Berikut Ini Alasan Septic Tank Dan Sumber Air Ada Aturan Jaraknya, Bahaya Untuk Rumah Tangga

Berikut Ini Alasan Septic Tank Dan Sumber Air Ada Aturan Jaraknya, Bahaya Untuk Rumah Tangga – Pemilihan septic tank untuk bangunan memang merupakan hal yang penting. Selain memilih septic tank, perlu juga memahami kondisi lingkungan sekitar. Karena jika tidak tepat dalam pemasangan septic tank, dapat mengganggu lingkungan yang ada di sekitar maupun penghuni yang ada di suatu bangunan tersebut. Sebenarnya seberapa pentingkah untuk mengatur jarak septic tank dengan sumber air? Apakah berbahaya bagi rumah tangga jika tidak diperhitungkan dengan baik? Bagi anda sekalian yang akan memasang septic tank, anda bisa simak terlebih dahulu ulasan ini agar mendapatkan informasi jarak pemasangan septic tank yang tepat.

Berikut Ini Alasan Septic Tank Dan Sumber Air Ada Aturan Jaraknya, Bahaya Untuk Rumah Tangga – Pentingnya Memperhitungkan Jarak Tepat

Pentingnya memperhitungkan jarak antara septic tank dengan sumber mata air terletak pada fungsinya sebagai pengolahan limbah. Jika jarak antara septic tank dengan sumber mata air terlalu dekat, maka bakteri dan zat kimia yang terkandung dalam limbah yang dihasilkan oleh septic tank dapat mencemari sumber mata air tersebut. Sumber mata air merupakan sumber air yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari manusia, seperti untuk minum, mandi, mencuci, dan keperluan lainnya. Apabila sumber mata air tercemar oleh limbah dari septic tank, maka akan terjadi penyebaran bakteri dan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Jarak Ideal Septic Tank Yang Sesuai Standar

Perlu adanya jarak yang cukup antara septic tank dengan sumber mata air yang aman, agar dapat menghindari pencemaran air yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 19-7223-2002 tentang septic tank, jarak minimal yang dianjurkan antara septic tank dengan sumber air yaitu 30 meter. Sedangkan untuk sumber air tanah seperti sumur, jarak minimum yang dianjurkan adalah 10 meter. Namun, jarak ini dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi lingkungan dan peraturan daerah setempat.

 

Jarak Septic Tank Dengan Sumber Air

Sumber air yang dimaksud meliputi sumur bor, sumur gali, atau sumber air permukaan seperti sungai atau danau. Penting untuk memperhatikan jarak antara septic tank dengan sumber mata air agar limbah yang dihasilkan oleh septic tank tidak mencemari sumber mata air tersebut. Limbah yang terkumpul di dalam septic tank mengandung berbagai jenis bakteri dan bahan kimia yang dapat mencemari sumber air jika jaraknya terlalu dekat. Jika jaraknya terlalu dekat, maka bakteri dan bahan kimia tersebut dapat menyebar ke dalam sumber air dan berpotensi menyebabkan berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan.

Bahaya Yang Ditimbulkan Jika Tidak Diperhitungkan

Salah satu bahaya yang dapat terjadi adalah pencemaran lingkungan. Jika jarak septic tank terlalu dekat dengan sumur atau sumber air tanah, maka air limbah yang mengandung zat-zat berbahaya seperti bakteri dan virus dapat tercemar dan menyebar ke sumber air tersebut. Jika air sumber tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan memasak, maka dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah tangga. Jarak septic tank yang terlalu dekat dengan rumah juga dapat menimbulkan bau tidak sedap yang mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Kondisi ini dapat terjadi jika sistem ventilasi pada septic tank tidak berfungsi dengan baik atau jika jarak antara septic tank dan rumah terlalu dekat.

Bahaya Lainnya Bagi Rumah Tangga

Tidak hanya itu, jarak septic tank yang tidak diperhitungkan dengan baik juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Jika septic tank terlalu dekat dengan area hunian, maka dapat meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran pencernaan dan penyakit kulit. Hal ini disebabkan oleh paparan langsung terhadap bakteri dan virus yang terdapat pada limbah yang dihasilkan oleh septic tank. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhitungkan jarak septic tank dengan baik ketika membangun rumah. Pastikan septic tank ditempatkan pada jarak yang aman dari sumur atau sumber air tanah dan tidak terlalu dekat dengan area hunian. Dengan memperhatikan perhitungan jarak tersebut, rumah tangga dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh jarak septic tank yang tidak diperhitungkan dengan baik.

Septic Tank Jika Tidak Dirawat Dengan Baik

Septic tank yang tidak dirawat dengan baik dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan sistem pembuangan air limbah rumah tangga tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan air limbah tidak bisa mengalir dengan lancar dan meluap ke permukaan tanah. Akibatnya, limbah tersebut dapat mencemari lingkungan sekitar dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi penghuni rumah. Septic tank yang tidak dirawat dengan baik juga dapat menimbulkan bau tidak sedap yang mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Hal ini terjadi karena limbah yang tidak terurai dengan baik akan menghasilkan gas beracun yang dapat menyebar ke area sekitarnya.

Agar Septic Tank Tetap Aman Dan Terawat Dengan Baik

Selain itu, septic tank yang tidak dirawat dengan baik dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit. Jika limbah yang terkumpul di dalam septic tank tidak terurai dengan baik, maka akan terdapat banyak bakteri dan virus yang berpotensi menyebar ke lingkungan sekitar dan membahayakan kesehatan penghuni rumah. Untuk menjaga agar septic tank aman bagi rumah tangga dan sumber air, septic tank perlu dirawat dengan baik. Beberapa cara untuk merawat septic tank antara lain dengan melakukan pembuangan teratur, menghindari membuang bahan-bahan yang sulit terurai ke dalam toilet atau saluran pembuangan, serta melakukan perawatan dan pembersihan secara teratur.

Septic Tank Instan Aman Untuk Rumah Tangga

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aturan mengenai jarak aman jika ingin memasang septic tank yaitu sekitar 30 meter. Hal ini agar menghindari bahaya pencemaran sumber air sehingga aman untuk rumah tangga. Septic tank yang ramah dan aman bagi lingkungan yaitu septic tank GRAND. Septic tank GRAND menggunakan bahan HDPE 100%, bahan yang dikenal kuat, tahan lama, namun bisa untuk di daur ulang. Septic tank GRAND tahan terhadap tekanan dan pergeseran tanah. Dengan teknologi tinggi filtrasi Multi Stage yang terdapat pada septic tank GRAND ini, memungkinkan pengolahan limbah diproses hingga berulang kali.

 

Penutup

Pada septic tank GRAND ini juga terdapat teknologi tinggi yaitu Dual Faced Bioball yang sudah memiliki paten. Kotoran limbah yang ada pada septic tank GRAND tidak mudah nempel dan mencegah terjadinya kebuntuan. Selain itu septic tank GRAND juga tidak mudah bocor dan tahan terhadap korosi. Maka dari itu, gunakanlah septic tank GRAND yang memiliki berbagai keunggulan dan aman tentunya bagi rumah tangga. Sekian artikel informasi mengenai jarak septic tank dengan sumber air yang aman bagi rumah tangga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.