Perhitungan Struktur Menara Air Untuk Kapasitas 500 – 2500 Liter, Cocok Untuk Rumah Tangga

Perhitungan Struktur Menara Air Untuk Kapasitas 500 – 2500 Liter, Cocok Untuk Rumah Tangga – Untuk anda sekalian yang sedang berada pada lahan terbatas namun masih ingin memasang tandon air, maka bisa menggunakan menara air ini. Menggunakan menara air dapat menghemat lahan dengan baik, sehingga penempatan tandon air bisa lebih praktis. Apalagi untuk rumah tangga yang berada di wilayah perkotaan atau yang lahannya tidak luas. Pemasangan struktur menara air juga perlu perhitungan yang tepat agar menara air kuat dan tidak mudah roboh. Agar anda sekalian mengetahui bagaimana perhitungan struktur menara air yang cocok untuk rumah tangga dengan kapasitas 500 hingga 2500 liter ini, anda dapat menyimak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Perhitungan Struktur Menara Air Untuk Kapasitas 500 – 2500 Liter, Cocok Untuk Rumah Tangga – Fungsinya Memiliki Menara Air

Menara air merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penyediaan air, terutama untuk kegiatan rumah tangga. Dengan memiliki menara air, maka kegiatan penggunaan air pada rumah tangga dapat tersedia secara lancar. Berikut ini beberapa fungsi memiliki menara air, yaitu :

Penyimpanan Air

Menara air berfungsi sebagai tangki penyimpanan air yang bisa menampung pasokan air dari berbagai sumber, seperti sumur, sumber air alami, atau sistem penyaliran lainnya. Dengan adanya menara air, rumah tangga dapat menyimpan cadangan air yang cukup untuk keperluan sehari-hari. Hal ini sangat berguna ketika pasokan air dari sumber-sumber utama sedang terputus sementara, misalnya karena pemadaman atau sedang dalam perbaikan.

Pemenuhan Kebutuhan Air

Menara air menyediakan pasokan air yang memadai untuk berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti mandi, mencuci, membersihkan rumah, dan kegiatan sehari-hari lainnya. Dengan memiliki menara air, anda dapat memastikan pasokan air pada rumah tangga yang cukup, terutama dalam situasi darurat atau saat pasokan air umum yang tidak stabil.

Distribusi Air Untuk Rumah Tangga

Menara air berperan untuk mendistribusikan air ke seluruh rumah tangga. Dengan memanfaatkan tekanan gravitasi yang dihasilkan oleh perbedaan ketinggian antara menara air dan saluran air di dalam rumah, air bisa mengalir dengan lancar dan stabil ke berbagai titik penggunaan di rumah tangga, seperti kamar mandi, dapur, dan area lainnya.

Tekanan Air Yang Memadai

Menara air juga berfungsi untuk memberikan tekanan air yang memadai. Ketinggian menara air dan berat air di dalamnya menciptakan tekanan alami yang memungkinkan penggunaan air dengan lancar dan nyaman di berbagai peralatan, seperti shower, keran, atau toilet. Hal ini sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan efektivitas penggunaan air di dalam rumah tangga.

Cadangan Air Darurat

Menara air juga berfungsi sebagai cadangan air darurat dalam situasi darurat, seperti kebakaran atau bencana alam. Dengan adanya cadangan air yang cukup di menara air, kegiatan rumah tangga bisa menghadapi situasi darurat dengan lebih siap dan dapat memenuhi kebutuhan air penting dalam situasi yang tidak terduga.

