Spesifikasi Talang Air PVC Untuk Rumah Dan Bangunan

Talang Air PVC – Talang air biasanya sering ditemukan pada rumah maupun bangunan. Alat yang satu ini berfungsi untuk menampung air hujan dan mengalirkannya ke tempat yang seharusnya. Sebenarnya keberadaan dari talang air ini diperlukan untuk bangunan maupun rumah anda agar sirkulasi air hujan dapat mengalir dengan baik.

Fungsi Talang Air Pada Bangunan

Meskipun keberadaan dari talang air tidak terlalu diperlukan bagi sebagian banyak orang, namun talang air ini memiliki fungsi pada bangunan maupun rumah secara umum. Fungsi dari adanya talang air pada bangunan yaitu:

Mengalirkan Air Hujan

Fungsi utama talang air adalah mengalirkan air hujan dari permukaan atap ke tempat yang aman, seperti bak penampung air, saluran pembuangan, atau resapan tanah. Tanpa talang air, air hujan akan langsung jatuh dari atap dan dapat menyebabkan genangan air di sekitar bangunan, yang dapat merusak struktur dan mempengaruhi fondasi bangunan.

Mencegah Kerusakan Bangunan

Talang air membantu mencegah kerusakan pada bangunan akibat air hujan yang tidak terkendali. Air yang mengalir bebas dari atap dapat merusak dinding, cat eksterior, dan mengakibatkan karat pada material bangunan seperti besi atau logam.

Pengumpul Air Hujan

Beberapa rumah atau bangunan menggunakan talang air untuk mengumpulkan air hujan. Air yang terkumpul dalam talang dapat disimpan dan digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menyiram tanaman, mencuci kendaraan, atau bahkan untuk kebutuhan air sehari-hari jika telah melalui proses penyaringan dan pengolahan.

Mengurangi Erosi Tanah

Dengan mengarahkan aliran air hujan melalui talang air ke tempat yang ditentukan, talang membantu mengurangi erosi tanah di sekitar rumah atau bangunan. Aliran air yang terkontrol mencegah tanah dari terkikis dan membawa lumpur atau kerikil yang dapat merusak halaman atau taman.

Menjaga Kebersihan Dinding Dan Jendela

Talang air membantu menjaga kebersihan dinding dan jendela dengan menghindari percikan air hujan yang dapat meninggalkan noda atau kotoran pada permukaan tersebut.

Mengurangi Potensi Masalah Kesehatan

Selain berfungsi dengan baik, talang juga membantu mengurangi potensi masalah kesehatan di dalam rumah, seperti kelembaban berlebih yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau berkembang biaknya nyamuk.

Talang Air PVC

Talang air PVC yaitu jenis talang air yang terbuat dari bahan polivinil klorida atau biasanya dikenal dengan singkatan PVC. Polivinil Klorida sendiri merupakan bahan plastik yang populer digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi dan rumah tangga karena sifatnya yang tahan terhadap air, kuat, ringan, dan mudah diolah.

Bahan Talang

Talang air terbuat dari bahan PVC yang merupakan jenis plastik yang umum digunakan. PVC adalah bahan yang tahan terhadap air, sehingga talang air yang terbuat dari PVC sangat cocok untuk penggunaan di luar ruangan, terutama dalam menghadapi air hujan dan kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Tahan Karat

Talang air PVC tidak akan berkarat seperti talang air yang terbuat dari logam, seperti besi atau aluminium. Ini membuatnya tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus untuk mencegah korosi.

Ringan Dan Mudah Dipasang

Talang ini memiliki bobot yang ringan, sehingga pemasangannya menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan alat khusus. Karena ringan, talang air PVC juga meminimalkan beban pada struktur bangunan dan mudah dipindahkan jika diperlukan.

Tidak Memerlukan Cat

Talang air PVC biasanya tersedia dalam berbagai warna, termasuk warna putih atau abu-abu yang umum digunakan. Karena sudah berwarna, talang air PVC tidak memerlukan cat tambahan seperti talang air logam, yang bisa menghemat waktu dan biaya pemasangan.

