Macam-Macam Tempat Sampah Untuk Lingkungan Lebih Bersih 

Macam-Macam Tempat Sampah Untuk Lingkungan Lebih Bersih 

Macam-Macam Tempat Sampah – Siapa yang tidak mendambakan lingkungan yang bersih dan terjaga dengan rapi? Pastinya semua ingin lingkungan terjaga agar tidak ada bencana akibat kelalaian manusia.

Banyak yang berpikiran bahwa tempat sampah hanyalah sekedar wadah untuk membuang yang sudah tidak diinginkan. Padahal wadah tampungan ini bisa bermanfaat untuk pengelolaan limbah yang efisien.

Ada macam-macam tempat sampah yang punya fungsi tersendiri. Nah, seperti pada ulasan kali ini yang akan dibahas selengkapnya. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan infonya. Simak terus sampai akhir!

Fungsi Tempat Sampah Untuk Memilah Jenis Sampah

Banyak yang meremehkan bahwa memilah jenis sampah merupakan praktik yang sangat penting untuk mengelola limbah secara lebih efektif.

Dengan memilah sampah dengan baik maka bisa memungkinkan untuk mengurangi sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir. Melalui cara ini maka Anda semua bisa tahu jenis sampah mana yang bisa didaur ulang atau diproses lagi jadi barang yang baru.

Fungsi Tempat Sampah Untuk Memilah Jenis Sampah

Bisa Menjadi Produk Daur Ulang Baru

Pemilahan sampah jadi berbagai jenis seperti plastik, kertas, logam, maupun organik bisa mempermudah untuk proses daur ulangnya. Beberapa jenis misalnya kertas, kardus, plastik, maupun logam bisa diolah kembali jadi produk yang baru.

Artikel terkait :  Bisakah Penempatan Tandon Air Di Dalam Rumah?

Jadi, bisa mengurangi keperluan untuk membeli bahan baku baru. Misalnya saja bekas botol plastik jika di daur ulang bisa jadi hiasan untuk ruangan atau menjadi tempat peralatan tulis.

Mengurangi Jumlah Sampah Yang Mencemari

Kalau sampah tidak terurai dengan benar maka bisa mencemari lingkungan. Dengan memilahnya maka kita semua bisa mengurangi jumlah sampah yang bisa saja mencemari udara, tanah, dan air. Jadi, mengurangi resiko pencemaran lingkungan.

Sehingga elemen-elemen ini bisa dimanfaatkan dengan semestinya sesuai dengan keperluan tanpa adanya pencemaran yang membahayakan.

Untuk Pembuatan Pupuk Agar Mengurangi Pencemaran

Pemilahan sampah organik dengan yang lainnya bisa menjadi pembuatan pupuk kompos yang berguna untuk pertumbuhan tanaman dengan baik.

Hal ini bisa meningkatkan kualitas tanah dan mengurangi limbah yang bisa mencemari air. Praktek pemilahan juga bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya untuk menjaga lingkungan dengan baik.

Macam-Macam Warna Pada Tempat Sampah

Wadah untuk penampungan sampah ini seringkali Anda semua mendapati perbedaan warna yang berbeda-beda. Sebenarnya hal ini untuk memudahkan orang lain untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya.

Beberapa contoh warna pada wadah ini yang umumnya digunakan sesuai dengan jenisnya yaitu:

Warna Hijau

Pada umumnya dipakai untuk menunjukkan sampah organik atau sisa makanan. Sampah jenis organik ini bisa diolah jadi pupuk kompos. Karena warnanya yang menunjukkan sifat alami dari jenis sampah ini, maka dari itu biasanya banyak yang menggunakan warna hijau.

Warna Biru

Biasanya warna ini diperuntukkan bagi sampah yang bisa untuk didaur ulang kembali. Contohnya saja seperti kertas, kardus, maupun barang-barang dari kertas.

