Ini Dia Alternatif Atap Pengganti Genteng untuk Rumah

Ini Dia Alternatif Atap Pengganti Genteng untuk Rumah

Atap Pengganti Genteng – Setiap orang menginginkan rumahnya bisa dijadikan sebagai tempat berteduh dari segala jenis cuaca atau elemen lingkungan lainnya.

Salah satu bagian rumah yang tidak kalah penting adalah genteng karena tanpa adanya genteng, penghuni rumah tersebut bisa kehujanan atau kepanasan.

Di zaman yang modern seperti saat ini, genteng bisa diganti dengan alternatif lain seperti atap. Ada banyak pilihan atap di pasaran, agar Anda tidak bingung lagi mari simak pembahasan berikut ini.

Fungsi Atap Rumah

Fungsi Atap Rumah

Setiap bagian rumah memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Hal ini juga termasuk atap rumah. atap merupakan salah satu bagian rumah yang wajib ada agar rumah dapat melindungi Anda dan penghuni rumah lainnya dari segala macam cuaca.

Mencegah Sinar Matahari Masuk Secara Langsung

Salah satu fungsi utama atap rumah adalah untuk memberikan perlindungan terhadap paparan langsung sinar matahari. Atap bisa berperan sebagai lapisan penahan yang menghalangi cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah.

Dengan berkurangnya jumlah sinar matahari yang masuk, atap membantu mencegah panas yang berlebihan di dalam rumah. Hal ini juga akan membantu memberikan kenyamanan dan terang yang cukup tanpa kelebihan cahaya.

Selain itu, perabotan dan peralatan Anda tidak akan rusak akibat seringnya terpapar sinar matahari secara langsung.

Mencegah Debu-Debu Dari Luar Rumah

Meskipun atap rumah tidak sepenuhnya bisa menghentikan masuknya debu ke dalam rumah, namun atap rumah dapat membantu dalam mengurangi masuknya debu ke dalam rumah. Atap yang rapat dapat membantu dalam mencegah masuknya debu secara langsung ke dalam ruangan.

Artikel terkait :  Keuntungan Usaha Depot Air Minum Beserta Perlengkapannya

Memberikan Perlindungan Dari Berbagai Hal

Fungsi penting lain dari atap adalah memberikan perlindungan dari berbagai hal seperti hujan, panas atau lainnya. Hal ini juga membantu agar struktural bangunan agar rusak akibar paparan langsung dari cuaca eksternal.

Selain kerusakan struktural akibat hujan atau panas matahari, kerusakan struktural juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur atau kelembaban ruangan. Maka dari itu pastikan atap Anda terpasang dengan rapat dan baik.

Alternatif Atap Pengganti Genteng

Alternatif Atap Pengganti Genteng

Di era modern saat ini, genteng sudah banyak diganti dengan atap karena perawatannya yang mudah dan umur pakainya yang lebih lama. Selain itu, atap juga memiliki desain yang menarik dan bisa disesuaikan dengan keseluruhan desain rumah. Berikut ini adalah alternatif atap pengganti genteng yang bisa Anda pilih.

Atap Rumah Aspal

Jenis atap yang terbuat dari lembaran aspal yang diperkuat dengan serat kaca atau bahan organik lainnya. Atap aspal pada umumnya terdiri dari lembaran tipis yang diberi lapisan granulat batu kecil untuk memberikan tampilan dan tekstur yang berbeda.

Apabila Anda memilih atap rumah aspal, pastikan untuk melakukan perawatan secara teratur untuk menjaga kualitas dan masa pakainya.

Hal ini disebabkan umur pakai atap aspal lebih pendek dibandingkan dengan beberapa jenis atap lainnya, sehingga kemungkinan membutuhkan penggantian lebih sering terutama jika terjadi kerusakan akibat cuaca atau masa pakai.

Atap Rumah Metal

Jenis atap yang terbuat dari bahan logam seperti baja, aluminium, seng atau baja galvanis. Jenis atap ini biasanya memiliki biaya awal yang lebih tinggi dibandingkan jenis atap lainnya.

Selain itu, pada beberapa kondisi atap metal bisa menghasilkan suara bising yang lebih besar ketika terkena hujan. Jadi, pemilihan atap rumah metal perlu dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan struktural, iklim dan anggaran.

Artikel terkait :  Jual Tempat Sampah Yang Kokoh Dan Kuat

Atap Polycarbonate

Jenis atap transparan yang terbuat dari polikarbonat yang kuat dan tahan terhadap benturan. Atap ini bisa digunakan untuk Anda yang membutuhkan pencahayaan alami untuk sebuah ruangan. Penggunaan atap ini sebaiknya sesuaikan dengan desain bangunan dan kebutuhan spesifik dari kontruksi bangunan rumah Anda.

Atap Keramik

Jenis atap yang terbuat dari bahan keramik atau tanah liat yang dipanggang pada suhu tinggi untuk dibentuk. Atap ini memiliki tampilan yang menarik, tahan lama dan memilki kemampuan untuk memberikan isolasi termal (metode mengurangi panas).

Namun, biaya dan kebutuhan stuktural untuk menopang beban atap keramik ini perlu dipertimbangkan.

Atap Kaca

Jenis atap yang terbuat dari panel-panel kaca yang dipasang pada rangka bangunan untuk memberikan pencahayaan alami di dalam ruangan.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan apabila Anda memilih menggunakan atap kaca, seperti perawatan yang diperlukan, potensi penumpukan kotoran dan struktur bangunan.

Atap Polyethylene Terephthalate (PET)

Atap Polyethylene Terephthalate (PET)

Jenis atap yang terbuat dari bahan polietilena tereflalat atau lebih dikenal dengan plastik PET. Atap PET cocok bagi Anda yang ingin memberikan pencahayaan alami dari sinar matahari ke suatu ruangan.

Material PET adalah bahan yang ringan, sehingga mudah untuk dipasang dan memiliki harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, atap PET juga memiliki daya tahan terhadap cuaca dan mudah dalam perawatannya.

Apabila Anda ingin menggunakan atap PET, Anda bisa memilih atap Grand Luxe. Atap Grand Luxe memiliki tiga pilihan warna, yaitu transparan, merah dan hijau. Tersedia juga beragam ukuran sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jangan khawatir akan harganya, karena atap Grand Luxe ini memiliki harga yang ekonomis. Atap ini juga tidak mudah bocor, lentur dan ringan. Untuk pemesanan, Anda bisa klik link dibawah ini ya.

Artikel terkait :  Inilah Beragam Keunggulan Tangki Air Stainless Vertikal!

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang alternatif atap pengganti genteng untuk rumah. Terima kasih dan sampai jumpa lagi dengan pembahasan menarik lainnya.