Apa Perbedaan Septic Tank Plastic Vs Biotank, Dilihat Dari Semua Sisi

Apa Perbedaan Septic Tank Plastic Vs Biotank, Dilihat Dari Semua Sisi – Septic tank merupakan salah satu solusi untuk mengolah limbah pada bangunan atau rumah. Sebelum limbah pada bangunan atau rumah dibuang ke tanah atau lingkungan, perlu disimpan dan diproses terlebih dahulu pada septic tank. Karena jika langsung dibuang ke lingkungan dapat membahayakan dan mencemari lingkungan. Selain itu bisa saja limbah mengandung zat atau gas yang berbahaya bagi lingkungan atau manusia yang ada disekitarnya. Septic tank tersedia dalam beberapa jenis bahan, termasuk jenis plastik dan biotank. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan antara septic tank plastik dan biotank dari semua sisi.

Apa Perbedaan Septic Tank Plastic Vs Biotank, Dilihat Dari Semua Sisi – Jenis Dari Kedua Septic Tank

Bahan yang digunakan untuk septic tank plastik dan septic tank biotank dapat bervariasi tergantung pada produsen atau pembuatnya. Namun, pada umumnya septic tank plastik terbuat dari bahan plastik, sementara septic tank biotank terbuat dari bahan beton atau fiberglass. Septic tank plastik biasanya banyak dipilih oleh masyarakat karena harganya yang lebih terjangkau dan mudah dalam proses pemasangan. Selain itu, septic tank plastik juga lebih ringan dan mudah dalam proses pemindahan atau penggantian jika diperlukan. Sementara itu, pada septic tank biotank terbuat dari bahan fiberglass. Dari bahan yang digunakan, septic tank biotank lebih mahal dibandingkan dengan septic tank plastik.

Artikel terkait :  Apa Perbedaan Septic Tank Plastik Vs Septic Tank Fiber Glass, Berikut Rinciannya

Kualitas Material Dari Kedua Jenis Septic Tank

Septic tank plastik terbuat dari bahan HDPE (High-Density Polyethylene) yang memiliki ketahanan terhadap korosi dan lingkungan. Sementara itu, septic tank biotank terbuat dari bahan organik seperti fiberglass, beton bertulang, batu-bata atau blok, atau bahkan bahan daur ulang seperti ban bekas. Material septic tank plastik lebih tahan terhadap kerusakan dan memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan septic tank biotank yang membutuhkan perawatan lebih intensif dan memerlukan penggantian dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Sistem Pengolahan Limbah Kedua Septic Tank

Septic tank plastik menggunakan sistem fisik untuk memisahkan limbah padat dari cairan, yang kemudian dibuang ke drainase. Sementara itu, septic tank biotank menggunakan bakteri alami untuk menguraikan limbah secara biologis. septic tank plastik lebih efektif dalam mengolah limbah karena memiliki sistem pengolahan yang lebih baik. Septic tank plastik memiliki sistem yang dapat memisahkan limbah dengan baik, sehingga hasil pengolahan menjadi lebih efektif. Selain itu, septic tank plastik juga lebih dapat diandalkan dalam mengolah limbah berbahaya seperti limbah medis atau limbah kimia.

Kemudahan Pemasangan dan Perawatannya

Septic tank plastik umumnya lebih mudah dalam perawatannya dibandingkan dengan septic tank biotank. Karena septic tank plastik tidak memerlukan pengisian bakteri atau zat kimia tertentu untuk menjaga keseimbangan biologis dalam sistem pengolahan limbah. Sedangkan septic tank biotank memerlukan pengisian bakteri dan zat kimia tertentu agar sistem pengolahan limbah berjalan dengan baik. Septic tank plastik terbuat dari bahan plastik yang ringan, sehingga memungkinkan untuk dipasang di area yang sulit dijangkau atau terbatas. Sedangkan septic tank biotank memerlukan pemasangan yang lebih rumit dan membutuhkan keahlian khusus.

