Cara Memperbaiki Tandon Air Yang Benar

Cara Memperbaiki Tandon Tangki Toren Air Yang Benar

Memperbaiki Tandon Air – Bagaimana cara memperbaiki tandon air yang benar dengan melibatkan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk memastikan tandon air kembali bekerja dengan baik dan efisien.

Memperbaiki tandon air dengan benar sangat penting karena tandon air memiliki peran dalam memastikan pasokan air yang aman dan cukup untuk berbagai keperluan dalam rumah atau bangunan. Bagaimana cara memperbaiki tandon air yang benar? berikut penjelasannya.

Penyebab Tandon Air Rusak

Penyebab Tandon Tangki Toren Air Rusak

Memperbaiki tandon air yang rusak disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor dari tandon itu sendiri atau dari lingkungan harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa penyebab tandon air rusak:

  1. Usia Tandon Air: Tandon air yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa mengalami penurunan fungsi
  2. Ketidakcocokan Dengan Isi Air: Air yang sudah terkontaminasi bisa dengan mudah membuat tandon air menjadi rusak
  3. Pemasangan Yang Tidak Benar: Pemasangan tandon air yang tidak benar dapat menyebabkan tekanan atau beban yang tidak merata pada dinding tandon. Hal ini dapat membuat keretakan pada dinding tandon
  4. Ketidakstabilan Tanah: Jika tandon air ditempatkan di atas tanah yang tidak stabil atau lunak, ini bisa menyebabkan pergeseran pada tandon akibat perubahan struktur tanah
  5. Benturan Pada Tandon: Tandon air dapat rusak akibat benturan atau beban berat. Benturan keras atau beban yang tidak seimbang bisa merusak struktur tandon
  6. Suhu Ekstrim: Perubahan suhu ekstrim dapat mempengaruhi kekuatan tandon dan membuat keretakan pada tandon
  7. Korosi: Bahan tandon yang mudah terkena korosi atau karat akan cepat membuat tandon rusak
  8. Kualitas Bahan: Tandon air yang terbuat dari bahan berkualitas rendah atau tandon yang diproduksi dengan standar yang rendah dapat lebih rentan terhadap kerusakan
  9. Pemeliharaan Tandon: Kurangnya pemeliharaan yang tepat pada tandon, seperti pembersihan tandon, memeriksa retakan dan perbaikan dini, dapat menyebabkan kerusakan semakin parah seiring waktu
Artikel terkait :  Berapa Kebutuhan Air Bersih per Orang per Hari? Ini Standarnya!

Cara Memperbaiki Tandon Air Yang Benar

Cara Memperbaiki Tandon Toren Tangki Air Yang Benar

Jika anda sudah mengetahui penyebab tandon air rusak, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana cara memperbaiki tandon air yang benar.

Dengan mengetahui cara memperbaiki tandon air yang rusak akan membantu anda dalam banyak hal seperti mengatasi masalah darurat dalam pasokan air, dapat menghindari kerusakan lebih parah, mengehmat biaya perbaikan dan dapat menghindarkan dari kontaminasi air yang membahayakan kesehatan.

Berikut adalah langkah-langkah cara memperbaiki tandon air yang benar:

Identifikasi Kerusakan

Periksa tandon secara menyeluruh untuk mengidentifikasi masalahnya. Pastikan Anda memahami kerusakannya sebelum memulai perbaikan.

Matikan Suplai Air

Pastikan suplai air ke tandon dimatikan sebelum anda memulai perbaikan. Ini untuk mencegah risiko tumpahan air dan memastikan keamanan selama bekerja.

Kuras Tandon

Jika ada tumpukan kotoran di dalam tandon, kuras tandon terlebih dahulu untuk membersihkannya. Ini bisa dilakukan dengan membuka katup pembuangan di dasar tandon dan membuang semua kotoran dengan hati-hati.

Perbaiki Kebocoran Atau Retak

Jika ada kebocoran atau retak pada tandon, anda bisa membersihkan area sekitar retakan atau kebocoran untuk memastikan permukaannya bersih dan kering. Anda bisa menggunakan perekat yang cocok untuk tandon. Pastikan permukaan terlapisi secara merata.

Ganti Bagian Rusak

Jika ada bagian tandon yang rusak dan tidak dapat diperbaiki, sebaiknya ganti bagian tersebut.

Sterilisasi

Setelah perbaikan selesai, pastikan untuk membersihkan tandon secara menyeluruh dengan air bersih untuk menghilangkan residu dari perekat yang telah digunakan.

Kemudian sterilisasi tandon dengan produk yang aman untuk kontak dengan air minum. Ini penting untuk menjaga kebersihan air yang akan disimpan di dalam tandon.

