Apa Saja Bahan Yang Biasanya Dipakai Untuk Pembatas Jalan?

Apa Saja Bahan Yang Biasanya Dipakai Untuk Pembatas Jalan?

Pembatas Jalan – Ketika anda sedang melintasi suatu jalan entah itu jalan bebas hambatan (tol) maupun jalan raya pada umumnya, seringkali anda mendapati pembatas jalan pada beberapa tempat. Pembatas jalan merupakan salah satu dari sekian perangkat lalu lintas yang perlu anda ketahui sebagai pengguna jalan.

Terdapat berbagai macam bahan yang pada umumnya dipakai untuk pembatas jalan. Lalu, apa saja bahan-bahan tersebut? Kalau anda ingin tahu apa saja, coba cek artikel ini sampai habis!

Apa Sebenarnya Pembatas Jalan Itu?

Banyak orang mengenal perangkat lalu lintas ini dengan nama road barrier. Pembatas jalan menjadi komponen penting pada prasarana jalan yang bertujuan untuk memisahkan aliran kendaraan pada jalur yang berbeda dan mengatur lalu lintas dengan baik. Sehingga pengguna jalan tetap aman dan nyaman berkendara dalam menggunakan jalan.

Bahan-Bahan Untuk Road Barrier

Karena road barrier ini merupakan komponen alat lalu lintas yang penting untuk digunakan di jalan, maka terdapat beberapa bahan yang biasanya dipakai untuk road barrier ini. Bahan-bahan tersebut yaitu seperti:

Beton

Bahan yang satu ini merupakan bahan yang biasanya dipakai untuk road barrier. Pada umumnya road barrier yang terbuat dari Beton ini terdiri dari campuran semen, air, kerikil, dan juga pasir. Road barrier beton biasanya mempunyai kekuatan, daya tahan yang cukup pada cuaca dan dapat dibentuk sesuai dengan yang diperlukan. Biasanya road barrier jenis ini dapat dicat atau diwarnai sesuai kebutuhan.

Artikel terkait :  Bagaimana Menentukan Harga Tukang Galian Septic Tank, Ini Informasinya

Plastik

Road barrier juga seringkali ditemukan yang terbuat dari plastik. Tidak hanya pada jalan biasa pada umumnya, anda juga dapat menemukannya dengan mudah pada proyek-proyek konstruksi sementara. Keuntungan dari road barrier plastik ini yaitu ringan, mudah untuk memindahkannya, namun memiliki daya tahan yang baik terhadap segala cuaca.
Apa Saja Bahan Yang Biasanya Dipakai Untuk Pembatas Jalan?

Logam

Berbagai jenis logam seperti besi atau baja juga biasanya digunakan dalam pembuatan road barrier. Namun perlu diketahui bahwa bahan yang satu ini lebih berat jika dibandingkan dengan plastik. Biasanya logam ini digunakan unutk pembuatan road barrier, pagar, atau pengarah lalu lintas yang sifatnya lebih permanen.

Kayu

Ada juga road barrier yang terbuat dari kayu. Biasanya road barrier dengan bahan jenis ini dapat anda temukan di wilayah pedesaan atau pada kegiatan konstruksi kecil. Memang kayu ini biayanya cenderung lebih rendah. Akan tetapi, bahan road barrier dari kayu ini rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh cuaca dan memerlukan perawatan yang ekstra.

Batu

Tidak jarang di beberapa daerah, digunakanlah batu-batuan sekitar sebagai road barrier alami. Sebenarnya penggunaan bebatuan ini bisa memberikan tampilan yang alami dan biasanya digunakan untuk memisahkan lalu lintas bagi pengguna atau daerah berbahaya. Akan tetapi, road barrier satu ini tidak mempunyai penanda yang sesuai dengan peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan.

Ban Bekas

Road barrier ada juga yang terbuat dari ban bekas yang sudah tidak digunakan lagi oleh kendaraan sehingga difungsikan lain sebagai pembatas. Biasanya road barrier dari ban bekas ini ditumpuk agar bisa terlihat sebagai road barrier. Pembatas yang satu ini memang murah, namun kurang dari segi keamanan bagi para pengguna jalan dan tidak sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Kenapa Road Barrier Warnanya Oranye?

Pada umumnya, anda seringkali menemukan road barrier yang berwarna oranye pada beberapa tempat. Tentunya ada beberapa alasan yang berkaitan dengan keselamatan dan kemampuan penglihatan dari road barrier ini di jalan raya.

Penglihatan Yang Tinggi

Warna oranye merupakan warna yang paling mudah dilihatnya pada berbagai kondisi cahaya maupun cuaca. Warnanya yang cerah dan mencolok memungkinkan road barrier mudah dikenal oleh pengguna jalan. Apalgai jika kondisi jalan sedang ramai-ramainya atau semisal dalam kondisi buruk seperti berkabut.

Peringatan Dari Bahaya

Warna oranye merupakan warna yang berkaitan dengan peringatan dan bahaya. Sehingga ketika pengemudi melihat road barrier warna oranye, hal ini merupakan tanda peringatan yang perlu perhatian ekstra. Contohnya saja seperti ada perbaikan jalan, ada penghalang maupun area yang perlu untuk dihindari.

Warna Yang Sesuai Standar

Warna satu ini sudah diadopsi sebagai warna standar baik nasional maupun internasional untuk road barrier dan tanda peringatan lainnya. Sehingga terciptanya keragaman yang memudahkan bagi pengguna jalan atau pengemudi untuk mengenali adanya peringatan dan penghalang di jalan.

Patuh Pada Peraturan

Peraturan lalu lintas suatu wilayah maupun pedoman keselamatan menggunakan warna oranye pada road barrier. Hal ini mejadikan sautu wilayah patuh pada peraturan lalu lintas dan menghindarkan dari kecelakaan sebisa mungkin. Baik pengguna jalan atau pengemudi bisa tetap aman satu sama lainnya.

Road Barrier Dengan Warna Yang Tidak Mudah Pudar

Perkenalkan road barrier yang dapat digunakan untuk di jalan raya, umum ataupun bebas hambatan yaitu road barrier dari GRAND. Pembatas jalan yang satu ini memiliki keunggulan yaitu warnanya tidak pudar meskipun terpapar dengan perubahan cuaca ekstrim dan suhu tinggi jalanan. Warna pada road barrier dari GRAND ini oranye yang terang dan menyala, jadi mudah untuk dikenali dan ditandai.
Apa Saja Bahan Yang Biasanya Dipakai Untuk Pembatas Jalan?

Akhir Kata

Road barrier dari GRAND ini mudah untuk dipindahkan dan tidak rusak meskipun kena tabrak. Jadi dapat ditaruh sesuai dengan kebutuhan dan keperluan pada jalan. Oleh karena itu, untuk kebutuhan pembatas jalan yang aman dan sesuai standar, jawabannya adalah road barrier dari GRAND. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi.