Apakah Kaporit Dan Air Panas Bisa Menghilangkan Kerak Pipa Ledeng? Berikut Penjelasannya

Apakah Kaporit Dan Air Panas Bisa Menghilangkan Kerak Pipa Ledeng? Berikut Penjelasannya – Pipa ledeng merupakan salah satu jenis pipa yang sering digunakan dalam sistem perpipaan di rumah atau bangunan. Penggunaan pipa ledeng ini sangat penting untuk mengalirkan air bersih dan air limbah dengan aman dan efisien. Seiring dengan penggunaannya yang terus menerus, pipa ledeng kemudian mengalami kerak yang membandel. Pipa ledeng yang berkerak dapat menjadi masalah serius bagi sistem perpipaan di rumah atau bangunan. Yang menjadi pertanyaan yaitu, apakah dengan kaporit dan air panas yang kita temui sehari-hari bisa menghilangkan kerak pada pipa ledeng? Ingin tahu jawabannya? Maka simak terus artikel berikut ini.

Apakah Kaporit Dan Air Panas Bisa Menghilangkan Kerak Pipa Ledeng? Berikut Penjelasannya – Apa Itu Kerak Pada Pipa Ledeng

Kerak pada pipa ledeng merupakan lapisan tipis yang terbentuk di dalam pipa akibat adanya pengendapan mineral dari air yang mengalir melaluinya. Biasanya, kerak ini terdiri dari kalsium karbonat atau magnesium karbonat, tergantung dari jenis mineral yang terkandung dalam air. Kerak pada pipa ledeng dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti menyumbat aliran air, menurunkan tekanan air, dan bahkan memperpendek masa pakai pipa ledeng. Kerak pada pipa ledeng dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kualitas air yang buruk, suhu air yang tinggi, atau bahan kimia yang digunakan dalam sistem perpipaan. Selain itu, kerak juga dapat memengaruhi kualitas air yang mengalir melalui pipa.

Kenapa Pipa Ledeng Dapat Cepat Berkerak?

Pipa ledeng dapat cepat berkerak karena beberapa faktor. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerak pada pipa ledeng antara lain yaitu :
  • Kandungan mineral dalam air : Air yang mengalir di dalam pipa ledeng mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan besi. Jika kandungan mineral dalam air terlalu tinggi, maka mineral-mineral tersebut dapat mengendap dan membentuk kerak pada pipa ledeng.
  • pH air : pH air yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat mempengaruhi pembentukan kerak pada pipa ledeng. pH air yang tidak seimbang dapat membuat mineral-mineral dalam air lebih mudah mengendap dan membentuk kerak pada pipa ledeng.
  • Kondisi pipa ledeng: Pipa ledeng yang sudah tua atau rusak dapat membuat air yang mengalir di dalamnya lebih mudah membentuk kerak. Selain itu, pipa ledeng yang sudah berlubang atau bocor dapat membuat endapan mineral lebih mudah menempel pada dinding pipa dan membentuk kerak.
  • Tekanan air: Tekanan air yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat mempengaruhi pembentukan kerak pada pipa ledeng. Tekanan air yang terlalu tinggi dapat membuat air mengalir lebih cepat dan mempercepat pembentukan kerak pada pipa ledeng.
Artikel terkait :  Tips Memilih Atap Untuk Ruang Jemuran Terbaik

 

Bahan Dalam Kaporit Dan Air Panas Untuk Menghilangkan Kerak Pipa Ledeng

Kaporit, atau juga dikenal sebagai kalsium hipoklorit, merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai desinfektan dan pemutih. Kaporit juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak atau endapan pada pipa ledeng. Namun, penggunaan kaporit perlu hati-hati karena bahan kimia ini dapat merusak pipa jika digunakan dalam jumlah yang berlebihan atau terlalu sering. Kaporit juga harus dicampur dengan air secukupnya sebelum digunakan. Air panas juga dapat membantu membersihkan kerak pada pipa ledeng. Namun, penggunaan air panas perlu diperhatikan suhunya agar tidak terlalu panas dan merusak pipa ledeng. Selain itu, penggunaan air panas perlu diimbangi dengan penggunaan alat atau bahan pembersih lainnya untuk hasil yang lebih optimal.

