Galon Sekali Pakai Vs Galon Isi Ulang, Bahaya Mana? Ini Penjelasannya!

Galon Sekali Pakai Vs Galon Isi Ulang, Bahaya Mana? Ini Penjelasannya! – Selama ini kita hanya mengenal galon isi ulang sebagai tempat untuk menampung air minum. Kemudian banyak berita yang muncul di media sosial bahwa sekarang ini ada galon kemasan air minum yang sekali pakai. Kemunculan galon sekali pakai ini tentunya menghebohkan, dengan klaimnya yang aman dan terhindar dari zat yang berbahaya. Sebenarnya bahaya yang mana antara galon sekali pakai dan isi ulang? Yuk, simak dulu ulasan ini.

 

Galon Sekali Pakai Vs Galon Isi Ulang, Bahaya Mana? Ini Penjelasannya! – Galon Sekali Pakai

Galon sekali pakai yaitu jenis galon atau wadah yang dirancang untuk digunakan sekali saja atau hanya untuk penggunaan sementara. Galon ini biasanya terbuat dari bahan yang menjadikan galon ini bisa langsung dibuang setelah digunakan. Galon sekali pakai pada umumnya digunakan untuk menyimpan atau mengemas air minum maupun air tertentu dalam jumlah yang sesuai dengan galon tersebut. Jika sudah selesai menggunakan galon sekali pakai ini, anda bisa langsung membuangnya.

Galon Isi Ulang

Sedangkan galon isi ulang adalah jenis galon atau wadah yang dirancang untuk dipakai berulang kali dengan cara mengisi ulang air pada galon tersebut. Biasanya galon ini terbuat dari bahan yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang lama. Galon isi ulang digunakan untuk menyimpan dan mengangkut air minum atau cairan lainnya dalam jumlah besar. Galon isi ulang biasanya digunakan dalam situasi di mana volume air yang lebih besar diperlukan, seperti di rumah tangga, perkantoran, pusat kebugaran, atau tempat-tempat umum lainnya.

Perbandingan Galon Isi Ulang Dengan Sekali Pakai

Baik antara galon isi ulang dan galon sekali pakai tentu ada perbedaan signifikan. Dengan mengetahui perbandingan galon isi ulang maupun yang sekali pakai dapat memudahkan untuk memilih kemasan air minum yang tepat. Perbandingan antara kedua galon tersebut yakni :

Penggunaan Galon Isi Ulang

Galon isi ulang dirancang untuk digunakan berulang kali. Setelah air di dalamnya habis, galon tersebut dapat diisi ulang dengan air minum di pusat pengisian ulang air atau toko air minum isi ulang. Menggunakan galon isi ulang dapat mengurangi jumlah limbah plastik karena anda tidak perlu membuang galon setiap kali habis. Ini dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Galon isi ulang dapat digunakan jangka panjang karena hanya perlu membayar untuk pengisian ulang air

Penggunaan Galon Sekali Pakai

Galon sekali pakai dirancang untuk digunakan sekali saja. Setelah air di dalamnya habis, galon tersebut biasanya langsung dibuang ke tempat pembuangan. Galon sekali pakai biasanya tersedia di beberapa tempat dan biasanya anda dapat dengan mudah membeli galon sekali pakai yang sudah terisi air. Galon sekali pakai ini memanglah lebih praktis dalam penggunaannya karena tidak perlu diisi lagi. Namun penggunaan galon sekali pakai berkontribusi pada peningkatan limbah plastik karena galon tersebut dibuang setelah satu kali pemakaian.

Lebih Bahaya Mana Galon Sekali Pakai Atau Galon Isi Ulang?

Selain perbandingan dari galon sekali pakai dan galon isi ulang, sebenarnya pada kedua galon ini ada bahaya yang ditimbulkan yang perlu untuk anda waspadai. Berikut ini penjelasan mengenai risiko dari masing-masing galon ini agar anda dapat berhati-hati memilih yang tepat :

Galon Sekali Pakai

  • Pencemaran lingkungan : Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa pemakaian galon sekali pakai bisa menyebabkan peningkatan pada limbah plastik. Jika galon tersebut tidak didaur ulang dengan benar, maka dapat mencemari lingkungan dan mengganggu ekosistem alam.
  • Bahan kimia pada galon sekali pakai : Beberapa galon sekali pakai dibuat dari bahan plastik yang murah atau rendah kualitas. Ketika air minum bersentuhan dengan plastik tersebut, ada kemungkinan terjadinya reaksi kimia yang dapat menyebabkan zat-zat berbahaya seperti BPA (Bisphenol A) terlepas ke dalam air minum.
  • Kualitas kontrol yang rendah : Karena galon sekali pakai diproduksi dalam jumlah besar dan tersebar luas, ada kemungkinan kurangnya pengawasan terhadap kualitas dan kebersihan produksi. Hal ini dapat menyebabkan risiko kontaminasi yang lebih tinggi dalam air minum yang diisi ke dalam galon tersebut.

Galon Isi Ulang

  • Kontaminasi : Jika galon isi ulang tidak dirawat dengan baik, ada risiko kontaminasi silang antara air yang baru diisi dengan air sebelumnya. Jika galon tidak dibersihkan dengan benar atau tempat pengisian ulang tidak menjalankan kegiatan kebersihan yang baik, maka bakteri, kuman, atau zat-zat berbahaya dapat tercampur ke dalam air minum.
  • Kerusakan dan Kebocoran : Galon isi ulang yang digunakan berulang kali mungkin mengalami kerusakan pada tutup, bocor, atau retak. Hal ini dapat mengakibatkan udara, debu, atau kontaminan lainnya masuk ke dalam air minum.

 

Untuk Meminimalisir Risiko

Baik galon sekali pakai maupun galon isi ulang memang ada risiko yang perlu dihadapi. Untuk dapat meminimalisir risiko anda perlu memilih galon sekali pakai dari produsen terpercaya dan memastikan bahwa bahan plastik yang digunakan aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bagi galon isi ulang, anda perlu memilih pusat pengisian ulang air minum atau toko yang memiliki reputasi baik dan menjalankan kegiatan kebersihan yang ketat. Pastikan toko membersihkan galon dengan baik sebelum mengisinya dengan air baru.

 

Apa Solusinya Untuk Menampung Air Minum?

Solusinya yaitu anda bisa menggunakan tangki air atau tandon air dari GRAND. Tandon air dari GRAND ini adalah tandon air yang tahan terhadap cuaca ekstrim dan suhu tinggi. Tandon air dari GRAND ini tidak mudah ditumbuhi jamur, lumut, ataupun mikroorganisme yang bisa mencemari air. Sehingga air yang tersimpan dalam tandon air GRAND dapat langsung dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai keperluan anda. Tandon air GRAND ini merupakan pilihan yang ramah lingkungan bagi penyimpanan air bersih anda.

Akhir Kata

Karena penggunaan bahan yang berkualitas, maka tandon air GRAND ini tidak mudah bocor dan retak. Maka dari itu, anda bisa menggunakan tandon air GRAND ini dalam jangka panjang. Jadi antara galon sekali pakai maupun galon isi ulang memiliki perbedaan dan risiko tersendiri. Jika anda masih bingung untuk menampung air bersih dimana, anda bisa pakai tandon air dari GRAND yang memiliki beragam keunggulan ini. Sekian penjelasan ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semuanya. Sampai jumpa.