Apa Tugas Dinas Sumber Daya Air?

Apa Tugas Dinas Sumber Daya Air?

Dinas Sumber Daya Air – Bisa jadi banyak dari anda yang sudah tidak asing lagi dengan profesi ini. Pekerjaan satu ini erat kaitannya dengan pendistribusian air hingga sampai ke tempat kita. Namun, terkadang banyak dari orang yang masih belum mengetahui tugas yang harus dijalankan profesi ini.

Kali ini akan diulas mengenai sebenarnya apa tugas dari dinas sumber daya air ini? Dengan mengetahuinya, maka kita semua bisa mengenal lebih baik tentang pekerjaan ini.

Apa Itu Dinas Sumber Daya Air?

Bagi anda yang masih asing, sebenarnya dinas sumber daya air ini merupakan unsur pelaksana yang berada pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia (KPUPR), berada di bawah naungan dan bertanggung jawab langsung pada Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia).

 

Apa Tugas Dinas Sumber Daya Air?
Apa Tugas Dinas Sumber Daya Air?

Apa Saja Fungsinya?

Dalam menjalani profesi ini tentunya punya beberapa fungsi penting untuk bisa mengelola, mengawasi, dan mengembangkan sumber daya air ini. Sehingga bisa memastikan pengelolaan dari sumber daya ini bisa berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan air sehari-hari.

Perumusan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya

Fungsi utamanya yaitu merumuskan kebijakan untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ini secara berkelanjutan, termasuk perencanaan pembangunan infrastruktur terkait dengan air. Tentunya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari Undang-Undang yang berlaku.

Artikel terkait :  Tandon Air Di Atap Rumah, Estetik Dan Elegan

Melaksanakan Kebijakannya

Fungsi selanjutnya yaitu untuk melaksanakan kebijakan untuk mengembangkan dan memelihara infrastruktur maupun konservasi air itu sendiri termasuk air tanah serta mengendalikan jika terjadi kerusakan untuk memastikan pasokannya yang memadai dan ada untuk kebutuhan masyarakat.

Penyusunan Norma Untuk Pengelolaan

Kemudian fungsinya untuk menyusun berbagai norma, prosedur, maupun standar pada pengelolaan sumber daya yang sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku. Sehingga air tetap aman dan sehat untuk konsumsi baik manusia maupun lingkungan sekitar yang perlu.

Memberi Bimbingan

Dinas Sumber Daya Air ini berfungsi untuk memberikan bimbingan secara teknis pada pengelolaan sumber daya air agar dapat berjalan sesuai dengan peraturan Undang-Undang yang berlaku. Tentunya agar air bisa tersedia tanpa ada kendala atau masalah teknis. Sehingga bisa langsung diterima dan digunakan oleh masyarakat maupun lingkungan sekitar.

Evaluasi Dan Laporan

Dinas ini juga melaksanakan evaluasi dan laporan untuk pengelolaan sumber daya satu ini. Fungsi dari evaluasi maupun pelaporan ini untuk memantau ketersediaan air yang cukup bagi masyarakat luas. Hal ini agar siapa saja bisa memperoleh pasokan yang cukup tanpa ada kendala.

Melaksanakan Administrasi

Dinas ini melaksanakan tugas administrasi di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Menyediakan data maupun informasi terkait pengelolaannya kepada publik atau umum, segala pemangku kepentingan, maupun pihak-pihak terkait agar bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Melaksanakan Tugas Lain

Dinas ini juga melaksanakan berbagai tugas yang diberikan langsung oleh Menteri PUPR. Agar sama-sama bersinergi untuk pengelolaan sumber daya ini dengan baik.

Apa Saja Yang Dikelola?

Seperti fungsi yang sudah dipaparkan sebelumnya, dinas ini punya tugas dan kewenangan dalam mengelola berbagai aspek yang berkaitan dengan sumber daya air ini pada suatu wilayah. Berikut ada beberapa hal yang umumnya dikelola oleh dinas ini yaitu:

Artikel terkait :  Jual Rumah Subsidi Probolinggo DP Hanya 1 Juta

Perencanaan Dan Pengelolaan Sumber Daya Air

Merencanakan, mengawasi, dan mengelola penggunaan sumber daya air seperti sungai, danau, waduk, dan mata air.

Pengelolaan Bendungan Maupun Waduk

Mengelola bendungan dan waduk, termasuk pengoperasiannya dan perawatan infrastruktur untuk penyediaan air bersih, pengendalian jika terjadi banjir, irigasi, dan untuk keperluan energi.

Pengawasan Dalam Pengambilan Air

Mengawasi dan mengatur pengambilan air dari sumber-sumber air tertentu seperti izin pengambilan air dan penegakan aturan terkait.

Pengelolaan Drainase

Mengelola sistem drainasi dan pengendalian banjir baik pada wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Memantau Dan Mengevaluasi Kualitas Air

Dinas ini bertugas untuk memantai kualitas pada berbagai sumber seperti sungai, danau, maupun sumur untuk memastikan keamanan dan kualitasnya layak untuk dikonsumsi.

Pendidikan Dan Penyuluhan

Memberi edukasi, penyuluhan, maupun sosialisasi kepada masyarakat luas tentang pengelolaan sumber daya ini yang berkelanjutan dan aman.

Penyusunan Kebijakan Dan Regulasi

Menyusun serta memantau terus regulasi, kebijakan, maupun peraturan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya ini sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan wilayah masing-masing.

Mengelola Infornasi Dan Pengembangan Infrastruktur

Dinas ini bertugas untuk mengelola segala data dan informasi yang terkait dan mengembangkan infratruktur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih yang memadai.

Tempat Penampungan Air Yang Higienis

Untuk anda sekalian sebagai masyarakat yang baik, perlu mendukung tugas dan kinerja dari dinas sumber daya air ini. Salah satunya dengan menggunakan tempat penampungan yang higienis dan tentu bisa tahan dalam segala kondisi. Tempat penampungan yang bisa anda pilih yaitu tandon air stainless steel yang mereknya Grand.

Tandon Yang Baik, Aman, Dan Bersih

Tandon stainless steel dari merek Grand ini bisa menyimpan air yang pH nya 2,0 sampai 7,0 dengan baik, aman, dan bersih. Tandon ini tidak mudah bocor dan berkarat karena terbuat dari bahan stainless steel dengan tipe 304 Bright Annealed berkualitas, jadi selain aman juga permukaannya mengkilap dan mudah untuk dibersihkan.
Tandon stainless steel dari Grand ini juga tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim. Sehingga air tetap aman dan bersih untuk dikonsumsi dengan baik.
Apa Tugas Dinas Sumber Daya Air?
Apa Tugas Dinas Sumber Daya Air?

Penutup

Jadi, begitulah beberapa fungsi dan tugas dari dinas sumber daya air ini. Semoga anda semua bisa memahami dan bersama-sama mendukung pengelolaan air yang lebih bersih untuk lingkungan. Jangan lupa juga untuk menggunakan tandon air stainless steel dari Grand ini! Sampai jumpa pada penjelasan menarik berikutnya!