Kenapa Road Barrier Plastik Di Isi Air?

Kenapa Road Barrier Plastik Di Isi Air? – Jika anda sekalian sering memperhatikan jalan, tidak jarang anda menemukan pembatas jalan yang terpasang pada beberapa tempat di jalan. Road barrier, atau biasa dikenal dengan nama pembatas jalan adalah suatu perangkat atau alat yang digunakan untuk membatasi atau memisahkan jalur lalu lintas di jalan. Road barrier ini dapat melindungi pengguna jalan maupun pekerja pada proyek konstruksi tertentu sehingga aman dalam menggunakan jalan. Sering kita temui di jalan, road barrier plastik diisi dengan air. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa road barrier plastik diisi dengan air? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda perlu menyimak dengan baik artikel berikut ini.

 

Kenapa Road Barrier Plastik Di Isi Air? – Apa Itu Road Barrier?

Road barrier atau yang juga dikenal dengan nama pembatas jalan, adalah suatu perangkat atau struktur yang digunakan untuk membatasi atau memisahkan jalur lalu lintas di jalan. Fungsinya yaitu untuk melindungi pengguna jalan dari bahaya, mengarahkan aliran lalu lintas, dan memberikan tanda visual yang jelas tentang batas jalur yang harus diikuti. Road barrier pada umumnya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti plastik. Road barrier dirancang untuk menahan benturan kendaraan dan mencegah kendaraan keluar jalur yang tidak semestinya. Road barrier digunakan dalam berbagai situasi, termasuk di jalan raya, jalan tol, konstruksi jalan, atau proyek pembangunan lainnya.

Kenapa Road Barrier Plastik Diisi Dengan Air?

Selama ini yang sering ditemukan, road barrier plastik memakai air sebagai bahan pengisian didalamnya. Sebenarnya terdapat beberapa alasan penting kenapa road barrier plastik selalu diisi dengan air. Berikut ini penjabaran alasan mengenai road barrier yang diisi air agar anda tidak penasaran lagi :
  • Keamanan dan Kestabilan : Mengisi road barrier plastik dengan air memberikan keamanan dan stabilitas yang lebih baik. Air memiliki berat yang cukup untuk menjaga road barrier plastik tetap stabil di tempatnya. Ketika kendaraan menabrak road barrier plastik ini, air dalam barrier akan menyerap energi benturan sehingga mengurangi risiko cedera dan kerusakan yang lebih besar.
  • Kemudahan Pemasangan dan Fleksibel : Road barrier yang diisi dengan air memiliki fleksibilitas dalam pemasangannya. Barrier dapat dengan mudah dipindahkan ke lokasi yang berbeda atau disusun sesuai kebutuhan. Proses pengisian air juga lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan penggunaan bahan berat pada road barrier seperti beton.
  • Perlindungan Lalu Lintas : Road barrier plastik yang diisi dengan air dapat memberikan perlindungan yang baik bagi pengguna jalan. Road barrier plastik ini digunakan untuk mengarahkan lalu lintas, membatasi akses ke area yang terbatas, dan melindungi pekerja atau pengguna jalan dari potensi bahaya. Air dalam barrier juga berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah kendaraan masuk ke area terlarang.
  • Meminimalisir Kerusakan : Jika terjadi tabrakan atau benturan dengan road barrier yang diisi dengan air, risiko kerusakan pada kendaraan lebih rendah. Air dalam road barrier dapat menyerap sebagian besar energi benturan, sehingga mengurangi dampak fisik pada kendaraan dan mencegah kerusakan yang serius.
  • Ramah Terhadap Lingkungan : Penggunaan road barrier yang diisi dengan air lebih ramah lingkungan karena tidak memerlukan penggunaan bahan berat seperti beton yang sulit untuk dipindahkan atau didaur ulang. Air dapat dengan mudah dikosongkan dari barrier untuk dipindahkan atau penyimpanan yang lebih efisien.

 

Road Barrier Plastik Diisi Air Dapat Menahan Benturan

Road barrier plastik yang dirancang untuk menahan benturan keras adalah jenis road barrier plastik yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Karena fungsi utama dari road barrier ini yaitu untuk melindungi pengguna jalan dari benturan yang kuat dan mencegah kendaraan keluar dari jalur yang ditentukan. Maka dari itu, road barrier plastik perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut :
  1. Material yang Kuat : Road barrier yang mampu menahan benturan keras umumnya terbuat dari bahan-bahan yang kuat dan tahan lama seperti plastik yang diperkuat dengan beberapa bahan khusus. Material plastik ini dipilih untuk memberikan kekuatan struktural dan daya tahan yang tinggi terhadap tekanan dan benturan.
  2. Desain Struktural yang Kokoh : Road barrier dirancang dengan desain struktural yang kokoh dan tahan terhadap beban yang diberikan saat terjadi benturan. Desain ini melibatkan penggunaan elemen tambahan seperti balok penahan, pengunci, dan penguat yang memberikan kekuatan ekstra pada road barrier.
  3. Bentuk yang Tepat : Road barrier yang mampu menahan benturan keras memiliki bentuk dan yang telah dirancang secara khusus. Bentuknya biasanya melengkung atau membulat untuk meredam energi benturan dengan baik. Selain itu, beberapa road barrier dilengkapi dengan teknologi tertentu yang dapat mengurangi dampak benturan.

Road Barrier Yang Tahan Segala Cuaca

Road barrier perlu desain yang tepat tidak hanya yang tahan terhadap benturan saja, tetapi juga yang tahan terhadap segala cuaca. Hal ini karena road barrier perlu digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi yang ada di jalan maupun pada berbagai konstruksi. Road barrier plastik dari GRAND merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan. GRAND Road Barrier ini merupakan road barrier yang tahan terhadap segala cuaca ekstrim. Warna pada road barrier GRAND ini tidak mudah pudar meskipun terpapar oleh segala cuaca ekstrim maupun suhu tinggi di jalanan. Hal ini dikarenakan road barrier GRAND sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung sinar UV.

Road Barrier Plastik Yang Kokoh Dan Tahan Benturan

Road barrier plastik GRAND ini menggunakan teknologi Blow Molding. Teknologi ini menjadikan road barrier plastik GRAND ini tidak rusak meskipun kena tabrak. Road barrier GRAND ini merupakan road barrier yang terbuat dari bahan plastik berkualitas dengan jenis HDPE, sehingga road barrier GRAND ini tetap kokoh dan tahan terhadap benturan. Road barrier plastik dari GRAND ini terdapat lubang yang nantinya dapat diisi dengan pasir ataupun air. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa road barrier plastik perlu diisi air dapat meminimalisir benturan dan menjaga kestabilan dari road barrier itu sendiri.

Penutup

Maka dari itu, perlu road barrier yang kuat dan tahan terhadap benturan. Dengan menggunakan road barrier GRAND ini untuk jalan maupun kegiatan konstruksi, untuk pekerja proyek maupun pengguna jalan tetap aman dan lalu lintas menjadi lancar. Nah, itulah tadi penjelasan mengenai kenapa road barrier plastik perlu diisi dengan air. Hal ini agar road barrier tetap stabil dan dapat meredam benturan dengan baik. Semoga penjelasan artikel ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru untuk anda sekalian. Sampai jumpa pada ulasan-ulasan menarik selanjutnya.