Inilah Letak Septic Tank di Perumahan yang Ideal

Inilah Letak Septic Tank di Perumahan yang Ideal

Letak Septic Tank di perumahan harus diperhatikan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, baik masalah kesehatan atau pencemaran lingkungan.

Pasalnya, Septic Tank adalah tempat penampungan atau pembuangan air limbah manusia yang tidak boleh disalurkan ke saluran pembuangan umum.

Jika air limbah ini mencemari pembuangan umum tentu akan membuat kualitas air semakin buruk.

Lantas, bagaimana menentukan letak Septic Tank di perumahan yang ideal? Scroll down untuk mengetahui penjelasan lengkapnya!

Tips Letak Septic Tank di Perumahan

Tips Letak Septic Tank di Perumahan

Dalam pembuatan Septic Tank di perumahan, agar limbah dapat diolah dengan baik dan tidak mencemari lingkungan, tentu harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia seperti yang tertuang pada Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan) Nomor 3 Tahun 2014.

Dalam ilmu Feng Shui juga telah menjelaskan mengenai jarak Septic Tank dengan perumahan yang tepat. Hal ini berdasarkan ketersediaan lahan, memperhitungkan jarak, atau mempertimbangkan kemudahan saat melakukan penyedotan.

Berikut ini adalah tips peletakan Septic Tank di perumahan yang baik dan benar:

1. Jarak dengan Bangunan Rumah

Ukuran jarak dengan bangunan rumah untuk Septic Tank harus jauh, setidaknya 1,5 meter. Adapun jarak ini antara Septic Tank dengan Sumur Resapan, Upflow Filter atau penyaringan, serta arah aliran air yang jadi peresapannya.

Artikel terkait :  12 Rekomendasi Pipa Air Yang Tahan Panas, Kuat, Dan Tidak Mudah Meleyot

Tidak hanya itu, jarak dengan taman sanitasi juga harus 1,5 meter. Taman sanitasi sendiri merupakan pengolahan berlanjut dari Septic Tank yang memanfaatkan media tanaman air atau batu kerikil.

Apalagi jika Anda masih mempunyai sumur peninggalan orangtua atau nenek kita maka harus mengetahui dan bisa mengukur jarak septic tank dengan sumur agar tidak salah dalam hal pengukuran.

2. Jarak dengan Sumber Air Bersih

Jika Anda menggunakan sumber air bersih dari sumur, tentu jarak dengan Septic Tank juga harus dipertimbangkan. Adapun jarak dengan Septic Tank adalah kurang lebih 10 meter.

Tujuannya agar sumber air tidak tercemar dengan air limbah dan menjaga lingkungan tetap bersih dari bau maupun air limbah itu sendiri.

3. Jarak dengan Sumur Resapan Air Hujan

Panjang jarak antara Septic Tank dengan sumur resapan air hujan juga perlu diperhatikan, yakni kurang lebih 5 meter, sedangkan untuk jarak dengan taman sanitasi dan upflow filter adalah 1,5 meter.

Dengan menggunakan jarak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia akan membuat pembuangan limbah lebih aman.

Sebelumnya kami juga sudah pernah membuat artikel terkait cara membuat septic tank resapan Anda bisa melihat artikel tersebut jika tidak mengetahui cara buatnya.

4. Letak Septic Tank Menurut Feng Shui

Lokasi letak Septic Tank sangat bervariasi, tergantung dari beberapa faktor, seperti mempertimbangkan akses kemudahan ketika dilakukan penyedotan, ketersediaan lahan, atau jarak dengan sumber air bersih.

Menurut Feng Shui, lokasi yang tepat untuk Septic Tank adalah berada di belakang rumah. Konsep ini tidak lain sesuai dengan dengan rumusan alam mengenai hubungan mikrosmos dengan makrosmos yang mengidentifikasi WC.

Anda bisa meletakkan Septic Tank di belakang rumah untuk kebersihan lingkungan Anda.

Artikel terkait :  14 Inspirasi Kitchen Set Minimalis, Cocok Untuk Pasangan Baru Menikah

Apakah Letak Septic Tank Pindah ke Depan Bagus?

