Cara Mencegah Bahaya Asbes Agar Terhindar Dari Sakit

Cara Mencegah Bahaya Asbes Agar Terhindar Dari Sakit

Cara Mencegah Bahaya Asbes – Penggunaan asbes di Indonesia telah menjadi perhatian serius akhir-akhir ini karena dampaknya terhadap kesehatan.

Sebelumnya, asbes sering digunakan sebagai konstruksi bangunan, industri dan penggunaan domestik. Pada konstruksi bangunan, asbes biasa digunakan sebagai bahan atap, plafon dan panel dinding.

Jika dalam dunia industri, asbes bisa digunakan dalam proses produksi karena sifat tahan panas dan isolasinya.

Sementara pada penggunaan domestik terdapat beberapa produk rumah tangga yang mengandung asbes seperti piring, pipa dan rem mobil tua.

Namun, jika penggunaan asbes ini dapat mempengaruhi kesehatan lalu bagaimana cara mencegahnya? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Asbes?

Asbes adalah sekelompok serat mineral alami yang terbentuk dari kelompok mineral serpentine dan amfibol. Serat asbes ini memiliki sifat yang kuat, tahan panas, tahan api dan isolatif. Karena sifatnya inilah dahulu asbes sering digunakan pada berbagai aplikasi seperti konstruksi bangunan, industri dan penggunaan domestik.

Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Penggunaan Asbes

Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Penggunaan Asbes

Zaman dahulu, asbes sering digunakan karena sifatnya yang bermanfaat. Namun, kini penggunaan asbes menjadi perhatian khusus karena bisa berdampak pada kesehatan terutama sistem pernapasan dan organ dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang diakibatkan oleh penggunaan asbes.

Plak Asbestosis

Plak Asbestosis adalah penumpukan serat asbes pada dinding dada atau perut. Meskipun penyakit ini biasanya tidak menyebabkan gejala, namun plak itu sendiri dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti asbestosis atau mesothelioma.

Artikel terkait :  Rekomendasi Asbes Terbaru 2024 Paling Murah dan Aman

Asbestosis

Asbestosis adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh paparan serat asbestos dalam jangka panjang. Paparan berulang atau jangka panjang terhadap serat ini dapat menyebabkan kerusakan paru-paru yang serius.

Serat yang terhirup dapat terperangkap di paru-paru dan menyebabkan peradangan. Seiring berjalannya waktu, proses peradangan ini dapat menyebabkan pengerasan jaringan paru-paru. Gejala dari penyakit ini seperti kesulitan bernapas, batuk kronis dan kelelahan.

Mesothelioma

Mesothelioma adalah salah satu jenis kanker yang berkembang di lapisan tipis jaringan yang melapisi organ internal terutama selaput paru-paru (pleura).

Penyakit ini biasanya memiliki gejala seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, penurunan berat badan dan batuk. Pada umumnya, Mesothelioma sulit diobati dan prognosisnya seringkali buruk.

Plaques Pleura

Plaques Pleura adalah pengerasan atau penebalan pleura. Di mana pleura adalah lapisan tipis jaringan yang melapisi paru-paru dan rongga dada.

Pada umumnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala dan seringkali dideteksi secara kebetulan selama pemeriksaan radiologis rutin. Berbeda dengan Mesothelioma, penyakit Plaques pleura biasanya tidak bersifat ganas dan biasanya tidak berkembang menjadi penyakit yang serius.

Dengan adanya hal ini bahaya asbes sebagai atap rumah perlu di waspadai karena dikhawatirkan akan berdampak pada masa yang akan datang.

Cara Mencegah Bahaya Penggunaan Asbes

Cara Mencegah Bahaya Penggunaan Asbes

Penggunaan asbes dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius karena serat asbestos dapat terhirup dan meresap ke dalam paru-paru. Untuk mencegah bahaya yang terkait dengan penggunaan atap asbes ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Edukasi dan Informasi

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah memahami risiko kesehatan yang terkait dengan asbes. Berikan edukasi kepada penghuni rumah tentang cara menggunakan dan merawat atap asbes dengan aman.

Artikel terkait :  Jual Tangki Air Terdekat Bekasi, Gratis Ongkos Pengiriman

Identifikasi dan Evaluasi

Lakukan pemeriksaan secara teratur apakah atap asbes mengalami kerusakan.

Pemeliharaan Rutin

Jika atap asbes dalam kondisi baik, lakukan pemeliharaan rutin untuk mengurangi risiko pelepasan serat asbes. Pemeliharaan rutin ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan atau tergantung pada preferensi pribadi.

Hindari Pemotongan atau Penyusutan

Hindari pemotongan atau penyusutan langsung pada atap asbes, karena hal ini dapat melepaskan serat asbes ke udara. Jika memang diperlukan, sebaiknya Anda melibatkan tenaga profesional untuk melakukannya.

Penggantian Asbes

Pertimbangkan untuk mengganti asbes dengan bahan yang lebih aman untuk menghindari risiko penyakit yang disebabkan oleh penggunaan asbes.

Pakaian Pelindung

Ketika Anda harus berinteraksi dengan atap asbes, kenakan pakaian pelindung diri yang sesuai seperti masker atau sarung tangan.

Penutup Atap Tamabahan

Anda bisa pasang penutup atap tambahan seperti cat atau bahan pelapis lainnya yang dapat mengurangi risiko pelepasan serat asbes.

Pemantauan Lingkungan

Pemantauan lingkungan dapat membantu dalam menilai tingkat paparan serat asbes dan mengambil tindakan pencegahan yang sesuai.

Konsultasi Dengan Profesional

Jika Anda memiliki kekhawatiran berlebih atau perlu melakukan tindakan lebih lanjut, Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut kepada tenaga profesional seperti kontraktor berlisensi.

Asbes Ultra Modern

Asbes Ultra Modern

Dibandingkan dengan asbes lainnya, asbes ultra modern ini lebih aman digunakan. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang menggunakan teknologi extrusion. Asbes yang satu ini terbuat dari bahan high quality plastic yang membuatnya kuat dan awet dalam jangka panjang.

Asbes Ultra Modern ini memiliki warna yang elegan sehingga sangat cocok untuk berbagai desain rumah atau bangunan Anda. Bobotnya yang ringan membuat asbes ini mudah dalam hal pengangkutan maupun pemasangan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang asbes ini, Anda bisa langsung klik link dibawah ini ya.

Artikel terkait :  Tirai Yang Cocok Untuk Ruang Perkantoran, Tidak Silau Dan Tahan Cahaya

Dapatkan Potongan Harga Hanya 40rb 25rb per meter Hanya di Bulan Februari. Segera Pesan Sekarang!

Order Via WA

Penutup

Demikian artikel terkait cara untuk mecegah bahaya asbes, Anda bisa menggunakan asbes model terbaru yang bernama asbes ultra modern.

Segera pesan sekarang mumpung ada diskon promo hanya di bulan februari.