Tips Memilih Plafon Untuk Rumah, Jangan Salah Pilih!

Tips Memilih Plafon Untuk Rumah – Bagian plafon pada rumah seringkali jarang terpikirkan bagi banyak orang. Pasalnya, plafon ini merupakan bagian batas yang letaknya antara dinding dan juga bagian atas pada bangunan. Namun, sebenarnya banyak orang yang masih sembarangan dalam memilih plafon untuk dipasang pada rumahnya.

Pada artikel yang satu ini kita bersama-sama membahas tentang tips memilih plafon untuk rumah. Supaya untuk kedepannya, anda bisa menggunakan tips berikut saat anda kebingungan untuk mencari plafon.

Kenapa Rumah Perlu Ada Plafonnya?

Tanpa disadari, sebenarnya rumah perlu dipasang plafon. Rumah yang memiliki plafon mempunyai beberapa fungsi penting pada interior rumah. Berikut ini beberapa alasan perlu ada plafon pada rumah anda, yaitu:

Penutup Struktur Atap

Plafon berfungsi sebagai penutup struktur atap rumah. Dengan adanya plafon, kita dapat menyembunyikan bagian atap yang mungkin terlihat kurang estetis pada rumah, seperti rangka atap, balok, atau instalasi pipa dan kabel di atas plafon.

Estetika dan Penampilan

Plafon memberikan tampilan yang lebih rapi dan estetis pada ruangan. Dengan berbagai pilihan desain dan bahan plafon, kita dapat menciptakan suasana interior yang sesuai dengan selera dan gaya dekorasi rumah.

Menutupi Instalasi dan Kabel

Plafon menyediakan ruang tersembunyi untuk mengalirkan kabel listrik, pipa air, dan instalasi lainnya. Dengan cara ini, instalasi dan kabel dapat dirapikan dan disamarkan sehingga tidak mengganggu tampilan ruangan.

Mengurangi Debu dan Kotoran

Plafon membantu mengurangi akumulasi debu dan kotoran di bagian atap yang sulit dijangkau. Dengan adanya plafon, kita dapat lebih mudah membersihkan dan menjaga kebersihan ruangan.

Menghindarkan Dari Serangga

Dengan memasang plafon rumah, antara dinding dan atap tidak mudah dihinggapi serangga ataupun laba-laba yang suka membentuk sarang di tempat tersebut. Menjadikan dinding dan atap mudah dibersihkan dan menghindarkan kabel maupun pipa dari serangga, rayap, dan laba-laba.

Tips Memilih Plafon Rumah

Memilih plafon rumah yang terbaik dapat menjadi keputusan penting karena plafon tidak hanya berfungsi sebagai penutup struktur atap, tetapi juga berdampak pada tampilan dan kenyamanan interior rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih plafon rumah yang terbaik:

Pertimbangkan Kebutuhan Fungsional

Tentukan kebutuhan fungsional dari plafon yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin plafon yang meredam suara, tahan air, atau memberikan pencahayaan yang baik? Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan dan karakteristik ruangan yang akan dipasangi plafon.

Pilih Bahan yang Sesuai

Pertimbangkan berbagai bahan plafon yang tersedia, seperti gypsum, PVC, kayu, atau bahan akustik. Pilihlah bahan yang sesuai dengan anggaran, kebutuhan estetika, dan kepraktisan dalam perawatan.

Sesuaikan Desain dengan Gaya Interior

Pastikan desain plafon sesuai dengan gaya interior rumah Anda. Pilihlah plafon yang dapat melengkapi dan meningkatkan tampilan ruangan secara keseluruhan.

Pertimbangkan Ketinggian Ruangan

Perhatikan ketinggian ruangan saat memilih jenis plafon. Untuk ruangan dengan langit-langit rendah, gunakan plafon yang tidak terlalu tebal agar ruangan tidak terasa lebih rendah.

Perhatikan Kualitas dan Kekuatan

Pastikan plafon memiliki kualitas yang baik dan cukup kuat untuk menahan beratnya sendiri serta perlengkapan lampu dan dekorasi yang mungkin Anda tambahkan di kemudian hari.

Tinjau Faktor Keamanan dan Kebersihan

Periksa apakah plafon mudah dibersihkan dan aman bagi kesehatan Anda. Hindari bahan yang dapat menimbulkan polusi udara atau bahaya kesehatan lainnya.

Konsultasikan dengan Ahli

Jika Anda merasa bingung dalam memilih plafon yang tepat, konsultasikan dengan ahli interior atau kontraktor yang berpengalaman untuk mendapatkan saran yang lebih tepat.

Perhatikan Anggaran

Tentukan anggaran yang sesuai untuk proyek plafon Anda. Ada berbagai pilihan plafon dengan berbagai harga, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Pertimbangkan Efek Pencahayaan

Plafon juga dapat mempengaruhi penyebaran cahaya di dalam ruangan. Jika Anda ingin menciptakan suasana tertentu, pertimbangkan jenis plafon yang dapat membantu mencapainya.

Evaluasi Garansi dan Purna Jual

Pastikan untuk memeriksa garansi yang diberikan oleh produsen atau pemasok plafon. Selain itu, juga perhatikan ketersediaan dan purna jual produk, jika suatu saat Anda membutuhkan perbaikan atau penggantian.

Atap Untuk Perlindungan Plafon Rumah

Selain memilih plafon, anda juga perlu memilih atap yang tepat untuk rumah. Karena jika plafon anda sudah tepat dan bagus namun tidak terlindungi dengan baik maka hanya akan menjadi hal yang percuma. Oleh karena itu, anda perlu atap yang dapat melindungi tidak hanya plafon tetapi juga rumah ada secara keseluruhan.

Material Atap Lentur Dan Kuat

Salah satu atap yang bisa digunakan untuk rumah anda yaitu atap GRAND Roof. Atap ini merupakan atap yang mempunyai material yang lentur, namun tetap kuat dan kokoh. Atap GRAND Roof ini tidak pecah meskipun diinjak dan terlindas oleh motor. Atap GRAND Roof yang satu ini dapat melindungi rumah dari paparan panas dari sinar matahari langsung dan hujan badai yang ekstrim.

Pemilihan Warna Pada Atap

Untuk rumah anda, atap GRAND Roof tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Anda dapat memilih warna merah dan hijau untuk memberikan proteksi agar rumah terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Namun jika anda ingin pencahayaan tetap masuk pada salah satu atau beberapa bagian ruangan anda, maka anda bisa memilih warna atap GRAND Roof yang transparan.

Akhir Kata

Atap GRAND Roof ini juga tersedia berbagai pilihan ukuran yang dapat anda pilih sesuai dengan rumah atau bangunan yang akan dipasang atap. Sekian dulu pembahasan tentang tips memilih plafon untuk rumah bagi anda sekalian yang ingin mengganti atau sedang mencari plafon untuk rumah anda. Terima kasih sudah menyimak pembahasan ini sampai habis, semoga bermanfaat.

Artikel terkait :  Jual Tempat Sampah Yang Kokoh Dan Kuat