Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Septic Tank WC?

Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Septic Tank WC?

Septic Tank WC – Sebagai pengguna kamar mandi, anda sekalian tentu seringkali menemukan yang banyak orang menyebutnya dengan water closet (WC). Ketika anda akan buang air, kalau tidak tersedia alat yang satu ini tentu akan merepotkan. Karena kotoran yang seharusnya diolah lebih dulu jadi langsung terbuang ke lingkungan yang tidak pada tempatnya.

Sebenarnya apa saja kira-kira yang bisa ditampung oleh septic tank WC ini? Nah, supaya anda bisa memahaminya dengan baik, simak secara seksama artikel ini.

Perangkat Kebersihan WC

WC sendiri merupakan singkatan dari “water closet”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu “tempat duduk air” atau banyak orang mengenal dengan toilet. Alat satu ini merupakan perangkat sanitasi yang berfungsi untuk pembuangan dan pengolahan kotoran dan air seni manusia.

Bentuk Dari Water Closet

Bentuknya sendiri seperti cangkang atau mangkuk yang terhubung langsung dengan pipa untuk membuang kotoran menuju ke sistem pembuangan sementara yaitu septic tank. Pada WC modern biasanya sudah dilengkapi dengan sistem pengisian air, tuas untuk membilas kotoran, serta pembilasan air.

 

Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Septic Tank WC
Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Septic Tank WC

Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Water Closet

WC ini merupakan alat yang bisa menampung dan memproses kotoran manusia. Agar keperluan untuk buang air baik bagi penghuni maupun pengunjung bisa terakomodir dengan dengan baik.

Artikel terkait :  Ketinggian Road Barrier Yang Standar Berapa?

Tinja

WC atau water closet ini bisa menampung tinja manusia maupun hewan saat proses buang air besar (BAB). Kotoran ini bisa masuk ke dalam mangkuk water closet dan kemudian bisa anda hilangkan melalui sistem pembuangan air. Tinja ini masuk ke septic tank untuk selanjutnya ditampung dan diproses.

Air Kencing

Selain tinja, water closet ini juga bisa menampung air kencing saat manusia maupun hewan melakukan proses buang air kecil (BAK). Air kencing yang bercampur dengan air dalam mangkuk akan ikut terbuang bersama saat pembilasan air. Kotoran berupa kencing ini bisa tertampung pada septic tank.

Yang Tidak Boleh Ditampung Pada WC

Nah, anda perlu memahami bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh ditampung pada pembuangan water closet ini. Hal ini karena bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada sistem pembuangan maupun pengolahan limbah pada septic tank. Berbagai masalah kebersihan pun bisa tercipta.

Kertas Tisu

Kertas untuk membersihkan badan atau bisa disebut dengan tisu merupakan benda yang tidak bisa larut dalam air. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak membuangnya ke dalam WC. Hal ini agar tidak menyebabkan penyumbatan pada saluran pembuangan.

Tisu Basah

Selain kertas tisu, yang bentuknya basah seperti tisu pembersih bayi maupun yang digunakan untuk membersihkan wajah juga tidak boleh anda buang ke dalam water closet. Karena materialnya yang membuat susah larut dan menyebabkan penyumbatan.

Sampah Padat

Berbagai sampah yang bentuknya padat seperti plastik, kertas, kantong plastik, pembungkus makanan, maupun barang-barang padat lainnya ini tidak bisa larut pada air yang ada di WC. Kalau dibiarkan maka bisa terjadi penyumbatan pada saluran pembuangan.

Pembersih Kimia

Material berupa pembersih kimia maupun obat-obatan tertentu sebaiknya tidak adan buang dalam water closet ini. Bahan-bahan ini selain tidak bisa larut juga bisa mencemari lingkungan dan sistem pembuangan air.

Batu, Pasir, Maupun Kerikil

benda padat lainnya seperti batu, pasir, maupun kerikil sangat tidak disarankan untuk membuangnya ke dalam water closet karena bisa menyumbat pipa dan merusak sistem pada saluran pembuangan.

Minyak Dan Lemak

Berbagai minyak, lemak, yang belum diolah maupun dari sisa makanan jangan dibuang ke dalam water closet. Karena bisa membeku dan menyumbat saluran pembuangan. Hal ini bisa menyebabkan kinerja dari septic tank untuk mengelola limbah dengan baik jadi terganggu.

Bahan-Bahan Berat

Benda-benda tertentu yang berat seperti mainan, perhiasan, maupun benda-benda lain yang tidak sesuai dan tidak bisa diolah pada septic tank sebaiknya jangan dimasukkan pada water closet.

Sisa Makanan

Kalau ada sisa makanan atau potongan makanan yang besar dan keras, sebaiknya jangan dibuang ke dalam water closet. Karena bisa menghambat kinerja septic tank dalam menampung dan mengolah bahan-bahan seperti ini. Hal ini agar water closet maupun septic tank anda tidak cepat rusak.

Sisa Cat Maupun Pelarut

Berbagai sisa cat, thinner, pelarut, maupun zat-zat kimia yang berbahaya tidak boleh sembarangan anda buang pada water closet karena bisa mencemari air dan merusak sistem pengolahan limbah.

Septic Tank Ukuran 500 Liter

Nah, untuk penggunaan penampungan limbah dari WC bagi 3 orang, maka anda bisa menggunakan septic tank dari merek Grand yang ukurannya 500 liter ini. Desain dari septic tank ini kuat dan ada saluran pipa outlet dan inlet untuk penyaluran dan penampungan limbah. Sehingga limbah bisa tertampung dengan baik dan tentunya aman bagi lingkungan.

Kenapa Perlu Memilih Septic Tank Ini?

Karena septic tank yang mereknya Grand dari perusahaan Tedmond Groups ini punya dinding yang kuat dan tebal. Hal ini yang menjadikannya tidak mudah retak dan tidak mudah bocor walaupun diletakkan pada bawah tanah. Menggunakan sistem penyaringan “Multi Stage” sehingga limbah dapat terolah dengan baik sampai menghasilkan endapan lumpur yang lebih sedikit.
Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Septic Tank WC?
Apa Saja Yang Bisa Ditampung Pada Septic Tank WC?

Penutup

Selain itu, septic tank dari Grand ini juga sudah bergaransi selama 10 tahun. Jadi, jangan khawatir lagi dan segera ganti septic tank anda dengan merek Grand ini! Sampai disini dulu penjelasan tentang apa saja yang bisa ditampung pada septic tank WC ini. Dengan ini, anda bisa menghindari untuk membuang yang tidak diperbolehkan.