Apa Jadinya Jika Lubang Udara Septic Tank Tertutup?

Lubang Udara Septic Tank Tertutup – Sebagai tempat pembuangan limbah terakhir, meskipun tempat septic tank di bawah tanah, perlu sirkulasi udara yang baik. Seperti yang sering kita dengar mengenai berita-berita yang sudah terjadi bahwa septic tank pada rumah tiba-tiba saja meledak.

Tentunya kita perlu mawas diri dan berjaga-jaga jangan sampai hal-hal semacam ini terjadi lagi. Namun apa jadinya jika lubang udara septic tank tertutup? Yuk, cek dulu jawabannya melalui ulasan satu ini.

Bagaimana Jika Lubang Udara Septic Tank Tertutup?

Jika septic tank tidak memiliki lubang udara, akan terjadi beberapa masalah serius dalam proses penguraian limbah dan fungsi keseluruhan septik tank. Lubang udara pada septic tank sangat penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan di dalam tangki dan memungkinkan proses penguraian limbah yang efisien.

Pengurangan Kualitas Penguraian Limbah

Lubang udara pada septik tank memungkinkan masuknya oksigen yang sangat penting bagi bakteri pengurai untuk melakukan proses penguraian limbah. Bakteri pengurai ini bekerja untuk menguraikan bahan organik dalam limbah manusia. Tanpa oksigen yang cukup, bakteri tidak dapat berfungsi secara optimal, sehingga limbah mungkin tidak terurai sepenuhnya. Akibatnya, limbah yang tidak terurai akan menumpuk di dalam tangki seiring waktu.

Pencemaran Lingkungan

Ketika limbah tidak terurai dengan baik, septic tank dapat meluap atau bahkan tumpah, menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitar area septic tank. Limbah yang tidak terolah ini bisa mengandung zat-zat berbahaya dan patogen yang dapat mencemari tanah, air tanah, dan air permukaan, serta mengancam kesehatan manusia dan lingkungan.

Produksi Gas Berbahaya

Jika septic tank tidak memiliki lubang udara yang memadai, gas-gas seperti metana dan hidrogen sulfida akan terjebak di dalam tangki septik. Kedua gas ini bersifat beracun, berbahaya, dan mudah terbakar. Jika gas-gas ini tidak bisa keluar dengan baik, mereka dapat menciptakan lingkungan berbahaya bagi orang yang tinggal di sekitar area tersebut.

Bau Yang Tidak Sedap

Ketika limbah tidak terurai dengan baik dan gas-gas berbahaya terjebak, ini juga dapat menyebabkan septik tank mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak enak ini bisa menyebar ke area sekitarnya dan menciptakan masalah kenyamanan dan kualitas udara di sekitar lokasi septic tank.

 

Artikel terkait :  Rekomendasi Lem untuk Menambal Tandon Air yang Bocor

 

Kerusakan Pada Sistem Septik

Tanpa lubang udara, tekanan gas yang terjebak di dalam tanki dapat menyebabkan tekanan berlebih pada dinding septik tank. Hal ini dapat menyebabkan retak atau kerusakan pada tanki seiring waktu, yang akhirnya menyebabkan kebocoran atau bahkan kegagalan keseluruhan sistem septik.

Fungsi Ventilasi Pada Septic Tank

Ventilasi pada septic tank memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan sistem septik dan memastikan penguraian limbah berjalan dengan baik.

Pengaturan Tekanan Udara

Ventilasi pada septic tank berfungsi untuk mengatur tekanan udara di dalam tangki. Ketika limbah manusia dan sisa-sisa organik masuk ke dalam septic tank, bakteri anaerobik mulai mengurai limbah tersebut. Proses penguraian ini menghasilkan gas-gas, seperti belerang hidrogen (hydrogen sulfide) dan metana. Ventilasi memungkinkan gas-gas ini untuk keluar dari tangki, menghindari penumpukan tekanan berlebih yang dapat merusak septic tank atau saluran pembuangan.

Mencegah Bau Tak Sedap

Salah satu fungsi utama ventilasi adalah mencegah bau tak sedap dari gas-gas yang dihasilkan selama proses penguraian limbah. Jika ventilasi tidak ada atau tidak berfungsi dengan baik, gas-gas berbau tidak sedap dapat terperangkap di dalam septic tank dan menyebabkan bau yang mengganggu di sekitar lingkungan septic tank.

Memastikan Penguraian Limbah Efisien

Penguraian limbah di dalam septic tank memerlukan bakteri anaerobik yang memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai. Ventilasi yang baik memastikan suplai oksigen yang cukup masuk ke dalam tangki. Walaupun sebagian besar bakteri di septic tank adalah anaerobik, beberapa tahap penguraian memerlukan oksigen (aerobik) untuk berjalan dengan efisien. Ventilasi membantu menciptakan lingkungan yang seimbang bagi bakteri-bakteri ini untuk bekerja secara optimal.

Mencegah Pembentukan Gas Berbahaya

Jika ventilasi tidak berfungsi, gas-gas yang terperangkap di dalam septic tank, seperti metana, dapat menjadi berbahaya jika terjadi penumpukan dan mencapai konsentrasi yang tinggi. Metana adalah gas yang mudah terbakar dan dapat menyebabkan ledakan atau kebakaran jika terjadi percikan api di sekitar septic tank.

Meningkatkan Efisiensi Sistem Septik

Dengan ventilasi yang baik, proses penguraian limbah menjadi lebih efisien. Ini berarti septic tank dapat menampung limbah lebih lama sebelum perlu melakukan pengosongan. Lebih lanjut, sistem septik dapat beroperasi dengan lebih baik dan lebih tahan lama jika ventilasi berfungsi dengan baik.

Septic Tank Dengan Ventilasi Udara Yang Baik

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pada penjelasan sebelumnya ataupun septic tank meledak, maka anda perlu menggunakan septic tank yang sudah dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik. Meskipun septic tank ini letaknya di bawah tanah, jika tidak diperhatikan dengan baik bisa menyebabkan banyak masalah yang timbul.

Septic Tank Instan

Perkenalkan inovasi dari perusahaan Tedmond Groups yaitu septic tank instan GRAND. Septic tank yang satu ini sudah dilengkapi dengan ventilasi udara, sehingga dapat mencegah penumpukan udara dari zat-zat limbah berbahaya yang bisa menyebabkan ledakan. Septic tank GRAND ini terbuat dari bahan HDPE yang kokoh dan kuat.

Bahan Pada Septic Tank

Bahan pada septic tank GRAND ini menjadikannya kuat dan kokoh terhadap pergeseran tanah maupun pergerakan yang ada di bawah tanah. Septic tank ini tetap awet, tidak mudah retak, dan memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi. Hal ini menjadikan limbah yang tersimpan dan terolah pada septic tank GRAND tetap aman terjaga.

Penutup

Sekian penjelasan pada artikel mengenai apa jadinya jika lubang udara septic tank tertutup. Seperti pada pemaparan sebelumnya, beberapa masalah bisa terjadi jika menggunakan septic tank sembarangan yang tidak ada ventilasinya. Sebaiknya gunakan septic tank GRAND yang dapat menyimpan limbah dan memiliki ventilasi udara yang baik.