Uji Fungsi

Sebelum menghidupkan kembali suplai air, pastikan perbaikan telah berhasil. Isi tandon dengan air dan periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran atau masalah lainnya.

Artikel terkait :  Cara Membuat Tambak Ikan Dengan Menggunakan Dermaga Apung, Lebih Hemat

Tips Agar Tandon Air Awet

Tips Agar Tandon Tangki Toren Air Awet

Memperbaiki tandon air yang rusak itu sangat penting. Namun yang tidak kalah penting adalah untuk menjaga tandon agar tetap awet dan terjaga. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda menjaga tandon air dalam kondisi yang baik:

  1. Pemasangan yang Tepat: Pastikan tandon air dipasang dengan benar. Pemasangan yang tepat akan mengurangi risiko tekanan atau beban yang tidak merata pada dinding tandon.
  2. Pilih Bahan yang Berkualitas: Pilih tandon air yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Bahan yang kuat dan tahan lama akan lebih tahan terhadap kondisi lingkungan dan usia seperti bahan HDPE.
  3. Pemeliharaan Rutin: Lakukan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin terhadap tandon. Periksa apakah ada retak, kebocoran atau masalah lainnya secara berkala.
  4. Bersihkan Tandon: Bersihkan tandon minimal 1 tahun sekali untuk menghindari penumpukan kotoran atau lumut di dalamnya. Pembersihan ini akan membantu menjaga kualitas air dan mencegah kerusakan.
  5. Lindungi Dari Suhu Ekstrem: Pilihlah tandon air yang telah dilengkapi lapisan pelindung dari sinar UV. Hal ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat suhu yang berlebihan.
  6. Perhatikan Kualitas Air: Pastikan air yang anda masukkan ke dalam tandon adalah air yang bersih dan aman. Air yang mengandung kotoran atau air yang sudah terkontaminasi berpotensi merusak tandon.
  7. Perbaikan Dini: Jika anda melihat tanda-tanda kerusakan seperti retak kecil, segera lakukan perbaikan dini sebelum masalahnya menjadi lebih serius.
  8. Hindari Benturan Atau Guncangan: Pilihlah jenis tandon yang tahan akan benturan dan guncangan sehingga tandon yang anda miliki lebih awet dan tahan lama.
  9. Gunakan Katup Pengaman: Pastikan katup pengaman berfungsi dengan baik. Katup ini dapat membantu mengurangi tekanan berlebih dalam tandon saat pengisian.
  10. Isi Dan Gunakan Secara Teratur: Isi dan gunakan air dalam tandon secara berkala. Air yang mengalir secara rutin dapat membantu mencegah air dalam tandon menjadi stagnan dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri atau alga.
  11. Jaga Kebersihan Sekeliling Tandon: Pastikan area sekitar tandon bersih dan terjaga dari segala hal yang dapat merusak atau mengganggu tandon.
Artikel terkait :  Apa Pentingnya Kuras Tandon Air?

Tandon Air Awet Dalam Jangka Panjang

Cara Memperbaiki Tandon Toren Tangki Air Yang Benar

Tangki air Grand terbuat dari bahan 100% HDPE yang memiliki banyak keunggulan, misalnya : hanya perlu dibersihkan 1 tahun sekali anti korosi, anti karat anti lumut, tahan terhadap benturan dan tahan terhadap suhu ekstrim.

Tangki air Grand memiliki beberapa ukuran mulai dari 300 liter hingga 12000 liter. Terdapat pelampung otomatis yang memiliki fungsi, antara lain:

  • Untuk mengontrol proses pengisian tandon air secara otomatis
  • Mencegah pemborosan pengisian air
  • Membantu dalam penggunaan air lebih efisien
  • Membantu menjaga kualitas air yang disimpan di dalam tandon
  • Membantu mengoptimalkan pasokan air dalam rumah atau bangunan
  • Membantu melindungi pompa dari kerusakan
  • Memberikan kemudahan dalam mengelola pasokan air
  • Mencegah kelebihan tekanan pada tandon akibat pengisian yang berlebihan
  • Membantu menghemat waktu dan tenaga

Tangki air Grand telah bersertifikasi FDA (Food Drugs Administration of United States of America) dan halal MUI yang berarti tangki ini aman digunakan untuk menyimpan air yang akan di konsumsi.

Penutup

Itulah tadi cara memperbaiki tandon air yang benar dan rekomendasi tandon air yang awet dan tahan lama. Segera order melalui marketplace kesayangan anda seperti shopee dan tokopedia ya. Sampai jumpa lagi.