Apakah Letak Septic Tank Pindah ke Depan Bagus

Seiring dengan perkembangan desain arsitektur yang semakin modern, banyak penggunaan Septic Tank diletakkan di depan rumah.

Tujuan dari lokasi ini tidak lain supaya memudahkan ketika sedang melakukan sedot WC dan menghindari bau Septic Tank tidak menyebar ke dalam rumah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jarak Septic Tank dengan lokasi lainnya juga perlu diperhatikan supaya tidak menimbulkan masalah.

Alangkah baiknya, sesuai dengan Standar Nasional Indonesia dan ilmu Feng Shui.

Namun, dalam beberapa kasus, terdapat masyarakat yang tidak memperhatikan letak posisi Septic Tank sehingga menimbulkan masalah yang serius. Misalnya, Septic Tank yang dibangun ternyata dekat dengan Sumber Air Bersih tetangga.

Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan lingkungan sekitar saat akan membangun Septic Tank. Selain untuk menghindari masalah lingkungan, hal ini juga bisa menghindari konflik dengan tetangga.

Rekomendasi Septic Tank Perumahan

Memilih Septic Tank yang tepat harus memperhatikan beberapa hal seperti bahan Septic Tank, teknologi yang digunakan untuk membuat Septic Tank, ketahanan, dan fitur-fitur yang disediakan pada produk tersebut.

Seperti yang kita ketahui ukuran standar septic tank perumahan juga harus diperhatikan sebelum Anda membelinya.

Mengingat akan pentingnya pembuangan limbah, Septic Tank menjadi rekomendasi pengolahan limbah terbaik untuk perumahan. Ukuran Septic Tank Grand terdiri dari 500 liter dan 1000 liter, tentu kapasitas ini sangat cocok diaplikasikan untuk perumahan.

Adapun kelebihan dari Septic Tank Grand adalah sebagai berikut:

Bahan Plastik Berkualitas

Septic Tank Grand terbuat dari material bahan HDPE 100% yang merupakan jenis plastik terbaik di kelasnya. Sehingga produk yang dihasilkan lebih kuat dan awet tahan lama.

Diproses dengan Teknologi Modern

Selain bahannya yang berkualitas, proses pembuatan Septic Tank juga menggunakan teknologi modern Blow Moulding. Hal ini akan membuat hasil akhir produk tanpa body sambungan. Body yang lebih kuat dan tahan terhadap benturan membuat Septic Tank Grand tahan terhadap pergerakan tanah dan tidak bergeser saat sudah dalam pemasangan.

Artikel terkait :  Arti Rambu Lalu Lintas, Pengendara Wajib Tahu!

Menggunakan Filtrasi Multi Stage

Fitur yang paling penting dalam Septic Tank Grand adalah melalui filtrasi multi stage yang memastikan hasil penguraian lebih efektif karena melalui 4 tahapan filtrasi.

Dilengkapi Dual Faced Bioball

Pada proses pengolahan limbah dilengkapi dengan dual faced bioball sehingga anti nempel dan minim buntu. Tentu, hal ini membuat pengolahan limbah lebih maksimal.

Dilengkapi Ventilasi Udara

Fitur yang paling utama adalah adanya ventilasi udara Septic Tank yang berfungsi untuk menghilangkan gas berbahaya, mengendalikan bau tidak tersebar di sekitar lingkungan, mencegah pembetukan kerak, dan memastikan kinerja Septic Tank lebih optimal.

Anti Retak dan Anti Korosi

Septic Tank Grand anti retak meskipun dibentur beberapa kali dan mengalami pergerakan pada tanah. Tidak hanya itu, Septic Tank Grand juga anti korosi meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Konsultasi dan pemesanan Septic Tank Grand dapat melalui Call Center berikut:

Order Via WA

Penutup

Itulah 4 tips letak Septic Tank untuk perumahan yang tepat agar tidak terjadi permasalahan seperti mencemari lingkungan, membuat kesehatan penghuni rumah terganggu, atau membuat lingkungan berbau.