Cara Perhitungan Struktur Menara Air Kapasitas 500 – 2500 Liter

Untuk bisa membangun struktur menara air dengan baik, perlu perhitungan struktur menara air yang tepat agar dapat digunakan untuk menyimpan air dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu berikut ini langkah-langkah perhitungan struktur menara air untuk kapasitas 500 – 2500 liter yang tepat yaitu :
  • Tentukan Kebutuhan Air : Pertama-tama, tentukan kebutuhan air rumah tangga atau keperluan lain yang ingin anda penuhi. Misalnya, jika kebutuhan air harian per orang adalah 200 liter, dan anda ingin memiliki cadangan air untuk beberapa hari, seperti contohnya saja 3 hari, maka kebutuhan total akan menjadi 200 liter x 3 hari = 600 liter.
  • Hitung Tinggi Menara Air : Tentukan tinggi menara air yang dibutuhkan untuk mencapai tekanan yang diinginkan pada titik penggunaan air terendah. Tekanan air yang umumnya diinginkan adalah sekitar 1-2 bar atau 10-20 meter. Hitung perbedaan tinggi antara titik penggunaan air terendah dan lokasi menara air untuk mendapatkan tinggi menara yang diperlukan.
  • Tentukan Kapasitas Menara Air : Dalam hal ini, rentang kapasitas menara air adalah antara 500 hingga 2500 liter. Pilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan air dan memastikan bahwa menara air mampu menyimpan air yang cukup untuk pemakaian harian serta cadangan tambahan.
  • Pilih Material dan Konstruksi : Pilihlah material yang sesuai untuk konstruksi menara air, seperti beton bertulang, baja, atau bahan lain yang kuat dan tahan terhadap beban air. Pastikan struktur menara air dirancang dengan baik dan memenuhi standar keamanan serta peraturan yang berlaku. Untuk mengetahui cara membuat menara tower tangki air yang kokoh, bisa cek selengkapnya disini.
  • Desain dan Konstruksi : Buat desain detail menara air berdasarkan perhitungan dan spesifikasi yang telah ditentukan. Desain ini harus memperhitungkan kekuatan, stabilitas, dan keamanan menara air. Selanjutnya, lakukan konstruksi menara air sesuai dengan desain yang telah dibuat.
Artikel terkait :  Desain Tempat Tandon Air di Dalam dan di Luar Rumah, Dijamin Aesthetic

 

Tangki Air Bisa Dipasang Pada Menara Air

Setelah penjelasan sebelumnya, anda sekaiian bisa menggunakan tangki air untuk kegiatan penyimpanan air bagi rumah tangga. Tangki air bisa anda pasang pada menara air agar anda dapat dengan mudah mengakses kebutuhan air bersih. Tangki air yang bisa anda gunakan yaitu tangki air GRAND. Tangki air GRAND terdiri dari 3 lapisan pelindung yang dapat melindungi air yang tersimpan didalamnya dengan baik. Lapisan luar pada tangki air GRAND ini dirancang secara khusus dilengkapi dengan UV protection untuk melindungi tangki air dari cuaca ekstrim. Lapisan tengah berwarna gelap pada tangki air GRAND berwarna gelap untuk mencegah sinar matahari masuk.

 

Keunggulan Tangki Air Untuk Menara Air

Sedangkan untuk lapisan dalam tangki air GRAND menggunakan bahan HDPE yang berkualitas dan murni, sehingga dapat menyimpan air bersih dengan aman. Salah satu keunggulan tangki air GRAND ini yaitu mudah dibersihkan. Jadi untuk pemasangannya pada menara air, anda tidak perlu repot untuk membersihkan tangki air GRAND ini. Tangki air GRAND juga tersedia berbagai macam kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kapasitas pada menara air anda. Tangki air GRAND juga tahan terhadap suhu tinggi maupun cuaca ekstrim, sehingga tangki air GRAND ini tetap awet dan tahan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Penutup

Oleh karena itu, tangki air GRAND merupakan pilihan tepat untuk dipasang pada menara air agar kebutuhan air pada rumah tangga tetap terjaga dengan baik. Jika anda akan memasang menara air pada rumah anda, pastikan untuk mengikuti cara perhitungan yang tepat agar menara air dapat awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Sekian penjelasan mengenai perhitungan struktur menara air untuk kapasitas 500 – 2500 liter yang cocok untuk rumah tangga. Semoga anda sekalian mendapat manfaat dan wawasan baru mengenai bagaimana perhitungan menara air yang cocok untuk rumah tangga. Sampai jumpa pada ulasan-ulasan menarik selanjutnya.

Artikel terkait :  Tandon Penuh Tapi Air Tidak Mengalir, Apa Penyebabnya?