnya, tersedia juga pipa yang mempunyai ukuran khusus. Namun hal ini tergantung pada produsen yang memproduksi pipa. Ketika akan memilih pipa, menjadi hal yang penting untuk mempertimbangkan aliran air yang diperlukan, tekanannya seberapa, serta persyaratan tertentu pada proyek tersebut.

Berbagai Jenis Pipa Air

Terdapat beragam jenis pipa air yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan yaitu seperti mengalirkan air bersih sampai untuk sistem perpipaan khusus untuk berbagai jenis industri. Berbagai jenis pipa air tersebut contohnya seperti Pipa PVC, Besi Cor, Tembaga, Pipa PPR, CPVP, Pipa ABS, Pipa Galvanis, Pipa Beton, Logam, hingga yang menggunakan bahan HDPE.

Penyimpanan Air Bersih Yang Aman Untuk Semua Bangunan

Setelah memilih ukuran pipa yang tepat untuk rumah atau bangunan, tidak ada salahnya memikirkan juga tempat penyimpanan air bersihnya. Disarankan menggunakan tangki air tanam dari GRAND. Tangki air GRAND merupakan tangki pertama yang sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI. Sehingga air bersih yang tersimpan bisa langsung dipakai dan dikonsumsi.
Berapa Saja Ukuran Pipa Air? Berikut Penjelasannya!

Tangki Air Tanam Yang Kuat

Tangki air tanam dari GRAND ini kuat tanpa pengecoran. Jadi, meskipun diletakkan di bawah tanah, tangki air tanam GRAND ini tetap kuat, tidak bocor, dan tidak retak. Tangki tanam dari GRAND juga terbuat dari bahan HDPE yang berkualitas, sehingga memiliki ketahanan yang baik terhadap pergerakan maupun pergeseran tanah.

Penutup

Nah, maka dari itu gunakan selalu tangki air yang berkualitas dari GRAND untuk kebutuhan penyimpanan air anda. Jadi, sekian penjelasan mengenai berbagai ukuran pipa berapa saja. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi anda sekalian sebagai pembaca.