Berapa Lama Menyalakan Pompa Air? Ini Dia Penjelasannya

Berapa Lama Menyalakan Pompa Air

Berapa lama menyalakan pompa air – Salah satu pertanyaan yang sering kali diajukan oleh beberapa masyarakat yaitu batas pengisian pompa air itu sebenarnya berapa lama. Terlalu lama menggunakan pompa air juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Untuk itu, Anda harus mengetahui batasan-batasan waktu untuk pengisian pompa air yang tepat. Tidak tahu berapa lama waktu yang ideal untuk menyalakan pompa air? Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda waktu yang ideal untuk mematikan pompa air di rumah.

Bahaya Menyalakan Pompa Air Berjam Jam

Bahaya Menyalakan Pompa Air Berjam Jam

Berbicara tentang pompa air serasa tidak akan habis-habisnya. Pasalnya, pompa air sendiri merupakan sebuah alat yang bisa membantu meringankan pekerjaan manusia.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan yang berlebihan juga akan mengakibatkan kerusakan pada mesin pompa air itu sendiri. Jika Anda menggunakan pompa air secara terus-menerus akan berdampak fatal. Agar lebih berhati-hati dalam penggunaan pompa air, berikut ini beberapa bahaya jika menyalakan pompa air terus-menerus.

Kerusakan Pada Impeller

Bahaya menyalakan pompa air secara berlebihan bisa jadi mengakibatkan kerusakan pada Impeller. Impeller sendiri merupakan salah satu bagian pompa air yang cukup penting karena bertanggung jawab untuk mengalirkan air.

Part Impeller pada pompa air sering kali terdapat kotoran yang menyumbat sehingga lebih rawan rusak. Apalagi jika Anda menggunakan pompa air secara berlebihan maka kotoran akan terus mengendap dan fungsi dari impeller tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Artikel terkait :  Tirai Yang Cocok Untuk Ruang Perkantoran, Tidak Silau Dan Tahan Cahaya

Rusaknya Mechanical Seal

Penggunaan pompa air secara berlebihan juga bisa merusak komponen seal pada mesin pompa air. Seal berfungsi untuk mencegah air untuk masuk ke dalam motor sehingga peranan seal sangat penting.

Jika seal rusak maka sistem mencegah air untuk masuk ke dalam motor tidak akan bisa berfungsi dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Check Valve

Tidak kalah penting dari kompononen yang sudah dijelaskan diatas. Check valve merupakan komponen pada pompa air yang berfungsi untuk mengalirkan air ke arah yang benar.

Selain itu, check valve juga berusaha untuk mencegah air mengalir ke arah yang salah. Jika pompa air digunakan selama berjam-jam bisa jadi mengakibatkan check valve mengalami kerusakan karena tidak kuat mengalirkan air ke arah yang benar.

Nah itu dia beberapa bahaya jika Anda menggunakan pompa air secara terus-menerus tanpa adanya istirahat. Lantas, berapa idealnya lama menggunakan pompa air agar awet dan tidak mudah cepat rusak?

Agar lebih jelasnya dan terhindar dari bahaya yang sudah disebutkan diatas silahkan simak uraian dibawah ini dengan seksama.

Berapa Lama Menyalakan Pompa Air

Pompa air idealnya bisa Anda gunakan dengan entitas waktu selama 15-60 menit. Lamanya menggunakan pompa air juga disesuaikan dengan ukuran atau kapasitas tandon air yang sedang Anda gunakan.

Semakin kecil ukuran tandon air maka semakin cepat pula waktu yang dihabiskan untuk pengisian air begitupun sebaliknya. Hal ini bisa Anda ukur dengan menyesuaikan tempat penampungan air.

Agar tidak bingung berikut ini akan kami jabarkan untuk waktu rekomendasi mematikan pompa air berdasarkan ukuran tempat penampungan air.

Perhatikan ilustrasi berikut ini:

Bapak Yansyah Hanafi mempunyai tandon air dengan daya tampung 300 liter di dalam rumahnya. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan beliau untuk menyalakan pompa air hingga air dapat terisi secara penuh.

Artikel terkait :  Jual Tandon Air di Tulungagung Termurah dan Gratis Ongkir

Jawaban:

Pada umumnya, untuk ukuran tandon air dengan daya tampung 300 liter membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk menyalakan pompa air. Jadi jika Anda mempunyai tandon air berkapasitas 600 liter maka Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyalakan pompa air.

Perhitungan diatas juga bisa berubah hal ini juga tergantung dari jenis pompa air itu sendiri. Seperti yang kita ketahui pompa air memiliki daya hisap yang berbeda-beda ada yang mempunyai tegangan tinggi ada juga yang mempunyai tegangan rendah.

Agar lebih aman ketika menyalakan pompa air sebaiknya Anda pasang pelampung otomatis pada tandon air Anda. Jadi, jika air sudah penuh dan menyentuh pelampung pada tandon air maka secara otomatis pompa air akan mati dengan sendirinya.

Dengan ini Anda tidak perlu lagi menghitung berapa menit agar tandon air bisa penuh karena sudah ada sistem pelampung pada otomatis.

Tandon Air Berkualitas Merk Grand

Tandon Air Berkualitas

Pastikan Anda menggunakan tempat penampungan air yang berkualitas apalagi untuk kebutuhan rumah tangga. Bagi Anda yang bingung untuk memilih tangki air merk mana yang bagus tentunya tandon air merk Grand yang benar-benar teruji kualitasnya.

Tandon air Grand dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Anda karena di produksi dengan sistem canggih dan sudah mempunyai sertifikasi HALAL jadi aman untuk digunakan.

Kelebihan menggunakan tandon merk Grand sudah dilengkapi triple proteksi sehingga lumut tidak akan mudah masuk kedalam tempat penampungan air. Selain itu, tandon air merk Grand di produksi menggunakan bahan HDPE sehingga elastis dan anti pecah.

Tandon air sehat Grand akan selalu menemani keluarga kecil Anda dengan air yang bersih sehingga aman untuk di konsumsi setiap harinya.

Artikel terkait :  Daftar Harga Pompa Air Sanyo 200 Watt Terbaru

Dapatkan Free Ongkir Pengiriman dan Bonus Pelampung jika Anda beli Tandon Air Grand Hari Ini!

Order via WhatsApp

Penutup

Itu dia pembahasan kali ini mengenai berapa lama menyalakan pompa air di rumah. Waktu yang tepat untuk mematikan pompa air disesuaikan dengan kapasitas tandon itu sendiri seperti perhitungan yang sudah di jelaskan diatas.

Secara umum maksimal batas waktu menyalakan pompa air yaitu 4 jam. Jika dinyalakan terus-menerus akan berakibat fatal dan akan menciptakan panas berlebih di motor.