Warna Kuning

Kalau untuk warna kuning ini bisanya digunakan untuk menaruh sampah yang bahannya dari plastik. Sampah jenis ini bisa untuk didaur ulang kembali atau diproses untuk mengurangi dampaknya pada lingkungan.

Artikel terkait :  Bakteri Pengurai Minyak, Adakah Dalam Septic Tank?
Tempat Sampah Warna Kuning
 

Warna Merah

Seringkali warna ini diperuntukkan untuk sampah yang jenisnya berbahaya atau beracun seperti baterai, obat-obatan, maupun limbah medis.

Jenis ini digunakan untuk peringatan bahwa sampah tersebut perlu untuk diolah secara khusus agar tidak membahayakan bagi manusia maupun lingkungan sekitar.

Warna Abu-Abu

Memang warna yang satu ini jarang ditemukan dalam pengelompokkan jenis sampah. Akan tetapi terkadang bisa digunakan untuk tempat sampah umum atau campuran yang tidak termasuk pada kategori khusus.

Warna yang satu ini menjadi wadah untuk sampah yang mungkin saja tidak termasuk dalam kategori warna-warna yang sebelumnya.

Perbedaan Warna Wadah Yang Bisa Bervariasi

Warna-warna tersebut bisa saja bervariasi bergantung pada aturan yang berlaku pada suatu tempat atau lembaga tertentu. Pemakaian warna yang berbeda bisa membantu untuk memudahkan siapa saja dalam membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Selain itu bisa mempermudah proses pengelolaan limbah dan memfasilitasi proses daur ulang sampah yang lebih efektif.

Perlu Wadah Untuk Sampah Yang Kuat

Untuk bisa menampung berbagai jenis sampah yang berbeda-beda, maka perlu wadah untuk sampah yang kuat. Karena letaknya yang di luar ruangan.

Karena pastinya akan berhadapan langsung dengan berbagai kondisi cuaca maupun suhu di luar ruangan yang ekstrim.

Spesifikasi Tempat Sampah Grand

Perusahaan Tedmond Groups memproduksi tempat sampah yang gantung untuk Anda gunakan di luar ruangan. Sehingga memudahkan Anda semua untuk membuang sampah lebih praktis.

Wadah ini untuk bodynya sendiri tidak mudah pecah. Jadi, sangat aman untuk pemyimpanan sementara sampah pada rumah maupun area umum lainnya.

Untuk kapasitasnya sendiri tersedia dari yang ukurannya 50 liter, 100 liter, hingga yang 200 liter. Sehingga Anda semua bisa dengan mudah memilihnya sesuai dengan keperluan.

Artikel terkait :  Tangki Air Anti Karat? Apakah Ada?
Macam-Macam Tempat Sampah Untuk Lingkungan Lebih Bersih 
Macam-Macam Tempat Sampah Untuk Lingkungan Lebih Bersih

Tersedia Berbagai Pilihan Warna

Untuk pilihan warnanya sendiri juga ada berbagai macam seperti kuning, oranye, biru muda, dan hijau tua. Hal ini bisa memudahkan untuk pemilahan mana yang bisa di daur ulang maupun yang jadi pupuk kompos.

Tempat sampah gantung dari Grand ini sudah dilengkapi dengan tutup sampah dan kaki besi yang tidak mudah berkarat. Jadi tidak menimbulkan bau dan kaki besinya kuat untuk menyangga wadah ini.

Jika ingin bertanya-tanya mengenai produk tempat sampah dari Grand ini, bisa langsung hubungi admin melalui nomor Whatsapp pada icon dibawah ini.

Order via WA

 

Penutup

Nah, demikian penjelasan mengenai berbagai macam tempat sampah dan pentingnya untuk pemilahan sebelum benar-benar dibuang ke area pembuangan akhir.

Untuk wadahnya, lebih baik pilih saja yang merknya Grand ini! Terima kasih sudah menyimak sampai akhir. Semoga bermanfaat selalu bagi Anda semua!