Artikel terkait :  Ukuran Toren Air Stainless Horizontal Grand Dari Yang Sedang Hingga Besar

Ketahanan Pada Septic Tank Plastik

Septic tank plastik umumnya lebih tahan lama dan lebih mudah dipasang daripada biotank. Bahan plastik yang digunakan pada septik tank plastik biasanya terbuat dari bahan HDPE yang dikenal cukup kuat dan tahan lama terhadap korosi dan kerusakan. Selain itu, instalasi septik tank plastik relatif mudah dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal dibandingkan dengan biotank. Biotank memerlukan perawatan dan pengelolaan yang lebih intensif karena proses biologis yang terjadi di dalamnya. Sistem biologis pada biotank digunakan untuk proses dekomposisi dan pemurnian limbah. Dalam hal ketahanan, septik tank plastik umumnya lebih unggul dibandingkan dengan septic tank biotank karena lebih tahan lama dan awet pemakaiannya.

Tips Memilih Septic Tank Yang Baik

Memilih septic tank yang baik sangat penting untuk memastikan sistem pembuangan air limbah di rumah atau gedung berjalan dengan baik dan aman. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih septic tank yang baik:

  • Pertimbangkan ukuran septic tank yang sesuai dengan kebutuhan. Ukuran septic tank harus disesuaikan dengan jumlah penghuni dan volume air limbah yang dihasilkan. Jika septic tank terlalu kecil, maka akan cepat penuh dan mengakibatkan masalah pembuangan limbah.
  • Pilih septic tank yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama. Septic tank yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti plastik HDPE lebih tahan lama dan tidak mudah bocor.
  • Periksa sertifikasi atau standar yang diterapkan pada septic tank tersebut. Pastikan septic tank yang akan dipilih memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah ditetapkan oleh lembaga terkait.
  • Pilih septic tank yang mudah untuk dipasang dan dirawat. Pastikan septic tank dapat dipasang dengan mudah dan juga mudah dalam perawatannya agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.
  • Jangan hanya memilih septic tank yang murah, tapi perhatikan kualitasnya. Investasikan uang Anda pada septic tank yang berkualitas dan tahan lama untuk jangka panjang.
Artikel terkait :  Kenapa Menggunakan Septic Tank Plastik Lebih Aman?

Septic Tank Plastik Yang Tahan Lama

Dari pemaparan di atas, muncul pertanyaan di benak kita ini. Apakah ada septic tank plastik yang tahan lama dan berkualitas? Jawabannya tentu saja ada. Septic tank GRAND adalah solusi untuk kebutuhan septic tank anda. Septic tank plastik GRAND terbuat dari bahan plastik berjenis HDPE yang dikenal tidak mudah rusak. Sehingga ketika terjadi pergerakan tanah, tidak berpengaruh pada septic tank GRAND. Septic tank GRAND tidak mudah retak dan tidak mudah berkarat. Tidak perlu khawatir karena septic tank plastik GRAND dapat digunakan jangka panjang dan tahan lama.

Sistem Penyaringan Pada Septic Tank Plastik

Septic tank plastik GRAND menggunakan sistem penyaringan Filtrasi Multi Stage. Sistem penyaringan pada septic tank plastik GRAND ini berkali-kali sehingga dapat menyisakan endapan lumpur yang lebih sedikit ketimbang septic tank pada umumnya. Dalam septic tank GRAND terdapat Dual Faced Bioball yang sudah memiliki paten. Sisi pertama pada Dual Faced Bioball digunakan untuk menangkap dan mengurangi limbah organik dari air buangan. Sedangkan pada sisi kedua digunakan untuk menangkap dan mengurangi limbah anorganik seperti pasir dan lumpur dari air buangan. Itulah tadi ulasan mengenai perbedaan septic tank plastik dan septic tank biotank. Pastikan menggunakan septic tank GRAND yang berkualitas dan tahan lama.