Efektifkah Penggunaan Kaporit Dan Air Panas Untuk Kerak Pada Pipa Ledeng?

Penggunaan kaporit dan air panas bisa efektif dalam membersihkan kerak pada pipa ledeng, tergantung pada tingkat keparahan kerak tersebut. Kaporit sendiri merupakan bahan kimia yang bisa membunuh bakteri dan virus, dan digunakan sebagai pembersih. Namun, penggunaannya harus hati-hati karena bisa berbahaya jika terhirup atau terkena kulit. Penggunaan kaporit untuk membersihkan pipa ledeng juga harus tepat dosis, karena terlalu banyak penggunaan bisa merusak pipa. Sedangkan air panas juga bisa membantu membersihkan kerak pada pipa ledeng dengan melarutkan endapan mineral. Namun, air panas juga bisa merusak pipa jika digunakan pada suhu terlalu tinggi atau terlalu lama.

Tips Menjaga Pipa Ledeng Agar Tidak Mudah Berkerak

Air panas dan kaporit memanglah dapat membersihkan kerak membandel pada pipa ledeng. Namun, penggunaannya harus tetap berhati-hati agar tetap aman. Berikut ini beberapa tips mudah untuk menjaga pipa ledeng agar tidak mudah berkerak, yaitu :
  1. Sebaiknya hindari menggunakan air yang mengandung banyak mineral atau garam. Air dengan kandungan mineral atau garam yang tinggi akan lebih mudah membentuk kerak pada pipa ledeng.
  2. Bersihkan pipa ledeng secara rutin. Lakukan pembersihan pipa ledeng minimal satu kali dalam setahun untuk mencegah terbentuknya kerak pada pipa.
  3. Gunakan air bersih untuk mencuci pipa ledeng. Hindari menggunakan air yang mengandung banyak bahan kimia atau zat beracun.
  4. Gunakan filter air untuk mencegah endapan kotoran atau pasir masuk ke dalam pipa ledeng.
  5. Pastikan air yang mengalir pada pipa ledeng tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Perubahan suhu yang terlalu drastis pada air dapat mempengaruhi kecepatan aliran air dan meningkatkan risiko pembentukan kerak pada pipa ledeng.
  6. Jangan menaruh barang di atas pipa ledeng. Hal ini dapat membebani pipa dan mempercepat terjadinya kerak pada pipa ledeng.
Artikel terkait :  Jual Septic Tank Surabaya Termurah Free Ongkir

 

Penyimpanan Air Agar Pipa Ledeng Tidak Mudah Berkerak

Untuk membantu agar pipa ledeng tidak mudah berkerak, perlu adanya tempat penyimpanan air. Tempat pemyimpanan air yang efektif yaitu dengan menggunakan tangki air GRAND. Tangki air GRAND merupakan tangki yang tidak berlendir dan tidak berbau. Sehingga tangki air GRAND ini cocok untuk digunakan menyimpan air bersih. Tangki air GRAND juga tidak beracun serta sudah memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia dan Halal, jadi air yang tersimpan dalam tangki air GRAND tidak terkontaminasi dengan zat-zat lain yang ada di luar maupun di dalam tangki.

Penutup

Air yang tersimpan dalam tangki air GRAND bisa langsung dikonsumsi tanpa takut khawatir tercemar dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Tangki air GRAND ini juga dilengkapi dengan lapisan UV, sehingga sinar matahari tidak mudah masuk ke dalam tangki air. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan jamur, lumut, dan mikroorganisme yang bisa mencemari air. Nah, jadi untuk membersihkan kerak pada pipa ledeng bisa menggunakan kaporit dan air panas. Namun penggunaannya juga harus hati-hati dan sesuai dosis. Agar pipa ledeng tetap terlindung dari kerak, gunakan saja tangki air GRAND. Air bersih yang tersimpan pada tangki air GRAND tetap terjaga kualitasnya dan pipa ledeng juga tetap awet. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat selalu untuk anda.