Tahan Lama

Talang air PVC memiliki masa pakai yang panjang, terutama jika dirawat dengan baik. Mereka tahan terhadap sinar UV dan tidak mudah pudar atau retak karena paparan sinar matahari.

Harga Terjangkau

Salah satu keunggulan utama talang air PVC adalah harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan talang air logam atau bahan lainnya. Hal ini membuat talang air PVC menjadi pilihan yang ekonomis untuk penggunaan di rumah atau bangunan.

Ukuran Talang Yang Biasanya Digunakan

Ukuran talang air PVC yang umumnya digunakan pada bangunan atau rumah bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran bangunan serta kebutuhan pengaliran air hujan.

Diameter 4 Inch (sekitar 100 mm)

Ukuran ini sering digunakan pada rumah-rumah dengan atap yang tidak terlalu besar atau luas. Talang air ini biasanya cukup untuk menampung air hujan dari atap rumah dan mengalirkannya ke bak penampung air atau saluran pembuangan.

Artikel terkait :  Paling Ampuh! Cara Menyetel Otomatis Pompa Air Sanyo

Diameter 5 Inch (sekitar 125 mm)

Ukuran ini lebih besar dari ukuran 4 inch dan cocok untuk rumah-rumah dengan atap yang lebih luas atau memiliki curah hujan yang tinggi. Talang air 5 inch memiliki kapasitas pengaliran yang lebih tinggi, sehingga dapat menangani volume air hujan yang lebih besar.

Diameter 6 Inch (sekitar 150 mm)

Ukuran 6 inch umumnya digunakan pada bangunan atau rumah dengan atap yang lebih besar dan curah hujan yang tinggi. Talang air ini mampu menampung dan mengalirkan air hujan dengan lebih efisien.

Diameter 7 Inch (sekitar 175 mm) atau lebih besar

Ukuran 7 inch atau lebih besar biasanya digunakan pada bangunan komersial, industri, atau rumah-rumah dengan atap yang sangat luas. Talang air ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan mampu menangani volume air hujan yang sangat tinggi.

Pemilihan Ukuran Talang Pada Bangunan

Pemilihan ukuran talang air PVC yang tepat harus didasarkan pada luas atap bangunan, curah hujan daerah, dan kebutuhan pengaliran air. Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ukuran yang sudah dijelaskan sebelumnya agar talang air dapat berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya genangan air yang berlebihan di sekitar bangunan.

Penampung Air Hujan Dari Talang

Untuk dapat menghemat air lebih baik, selain anda perlu memasang talang air pada rumah maupun bangunan, anda juga perlu memasang tempat untuk menampung air hujan dari talang. Gunakan penampung air yang memiliki beragam kapasitas dan ukuran seperti tandon ataupun toren air.

Toren Air Tahan Cuaca Dan Kuat

Toren air GRAND merupakan toren yang dapat digunakan anda gunakan dalam jangka panjang. Hal ini karena toren air GRAND terbuat dari bahan HDPE yang dikenal memiliki kekuatan yang baik pada suhu tinggi dan cuaca ekstrim. Sehingga toren air tidak mudah bocor, tidak mudah retak, dan tidak pudar meskipun anda letakkan di luar ruangan.

Toren Air Dengan Garansi

Toren air GRAND juga sudah memiliki garansi, sehingga jika terjadi kerusakan anda bisa menghubungi lewat layanan service center di nomor Whatsapp berikut ini 628113518581. Anda juga bisa konsultasikan toren air yang tepat untuk kebutuhan bangunan maupun rumah anda.

Penutup

Jadi, sampai disini dulu penjelasan mengenai spesifikasi talang air PVC untuk rumah dan bangunan anda. Pakai toren air dari GRAND yang memiliki berbagai kapasitas dan ukuran, serta menyediakan garansi untuk anda. Terima kasih sudah menyimak penjelasan ini hingga akhir. Sampai jumpa pada penjelasan menarik berikutnya.