Berapa Berat Isi Galon Berisi Air Penuh?

Berapa Berat Isi Galon Berisi Air Penuh? – Pernahkah anda memperhatikan ketika galon yang sudah terisi penuh dengan air, terkadang orang bisa jatuh karena tidak kuat mengangkat galon? Meski memahami berat galon hanyalah hal yang sepele, tetapi anda perlu tahu agar anda bisa memperkirakan kebutuhan air semua penghuni. Daripada anda penasaran berapa berat isi galon jika diisi air penuh, simak saja artikel berikut ini sampai habis.

Berapa Berat Isi Galon Berisi Air Penuh? – Asal Mula Istilah Galon

Istilah “galon” berasal dari bahasa Belanda, yaitu “gallon”. Gallon merupakan satuan volume yang digunakan di beberapa negara, termasuk Belanda pada masa kolonial di Indonesia. Kata tersebut kemudian diadaptasi dan digunakan dalam bahasa Indonesia. Di Indonesia, istilah “galon” umumnya merujuk pada wadah berukuran besar yang digunakan untuk menyimpan atau mengangkut air minum.

Galon Pada Jaman Dahulu

Pada abad ke-13, istilah “galon” digunakan dalam bahasa Inggris untuk menyebut wadah berukuran besar yang digunakan untuk mengukur anggur. Karena pada saat itu galon awalnya digunakan untuk mengukur kapasitas wadah yang digunakan untuk mengangkut minuman seperti anggur atau bir. Namun pada negara-negara lain, gallon merujuk pada satuan volume tertentu yang biasanya sekitar 3.785 liter di Amerika atau 4.546 liter di Inggris.

Berat Galon Yang Diisi Air Penuh

Berat galon yang diisi penuh dengan air bergantung pada kapasitas dan material dari galon itu sendiri. Galon air umumnya memiliki kapasitas sekitar 19 liter. Berat galon air yang diisi penuh dengan air bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, yaitu seperti :
  • Material Galon : Galon air dapat terbuat dari berbagai jenis material, seperti plastik atau polikarbonat. Material tersebut memiliki kerapatan yang berbeda, sehingga berat galon juga dapat bervariasi.
  • Ketebalan Dinding : Galon air dapat memiliki ketebalan dinding yang berbeda-beda. Ketebalan yang lebih besar dapat menambah berat galon secara keseluruhan.
  • Desain Galon: Desain galon, termasuk bentuk dan strukturnya, juga dapat mempengaruhi beratnya. Ada galon yang dirancang dengan fitur-fitur tambahan seperti pegangan atau tutup yang bisa mempengaruhi berat total galon.
Artikel terkait :  Mengapa Pengolahan Air Bersih Sangat Dibutuhkan Untuk Kehidupan Manusia?

 

Berat Galon Rata-Rata Yang Diisi Penuh

Secara umum, galon air yang diisi penuh dengan air memiliki berat sekitar 18-20 kilogram. Namun, angka tersebut bisa sedikit bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang sebelumnya sudah dijelaskan. Jika anda ingin tahu berat yang lebih tepatnya berapa, disarankan untuk merujuk pada informasi yang diberikan oleh produsen galon air yang anda gunakan. Biasanya produsen galon sudah menyantumkan informasi mengenai berat bersihnya pada label maupun pada galonnya sendiri.

Ukuran Dan Variasi Galon Air

Ukuran galon air dapat bervariasi tergantung pada merek, negara, atau penggunaan spesifiknya. Berikut ini beberapa variasi dan ukuran galon yang biasanya sering ditemukan dan digunakan, yaitu :

Galon Standar

Galon standar umumnya memiliki kapasitas sekitar 19 liter. Galon ini biasa digunakan untuk menyimpan dan mengangkut air minum dalam kemasan. Galon standar ini sering ditemui di rumah tangga, perkantoran, atau tempat-tempat lain yang membutuhkan pasokan air minum.

Galon Kecil

Selain galon standar, ada juga galon dengan ukuran lebih kecil. Galon kecil umumnya memiliki kapasitas sekitar 5 hingga 10 liter. Galon ini lebih portabel dan sering digunakan dalam situasi seperti berkemah, perjalanan, atau di tempat-tempat yang membutuhkan air dalam jumlah lebih sedikit.

Galon Besar

Di samping galon standar, ada juga galon dengan kapasitas lebih besar. Galon besar dapat memiliki kapasitas 20 liter atau lebih. Galon ini biasanya digunakan dalam industri atau tempat-tempat dengan kebutuhan air yang lebih besar, seperti restoran, pabrik, atau kantor dengan jumlah karyawan yang banyak.

Galon Khusus

Beberapa merek atau produsen mungkin menghadirkan variasi ukuran galon yang lebih khusus. Misalnya, ada galon dengan kapasitas 3 liter atau 15 liter yang dirancang untuk kebutuhan yang spesifik.

Memilih Berat Galon Yang Sesuai Kapasitas

Memilih berat galon air yang sesuai dengan kapasitas penghuni rumah atau tempat tinggal merupakan hal yang penting. Memilih galon air dengan kapasitas yang sesuai dengan jumlah penghuni akan memastikan bahwa kebutuhan air minum dapat terpenuhi dengan cukup. Dengan memilih galon air yang sesuai, anda dapat menjaga kelancaran aktivitas sehari-hari di rumah atau tempat tinggal yang membutuhkan air bersih.

Penyimpanan Air Bersih Secara Efektif

Galon dapat digunakan untuk menyimpan air bersih yang bisa sewaktu-waktu digunakan atau dikonsumsi secara langsung. Namun, anda perlu menyimpan air dalam jangka panjang. Fungsinya agar anda tidak hanya mengandalkan sumber-sumber air utama yang bisa saja terhambat jika ada pemadaman atau pasokan dari sumber air yang tiba-tiba saja habis. Solusi yang tepat untuk bangunan, gedung, perkantoran, pusat perbelanjaan, maupun rumah yaitu dengan menggunakan tangki air.

Tangki Air Yang Tahan Suhu Tinggi

Perusahaan Tedmond Groups menghadirkan inovasi berupa tangki air yang memiliki berbagai keunggulan. Tangki air GRAND dari Tedmond Groups ini memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi. Sehingga meskipun suhu sedang panas maupun sedang dingin, air yang tersimpan dalam tangki air GRAND tetap terjaga dengan baik tidak berubah kualitasnya. Jadi, air yang ada pada tangki air GRAND ini dapat anda gunakan dan konsumsi untuk keperluan dan aktivitas anda sehari-hari.

Akhir Kata

Tangki air GRAND tersedia dalam berbagai kapasitas dan ukuran yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keperluan anda. Selain itu, karena tangki air GRAND ini terbuat dari bahan yang berkualitas menjadikan tangki air GRAND ini kuat, kokoh, dan tidak mudah bocor. Sekian dulu artikel mengenai berapa berat isi galon jika diisi dengan air secara penuh. Dengan begitu, anda bisa memperkirakan berat galon ketika akan diangkat atau dipindahkan. Sampai jumpa lagi pada ulasan berikutnya.