Penyebab Listrik Turun Saat Menyalakan Pompa Air (MCB)

Penyebab Listrik Turun Saat Menyalakan Pompa Air (MCB)

Listrik Turun Saat Menyalakan Pompa Air – Sebagian besar pompa air modern yang digunakan untuk mengalirkan air dari sumbernya biasanya membutuhkan listrik untuk dapat beroperasi.

Pompa air menggunakan motor listrik untuk menggerakkan mekanisme pompa dan mengalirkan air dari sumbernya ke tujuan yang diinginkan.

Namun, ada beberapa kasus ketika menyalakan pompa air listrik menjadi turun. Berikut ini adalah penjelasan tentang penyebab listrik turun saat menyalakan pompa air. Silahkan simak sampai selesai ya.

Pengertian MCB Listrik

Pengertian MCB Listrik

MCB (Miniature Circuit Breaker) atau dalam Bahasa Indonesia biasa dikenal dengan pemutus sirkuit miniature merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk membatasi arus listrik dan pengaman ketika ada beban lebih.

MCB ini bekerja secara otomatis memutus arus listrik ketika arus yang melewatinya melebihi arus nominal pada MCB tersebut.

Pada dasarnya, pemutusan aliran listrik ini dilakukan oleh MCB berasal dari dua prinsip yaitu prinsip panas dan prinsip eletromagnetik.

Prinsip panas digunakan MCB untuk memutuskan arus karena bebas berlebih. Sedangkan prinsip elektromagnetik digunakan saat MCB mendeteksi adanya hubung singkat arus (konslet).

Ada beberapa jenis-jenis MCB jika dilihat berdasarkan karakteristik memutus arusnya, antara lain:

  1. MCB akan memutus arus ketika arus beban lebih besar 3 sampai 5 kali dari arus nominal MCB
  2. MCB akan memutus arus ketika arus beban lebih besar 5 sampai 10 kali dari arus nominal MCB
  3. MCB akan memutus arus ketika arus beban lebih besar 8 sampai 12 kali dari arus nominal MCB
Artikel terkait :  Cara Memasang Tangki Air Yang Benar

Penyebab Listrik Turun Saat Menyalakan Pompa Air

Penyebab Listrik Turun Saat Menyalakan Pompa Air

Dilihat dari pengertian MCB listik diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari MCB adalah sebagai pemutus arus, sebagai pengaman hubungan arus pendek, sebagai sakelar utama dan sebagai pengaman beban berlebih.

Sementara pada umumnya, listrik turun saat menyalakan pompa air biasanya disebabkan oleh dua faktor yaitu kelebihan daya dan terdapat konslet pada kabel maupun dinamo.

Kelebihan Daya

Apabila Anda memiliki banyak peralatan listrik dirumah maka sebaiknya gunakan peralatan tersebut secara bergantian, terutama bagi Anda yang memiliki golongan daya listrik tingkat rendah. Hal ini bertujuan agar MCB listrik tidak turun. Di mana, mesin pompa air sendiri tergolong sebagai peralatan listrik yang berdaya besar.

Jadi, pastikanlah bahwa daya listrik yang terpakai pada seluruh peralatan listrik dirumah Anda termasuk penggunaan pompa air telah cukup dan tidak melebihi batas.

Untuk pompa air konvensional biasanya dapat menyedot daya sebesar 125 watt hingga 300 watt keatas. Kalau memang penyebabnya dari kelebihan daya listrik maka untuk memastikannya akan sangat mudah yakni dengan cara menghidupkan mesin pompa airnya saja saat semua peralatan listrik dirumah sedang dalam keadaan mati.

Konslet Pada Kabel Maupun Dinamo

Penyebab lain listrik turun saat menyalakan pompa air mungkin saja karena adanya konsleting listrik pada kabel maupun dinamo mesin pompa air.

Untuk itu, Anda bisa memeriksa pada bagian kabel pompa air sepanjang jalur saklar hingga pada unit pompa air tidak ada konsleting antara kabel netral dengan kabel fasa. Periksa juga apakah ada kabel yang sambungannya longgar atau terkelupas sehingga berpotensi menyebabkan konsleting listrik.

Jika kondisi kabel dinyatakan aman namun pompa air masih membuat MCB listrik turun atau padam, maka kemungkinan besar penyebab lainnya adalah adanya konslet pada bagian dinamo pompa air tersebut. Dinamo yang konslet ini bisa Anda perbaiki ke jasa servis dinamo terpercaya.

Artikel terkait :  Begini Cara Menentukan Rancangan Anggaran Pembangunan Septic Tank Di Hotel

Tangki Air Tanpa Pompa?

Tangki Air Tanpa Pompa

Penggunaan tangki air tanpa pompa air merupakan salah satu solusi terbaik saat ini. Tidak hanya untuk mencegah turunnya listrik saat menyalakan pompa air, tapi Anda juga bisa menghemat biaya listrik.

Anda dapat menggunakan tangki air tanpa pompa apabila tangki air ditempatkan pada ketinggian yang cukup dan tergantung pada tekanan alami oleh perbedaan ketinggian tersebut.

Namun, apabila Anda tetap ingin menggunakan pompa air maka sebaiknya tempatkan pompa air pada tingkat yang sama atau lebih tinggi dari tempat tangki air.

Tangki air dari Tedmondgroups memiliki beragam ukuran dengan berbagai macam keunggulan dibandingkan lainnya. Ada beberapa tangki air dari Tedmondgroups yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, antara lain:

  • Tangki air bahan plastik HDPE
  1. Tangki air Grand dengan kapasitas mulai dari 300 liter hingga 12000 liter
  2. Tangki air Grand Luxe dengan kapasitas mulai dari 300 liter hingga 2200 liter
  3. Tangki air tanam Grand dengan kapasitas mulai dari 600 liter hingga 12000 liter
  4. Tangki air Auto Drain dengan kapasitas 600 liter dan 1200 liter
  5. Tangki air Prime dengan kapasitas mulai dari 250 liter hingga 5000 liter
  6. Tangki air Titan dengan kapasitas mulai dari 350 liter hingga 1000 liter
  • Tangki air bahan stainless stell 304 BA
  1. Tangki air stainless stell vertikal Grand dengan kapasitas mulai dari 550 liter hingga 16000 liter
  2. Tangki air stainless stell horizontal Grand dengan kapasitas mulai dari 1100 liter hingga 30000 liter

Bagi Anda yang berminat untuk mempunyai tangki / toren / tandon air berkualitas dan anti lumut. Anda bisa menghubungi tim marketing kami pada icon WhatsApp berikut ini. Dapatkan gratis pengiriman jika Anda membeli atau memesan hari ini.Order Via WA

Artikel terkait :  Plastik HDPE Sebagai Bahan Tandon Air? Apa Fungsinya?

Penutup

Baiklah cukup sekian pembahasan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan informasi menarik lainnya.