Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!

Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!

Arti Rambu Lalu Lintas – Sebagai pengguna jalan, pastinya anda akan sering menemukan berbagai rambu lalu lintas bukan? Apalagi jika anda merupakan pengendara yang sering menggunakan jalan bersama dengan pengendara lainnya. Tentu anda harus memahami berbagai rambu yang ada di jalan biasanya.

Sebenarnya apa saja arti rambu lalu lintas yang biasanya ada pada jalan raya? Nah, akan dibahas pada artikel berikut ini. Oleh karena itu, agar anda memahaminya, lebih baik cek penjelasannya berikut.

Kenapa Perlu Rambu Lalu Lintas Pada Jalan?

Kegunaan dari berbagai rambu lalu ini sangatlah penting. Hal ini sebagai suatu informasi bagi pengguna jalan agar dapat secara teratur dan menghindari celaka pada jalan raya.

Untuk Mengatur Lalu Lintas

Dengan adanya rambu-rambu ini dapat membantu mengatur arus lalu lintas dengan memberikan arahan pada pengemudi mengenai aturan-aturan dan tanda-tanda yang harus dipatuhi di jalan.

Memudahkan Untuk Pengarahan

Rambu-rambu pada jalan bisa membantu pengguna jalan untuk pengarahan dan mencapai tujuan dengan memberikan informasi tentang lajur mana yang perlu diambil, kota atau daerah mana yang akan ditempuh, serta berapa jarak yang perlu ditempuh pengguna jalan.

Untuk Keselamatan

Rambu-rambu bisa membantu untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan dengan memberikan petunjuk maupun peringatan kepada pengendara mengenai resiko atau bahaya yang ada di jalan. Alat lalu lintas ini bisa memberi tahu pengendara tentang kecepatan yang aman berapa kilometer, ada perpotongan jalan di depan, adanya tikungan tajam, penyeberangan untuk pejalan kaki, dan lainnya.

Artikel terkait :  Kekurangan Tandon Air Galvanis, Ini Detailnya

Agar Disiplin

Dengan adanya alat lalu lintas bisa membantu untuk meningkatkan sikap disiplin dan kepatuhan pengguna jalan dalam berkendara. Pengemudi bisa lebih cenderung mengikuti autran dan menghormati tanda-tanda lalu lintas di jalan. Sehingga tidak kena tilang atau pelanggaran.

Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesadaran

Perangkat ini berperan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna jalan mengenai aturan-aturan lalu lintas yang benar. Sehingga pengendara maupun pengguna jalan bisa berperilaku aman selama di jalan.

Efisiensi Dalam Berlalu Lintas

Perangkat dalam berlalu lintas ini bisa membantu mengoptimalkan para pemakai jalan dengan memberikan petunjuk dan arahan yang jelas. Hal ini dapat meminimalisir kebingungan dan menghindarkan kemacetan pada jalan.

Berbagai Arti Rambu Lalu Lintas

Ada berbagai arti pada perangkat lalu lintas yang wajib untuk anda pahami dan mengerti agar anda tidak kebingungan saat berada di jalan. Beberapa artinya yaitu:

 

Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!
Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!

Rambu Stop

Arti dari perangkat yang satu ini yaitu wajib berhenti sepenuhnya. Memberikan prioritas pada kendaraan dari arah lain yang punya hak utnuk mendahului.

Dilarang Parkir

Jika anda menemukan tanda ini, artinya anda tidak boleh parkir pada area yang sudah ditandai dengan rambu ini.

Belok Kanan

Tanda ini menunjukkan bahwa kendaraan hanya bisa melakukan belok kanan pada persimpangan atau jalan satu arah.

Belok Kiri

Sama halnya dengan tanda belok kanan, tanda ini menunjukkan jika kendaraan hanya bisa belok kiri ketika ada di suatu persimpangan.

Perintah Kecepatan Maksimum

Mungkin barangkali ketika anda berada di jalan bebas hambatan maupun pada jalan raya yang lengang, mendapati tanda dengan angka 40 atau 60. Tanda ini menandakan bahwa kecepatan maksimal hanya boleh sampai angka yang terpasang.

Peringatan Perpotongan

Rambu yang satu ini menandakan bahwa ada persimpangan atau perpotongan jalan di depan.

Peringatan Bahaya

Jika menemukan tanda ini, anda perlu berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan karena memperingatkan adanya bahaya di jalan seperti tikungan tajam, jalan yang menurun, maupun kondisi jalan yang sedang licin.

Zebra Cross

Perangkat lalu lintas ini dapat menunjukkan lokasi untuk menyeberang bagi pejalan kaki yang harus diperhatikan dan diahulukan oleh pengemudi.

Lampu Lalu Lintas

Mempunyai warna-warna yang berbeda seperti merah untuk berhenti sejenak, kuning untuk bersiap-siap maupun berhati-hati, sedangkan untuk warna hijau kendaraan bisa langsung melaju.

Dilarang Masuk

Rambu ini menandakan bahwa kendaraan tidak boleh masuk ke jalan ini. Jadi, pengendara perlu putar balik mencari jalan lain.

Simpang Empat

Jika anda menemukan tanda lalu lintas yang satu ini, maka artinya anda mendekati persimpangan jalan dengan 4 arah yang perlu kewaspadaan lebih.

Jarak Tempuh

Ketika anda sedang berada di luar kota, di jalan biasanya anda akan menemukan tanda yang menunjukkan jarak tempuh berapa kilometer lagi ke suatu lokasi maupun tujuan tertentu.

Cone

Perangkat lalu lintas selanjutnya yaitu yang berbentuk kerucut atau biasanya dengan mudah disebut cone. Alat satu ini warnanya mencolok terang berwarna merah ataupun oranye. Hal ini memudahkan bagi para pengendara untuk melihat jelas tanda ini agar kemudian dapat menentukan langkah yang tepat dalam mengambil keputusan.

Rekomendasi Rambu Kerucut Yang Bagus

Nah, sebagai salah satu pengguna jalan tentu perlu perangkat lalu lintas yang memadai dan terlihat jelas. Agar anda mudah mengenali dan melihat perangkat lalu lintas satu ini, rekomendasinya yaitu perlu menggunakan traffic cone Grand. Kerucut lalu lintas satu ini terbuat dari bahan soft PVC, yang menjadikannya lentur tetapi kuat untuk dipakai.
Traffic cone dari Grand ini juga tahan akan berbagai benturan. Sehingga ketika tertabrak, kerucut lalu lintas satu ini akan kembali ke bentuk semula.
Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!
Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!

Penutup

Di samping itu. warna yang ada pada traffic cone Grand ini oranye terang yang tahan lama dan tidak mudah pudar. Sehingga ketika diletakkan outdoor seperti jalan raya atau jalan bebas hambatan, warnanya tidak luntur meski terpapar hujan maupun panas. Untuk itu, pakai saja traffic cone dari Grand sebagai perangkat lalu lintas yang aman dan terlihat jelas!
Sekian penjelasan mengenai arti rambu lalu lintas yang perlu anda semua ketahui. Semoga bermanfaat dan memberi informasi baru bagi anda semua. Terima kasih sudah menyimak artikel ini hingga habis, nantikan penjelasan-penjelasan menarik selanjutnya!