Kenapa Air Rasanya Ada Manis – Manisnya? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kenapa Air Rasanya Ada Manis – Manisnya? Ini Penjelasan Ilmiahnya – Pernah dengar atau memperhatikan jargon “air yang ada manis-manisnya” di iklan televisi, radio, atau sosial media? Tentunya kita sebagai penonton bertanya-tanya, apakah air bisa mempunyai rasa manis. Jika Anda merasa kebingungan, maka kita bisa simak bersama penjelasan ilmiah dari air yang ada rasa manis-manisnya pada artikel yang satu ini.

Kenapa Air Rasanya Ada Manis – Manisnya? Ini Penjelasan Ilmiahnya – Air Yang Memiliki Rasa Manis

Air murni yang biasanya kita konsumsi pada umumnya tidak memiliki rasa apapun. Namun, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kenapa air murni rasanya ada manis-manisnya. Beberapa faktor tersebut seperti :

Kontaminasi

Air yang terkontaminasi oleh zat-zat seperti gula, serat, atau bahan kimia tertentu dapat memberikan rasa manis pada air. Kontaminasi ini bisa terjadi akibat pencemaran lingkungan, proses pengolahan air yang tidak memadai, atau masalah dalam sistem pipa atau penyimpanan air.

Mineral dan Logam

Beberapa mineral dan logam dalam air, seperti mangan, besi, atau tembaga, dapat memberikan rasa manis. Kadar mineral dan logam yang tinggi dalam air dapat mempengaruhi rasa air, terutama jika air berasal dari sumur atau sumber alami yang kaya mineral.

Perubahan pH

Perubahan pH air dapat mempengaruhi persepsi rasa. Air dengan pH yang lebih tinggi atau lebih rendah dari netral dapat memberikan kesan rasa yang berbeda, termasuk rasa manis. Namun, ini tidak berarti air itu benar-benar mengandung gula atau bahan manis lainnya.

Gangguan Sensorik

Terkadang, persepsi rasa seseorang dapat bervariasi, dan air yang seharusnya netral dapat dirasakan sebagai manis oleh individu tertentu. Ini dapat terjadi karena faktor genetik, perbedaan individu dalam tingkat sensitivitas rasa, atau faktor lain yang mempengaruhi persepsi sensorik.

Mengukur Kandungan Air Dengan TDS

Total Dissolved Solids (TDS) adalah parameter yang mengukur jumlah total senyawa yang terlarut dalam air. Kandungan TDS pada air dapat berasal dari mineral, garam, logam, dan senyawa lain yang terdapat dalam sumber air. Meskipun TDS dapat memberikan rasa yang khas pada air, termasuk sedikit rasa manis, perlu ditegaskan bahwa rasa manis yang disebabkan oleh TDS biasanya sangat lembut dan hampir tidak terasa.

Rasa Manis Pada Air yang Dirasakan Setiap Individu

Kandungan mineral dalam air yang menyebabkan TDS umumnya tidak cukup tinggi untuk memberikan rasa manis yang signifikan. Rasa manis yang mungkin dirasakan oleh beberapa orang ketika mengonsumsi air dengan TDS tinggi bisa disebabkan oleh persepsi individu atau faktor lain seperti tingkat keasaman (pH) air. Namun, rasa manis yang terkait dengan TDS tidak sebanding dengan rasa manis yang disebabkan oleh adanya gula tambahan dalam air.

Apakah TDS Dalam Air Membahayakan?

Adanya TDS dalam air umumnya tidak membahayakan kesehatan, selama konsentrasi TDS dalam batas yang wajar. Namun, air dengan TDS yang sangat tinggi, terutama jika disebabkan oleh kontaminan yang tidak diinginkan, dapat mengindikasikan kualitas air yang buruk dan dapat mempengaruhi rasa dan kebersihan air. Maka dari itu, penting untuk menjaga kualitas air yang akan dikonsumsi dengan memilih sumber air yang aman dan disaring terlebih dahulu

Mengukur Kadar Larutan Mineral Dengan TDS Meter

Untuk mengetahui kadar larutan zat mineral yang terlarut dalam air yang ada rasa manis-manisnya, Anda dapat menggunakan alat yang disebut dengan TDS meter (Total Dissolved Solids meter). Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan TDS meter, yaitu :
  • Siapkan TDS meter : Pastikan TDS meter dalam kondisi baik dan baterainya terisi penuh.
  • Persiapkan air yang akan diuji : Ambil sampel air yang ingin Anda uji. Pastikan air tersebut mewakili air yang ingin Anda ketahui kadar TDS-nya.
  • Kalibrasi TDS meter (jika diperlukan) : Beberapa TDS meter perlu dikalibrasi sebelum digunakan. Ikuti petunjuk dari TDS meter milik Anda tentang cara melakukan kalibrasi yang benar.
  • Rendam TDS meter ke dalam air : Masukkan probe atau ujung TDS meter ke dalam sampel air yang telah Anda siapkan. Pastikan probe sepenuhnya terendam dalam air tanpa menyentuh dinding wadah.
  • Baca hasil pengukuran : Tunggu beberapa detik hingga angka stabil muncul pada layar TDS meter. Angka yang muncul menunjukkan jumlah total zat mineral yang terlarut dalam air, diukur dalam satuan parts per million (ppm) atau miligram per liter (mg/L). Semakin tinggi angka TDS, semakin banyak zat mineral yang terlarut dalam air.
Artikel terkait :  Apa Itu Valve Pada Kran Air, Berikut Jenis - Jenisnya

Untuk Hasil Yang Lebih Akurat

Namun, Anda perlu memahami jika TDS meter hanya memberikan estimasi kasar tentang jumlah zat mineral dalam air. Untuk hasil yang lebih akurat dan komprehensif mengenai kualitas air, sebaiknya melakukan pengujian lebih lanjut di laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan yang sesuai. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang kualitas air yang Anda minum, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahlinya atau laboratorium tempat pengujian air yang dapat memberikan informasi lebih detail dan rekomendasi yang tepat.

Tangki Air Untuk Menghindari Air Dari Kontaminasi

Air yang ada rasa manis-manisnya bisa saja karena sudah terkontaminasi dengan berbagai hal yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat mengganggu kesehatan. Untuk menghindari air dari berbagai kontaminasi yang tidak diinginkan, maka gunakan saja tangki air dari GRAND. Tangki air GRAND menggunakan bahan HDPE murni dan berkualitas, yang menjadikan tangki air GRAND tidak mudah bocor maupun retak sekalipun ditemoatkan di luar ruangan yang memiliki suhu ekstrim.

Akhir Kata

Tangki air GRAND tidak berbau dan tidak berlendir, sehingga air yang tersimpan dalam tangki air GRAND tetap terjaga kualitasnya dan tidak berubah rasa maupun baunya. Selain itu, tangki air GRAND juga memiliki garansi yang memudahkan dan memberikan keamanan untuk Anda dalam menggunakan tangki air GRAND ini. Jadi, segera gunakan tangki air GRAND sebagai solusi penyimpanan air bersih Anda. Sekian penjelasan pada artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda sekalian. Sampai jumpa lagi.