Kenapa Menggunakan Septic Tank Plastik Lebih Aman?

Kenapa Menggunakan Septic Tank Plastik Lebih Aman? – Sebagai penghuni rumah atau bangunan tertentu, perlu septic tank yang aman sekaligus awet digunakan. Karena septic tank ini merupakan tempat proses limbah terakhir, maka dari itu tidak semua orang memperhatikan septic tank yang ada pada rumah atau bangunan mereka dengan benar. Memang terdapat berbagai macam jenis septic tank yang berada di pasaran. Anda perlu meneliti lebih mendalam jenis septic tank mana yang lebih aman untuk anda gunakan pada kebutuhan bangunan anda. Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan, kenapa menggunakan septic tank plastik lebih aman. Sehingga bisa menjadi referensi yang tepat untuk anda yang akan memasang septic tank.

Kenapa Menggunakan Septic Tank Plastik Lebih Aman? – Septic Tank Plastik Aman Bagi Lingkungan

Septic tank yang berbahan plastik merupakan pilihan yang ramah dan aman bagi lingkungan. Septic tank plastik terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti bahan plastik HDPE. Bahan plastik HDPE tersebut dapat didaur ulang dan lebih tahan terhadap karat. Jika septic tank berkarat, tentunya akan berdampak pada limbah yang tersimpan pada septic tank tersebut. Septic tank yang berkarat menimbulkan masalah kebocoran. Jika septic tank bocor, limbah yang ada pada septic tank akan keluar dan mencemari lingkungan yang ada di sekitarnya. Apalagi limbah yang langsung terbuang biasanya mengandung zat-zat beracun seperti gas methana dan hidrogen sulfida.

Artikel terkait :  Apa Perbedaan Septic Tank Plastik Vs Septic Tank Fiber Glass, Berikut Rinciannya

Septic Tank Plastik Mudah Perawatannya

Salah satu keunggulan dari septic tank plastik ini yaitu mudah perawatannya. Septic tank plastik memiliki kekuatan yang tinggi dan lebih elastis, sehingga septic tank plastik tidak mudah retak atau pecah. Hal ini menjadikan septic tank plastik lebih mudah dalam perawatannya karena tidak memerlukan perbaikan atau penggantian yang sering. Septic tank plastik juga tidak menimbulkan bau tidak sedap yang bisa mengganggu lingkungan yang ada disekitar. Maka dari itu, perawatan septic tank plastik ini lebih mudah karena tidak memerlukan penggunaan produk pembersih khusus untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Septic Tank Plastik Aman, Tidak Mengandung Logam Yang Berbahaya

Septic tank plastik lebih aman dibandingkan dengan septic tank dari bahan lainnya, karena septic tank plastik dari proses pembuatannya tidak mengandung logam berat yang berbahaya bagi manusia maupun lingkungan. Logam berat yang berbahaya seperti timbal, merkuri, raksa, maupun sejenisnya dapat mengalami karat. Sehingga para logam berat ini yang jika tercampur dengan air dapat mencemari tanah, air tanah, atau bahkan air permukaan. Pada septic tank plastik, karena tidak terdapat unsur logam berat, maka bisa dipastikan aman dan tidak akan terjadi pencemaran lingkungan atau dampak buruk pada kesehatan manusia.

Septic Tank Plastik Aman Terhadap Pergerakan Tanah

Septic tank plastik memiliki keunggulan tahan terhadap pergerakan tanah. Hal ini dikarenakan bahan plastik yang digunakan memiliki elastisitas yang cukup tinggi. Bahan plastik pada septic tank plastik ini biasanya terbuat dari plastik HDPE yang tidak mudah retak dan berkarat. Septic tank plastik tetap stabil dan tidak pecah akibat pergerakan tanah yang bisa merusak keseluruhan sistem pembuangan. Septic tank plastik yang aman biasanya memiliki desain dan ketebalan dinding yang baik untuk menahan pergerakan tanah. Sehingga meskipun diletakkan di bawah, septic tank plastik tetap aman tanpa takut dan khawatir retak.

Cara Memilih Septic Tank Plastik Yang Aman

Meskipun septic tank plastik lebih aman, namun anda tetap harus mempertimbangkan dengan benar septic tank plastik untuk kebutuhan rumah maupun bangunan anda. Maka, anda bisa mengikuti cara untuk memilih septic tank plastik yang aman bagi kebutuhan anda :

  • Ukuran septic tank : pertama, pastikan anda memilih ukuran septic tank yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Ukuran septic tank yang terlalu kecil bisa membuat kapasitas limbah menjadi penuh dengan cepat. Sedangkan jika ukuran septic tank terlalu besar akan menghabiskan biaya pemasangan yang lebih mahal.
  • Bahan plastik yang digunakan : Pastikan bahan plastik yang digunakan pada septic tank berkualitas tinggi dan tahan lama. Sebaiknya pilih septic tank yang terbuat dari bahan plastik HDPE (High-Density Polyethylene) yang memang bahan ini dikenal tahan terhadap karat.
  • Pilih produsen yang terpercaya : Pastikan anda membeli septic tank dari produsen yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Produsen yang terpercaya bisa memberikan garansi terhadap produk yang dijual dan memberikan pelayanan penjualan yang memadai.
Artikel terkait :  Apa Itu HPL Untuk Interior? Ini Detail Ulasannya

Septic Tank Plastik Modern Berteknologi Tinggi

Septic tank plastik modern umumnya dilengkapi dengan teknologi sistem filtrasi multi stage atau filtrasi bertahap. Teknologi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi pengolahan air limbah. Jadi, limbah yang dihasilkan lebih bersih dan aman untuk dibuang ke lingkungan. Sistem filtrasi multi stage ini mengolah limbah berkali-kali hingga hanya menyisakan endapan lumpur yang lebih sedikit. Sehingga septic tank plastik ini dapat digunakan untuk pemukiman atau bangunan yang membutuhkan sistem pengolahan air limbah yang lebih efektif. Salah satu septic tank plastik yang menggunakan teknologi sistem filtrasi multi stage ini yaitu septic tank plastik instan dari GRAND.

Septic Tank Plastik Yang Memiliki Berbagai Keunggulan

Septic tank plastik yang memiliki berbagai keunggulan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jawabannya adalah septic tank GRAND. Septic tank GRAND ini memiliki desain yang ramah lingkungan. Hal ini karena septic tank GRAND terbuat dari bahan HDPE yang murni tanpa ada tambahan atau campuran apapun. Sehingga septic tank plastik GRAND tidak mudah bocor dan tidak mudah retak. Selain itu, septic tank GRAND juga memiliki garansi pabrik 10 tahun. Jadi, septic tank GRAND ini berkualitas baik dan dapat awet penggunaannya dalam jangka panjang.

Penutup

Jadi, sekarang anda sudah mendapatkan jawaban kenapa septic tank plastik lebih aman jika dibandingkan dengan septic tank dari bahan lainnya. Pastikan anda menggunakan septic tank plastik yang aman dan tepat seperti septic tank GRAND ini. Karena septic tank plastik GRAND memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan septic tank lainnya. Septic tank GRAND juga sudah memiliki garansi, sehingga anda tidak perlu risau akan kualitas septic tank plastik GRAND ini. Sekian ulasan dari kami, sampai jumpa pada ulasan menarik lainnya dari kami.