Apa Itu Plastik Polypropylene? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa Itu Plastik Polypropylene? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa Itu Plastik Polypropylene – Ada berbagai macam dan jenis plastik yang bisa anda temukan dengan mudah baik di toko-toko besar maupun pada pedagang keliling. Bahan plastik ini sudah dikenal lama digunakan dalam berbagai peralatan dan perabotan baik untuk rumah tangga maupun untuk berbagai kegiatan lainnya.

Salah satu jenis plastik yaitu yang berjenis polypropylene. Nah, sebenarnya apa itu plastik polypropylene? Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya untuk tahu jenis plastik yang satu ini.

Apa Itu Plastik Polypropylene?

Plastik yang biasanya disingkat dengan PP merupakan jenis termoplastik yang terbuat dari monomer propilena. Plastik yang satu ini warnanya bening atau transparan. Plastik ini biasanya dapat anda temukan pada bagian belakang kemasan makanan atau minuman yang menunjukkan bahan dari pembuatan kemasan plastik tersebut.

Asal Mula Plastik Polypropylene

Plastik polypropylene (PP) ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1951 oleh dua ilmuwan Italia, Giulio Natta dan Karl Ziegler. Penemuan ini merupakan hasil dari penelitian mereka dalam bidang polimerisasi, yang memberi kemungkinan mereka untuk mengembangkan proses produksi plastik PP yang efisien.
Apa Itu Plastik Polypropylene? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Penghargaan Kimia Penemuan Plastik Polypropylene

Karena penemuan mereka inilah, mereka mendapatkan penghargaan Nobel di bidang Kimia pada tahun 1963. Natta dan Ziegler menemukan bahwa dengan menggunakan katalis tertentu, mereka bisa mengendalikan reaksi polimerisasi propilena untuk membentuk polimer PP dengan struktur yang tepat. Hasilnya yaitu plastik PP yang biasanya anda temukan pada berbagai barang.

Ciri-Ciri Dari Plastik Polypropylene

Plastik PP atau polypropylene ini memiliki beberapa ciri khas yang membuat bahan ini sangat berguna dalam berbagai pemakaian. Beberapa ciri plastik Polypropylene ini yaitu:

Artikel terkait :  Harga Tangki Air Stainless Steel Semua Varian, Cocok Untuk Apa Saja!

Tahan Pada Panas

Ciri pertana pada plastik PP yaitu mampu untuk menahan panas. Plastik yang satu ini memiliki ketahanan pada suhu tinggi, tidak mudah meleleh atau mengalami kerusakan. Karena itu, plastik PP ini sering dipakai untuk menjadi wadah atau peralatan yang tahan panas seperti wadah makanan untuk ditaruh pada microwave.

Tahan Pada Bahan Kimia

Plastik PP memiliki ketahanan pada zat-zat kimia seperti asam, alkali, maupun zat pelarut. Oleh karena itu, plastik PP biasanya digunakan dalam berbagai kebutuhan yang melibatkan dengan bahan kimia seperti peralatan-peralatan pada laboratorium.

Bahannya Ringan

Polypropylene merupakan bahan plastik yang ringan sehingga mudah untuk pengangkutan dan pemrosesannya. Plastik satu ini biasanya juga dipakai dalam berbagai produk untuk konsumsi seperti kemasan dan wadah.

Elastis Dan Fleksibel

Bahan plastik PP ini elastis dan fleksibel sehingga memungkinkan untuk membentuk dan mencetaknya ke dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan. Karena fleksibel inilah biasanya digunakan pada produk tali rafia dan karung.

Memiliki Kekuatan

Bahannya memang ringan tapi juga memiliki kekuatan yang cukup baik. Bahan plastik PP ini mempunyai ketahanan pada tekanan, sehingga pada umumnya digunakan dalam berbagai peralatan.

Tahan Terhadap Aus

Polypropylene merupakan jenis plastik yang memiliki ketahanan terhadap aus. Sehingga banyak yang menggunakan plastik ini pada produk-produk yang rentan mengalami gesekan secara terus menerus.

Warnanya Yang Transparan

Warna pada plastik PP ini transparan. Hal ini menjadikan plastik PP berguna dalam berbagai keperluan seperti kemasan produk makanan dan wadah penyimpanan yang perlu terlihat isinya.

Tidak Memiliki Bau Dan Rasa

PP merupakan plastik yang tidak memiliki bau maupun rasa. Hal ini menjadikan banyak ornag menggunakan plastik jenis satu ini untuk kemasan makanan maupun produk-produk yang dipakai untuk bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman.

Bisa Di Daur ulang

Bahan plastik PP juga dapat didaur ulang. Hal ini memungkinkan untuk dipakai kembali dalam berbagai keperluan guna mendukung upaya lingkungan yang berkelanjutan.

Amankah Menggunakan Plastik PP?

Bahan plastik Polypropylene ini merupakan bahan umum yang dapat digunakan pada berbagai peralatan. Namun, aman tidaknya bergantung pada penggunaan plastik yang satu ini. Plastik PP ini memang dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga, alat-alat medis, maupun untuk kemasan makanan.

Artikel terkait :  Bagaimana Rekomendasi Irigasi Kolam Renang Yang Standar? Berikut Informasinya

Muncul Senyawa Kecil Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Namun, perlu anda perhatikan jika plastik PP ini terkena suhu tinggi (semisal diletakkan dalam microwave), maka ada kemungkinan lepasnya senyawa kecil yang disebut dengan Bisfenol A (BPA). Senyawa kecil ini sudah menjadi perhatian kesehatan karena dapat mengganggu hormon jika sering mengonsumsi dan terpapar zat ini.

Penyumbang Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Maka dari itu beberapa produsen banyak yang beralih ke alternatif yang bebas dari BPA agar tidak membahayakan bagi kesehatan. Selain itu, plastik dengan bahan PP ini menjadi salah satu penyumbang sampah plastik di lingkungan. Maka dari itu, perlu untuk mendaur ulang sampah plastik PP dengan benar agar lingkungan dapat terjaga.

 

Apa Itu Plastik Polypropylene? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Wadah Penyimpanan Air Yang Aman Bebas BPA

Untuk menyimpan air yang bersih dan aman dan terhindar dari BPA maupun senyawa lain yang berbahaya, maka bisa menggunakan tangki air dari GRAND. Tangki air yang satu ini sudah memiliki sertifikat Halal dari MUI dan FDA. Sehingga air yang tersimpan bisa langsung dikonsumsi, terhindar dari segala macam zat yang bisa membahayakan kesehatan anda.

Tidak Berlendir Dan Berbau

Tangki air dari GRAND ini tidak berlendir dan tidak berbau. Menjadikan air yang tersimpan kualitasnya tidak berubah, tetap bersih, jernih, dan tidak memiliki rasa dan bau apapun. Tangki air dari GRAND satu ini juga mudah untuk dibersihkannya, sehingga anda tidak perlu alat-alat khusus atau tertentu untuk menguras tangki air yang satu ini.