Apa Itu Dermaga Apung?

Apa Itu Dermaga Apung? – Jika anda sekalian sering memperhatikan kapal-kapal yang bersandar di pinggir pantai, biasanya anda dapat dengan mudah menemukan dermaga apung. Dermaga apung merupakan salah satu tempat atau spot yang digunakan untuk menambatkan kapal pada suatu ponton yang mengapung di atas permukaan air. Hal ini diperlukan agar posisi kapal yang mendarat pada bibir pantai dengan posisi dermaga bisa selalu sama. Terdapat berbagai jenis dermaga apung dengan berbagai jenis bahan yang bisa digunakan. Maka dari itu, pada ulasan artikel menarik kali ini akan dibahas mengenai apa itu dermaga apung. Agar anda sekalian bisa memahami dan mengenal dermaga apung ini, anda bisa simak sekalian artikel berikut ini.

 

Apa Itu Dermaga Apung? – Pengertian Dari Dermaga Apung

Mungkin dari sebagian orang masih asing dan belum memahami apa itu dermaga apung. Secara pengertian, dermaga apung merupakan sebuah konstruksi yang terapung di atas permukaan air dan digunakan sebagai tempat berlabuh, bongkar muat, atau aktivitas lainnya di perairan. Dermaga apung biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti beton, baja, kayu, atau plastik HDPE yang mampu memberikan daya apung dan stabilitas yang diperlukan. Dermaga apung perlu bahan-bahan yang kuat karena tidak hanya untuk menahan deburan ombak saja, tetapi juga agar kuat menahan beban kapal atau perahu yang berlabuh pada bibir pantai.

Desain Pada Dermaga Apung

Desain dari dermaga apung melibatkan berbagai aspek termasuk ukuran, bentuk, material, serta sistem penambatan dermaga yang baik. Desain dari dermaga apung perlu mempertimbangkan ukuran yang tepat sesuai dengan kapasitas dan tujuan penggunaan. Ukuran dapat bervariasi tergantung pada kapasitas beban yang akan ditampung, jumlah kapal yang akan berlabuh, serta luas platform yang dibutuhkan untuk kegiatan di atas dermaga. Bentuk dari dermaga apung ini juga harus dipertimbangkan agar dapat menampung beban dari jumlah kapal yang berlabuh dengan baik. Umumnya bentuk dari dermaga apung yang dapat menahan beban dengan kuat yaitu yang berbentuk kubus.

Jenis-Jenis Dari Dermaga Apung

Dermaga apung sendiri terdiri dari beragam jenis dan pilihan yang biasanya ditemukan. Nah, oleh karena itu berikut ini jenis-jenis dari dermaga apung yang biasanya dipasang di pinggir laut :
  • Dermaga Apung Beton : Dermaga apung beton merupakan jenis dermaga yang terbuat dari struktur beton yang mengapung di atas air. Dermaga ini biasanya memiliki kekuatan dan kestabilan, serta dapat menahan beban berat. Dermaga apung beton biasanya digunakan untuk pelabuhan besar, dermaga komersial, maupun pada proyek-proyek maritim.
  • Dermaga Apung Kayu : Dermaga apung kayu yaitu jenis dermaga yang terbuat dari bahan kayu. Dermaga ini biasanya digunakan di area pantai atau danau dengan lingkungan yang lebih tenang. Kayu yang digunakan biasanya memiliki ketahanan yang cukup terhadap kerusakan akibat air dan serangan organisme laut.
  • Dermaga Apung Logam : Dermaga apung logam menggunakan material seperti baja atau aluminium. Dermaga apung logam ini memiliki kekuatan struktural dan memiliki ketahanan yang cukup. Dermaga apung logam sering digunakan untuk proyek maritim yang membutuhkan daya tahan dan ketahanan terhadap kondisi lingkungan yang keras.
  • Dermaga Apung Plastik : Dermaga apung plastik umumnya terbuat dari bahan seperti plastik HDPE (High-Density Polyethylene) atau polimer lainnya. Dermaga apung plastik memiliki kekuatan yang cukup baik, tahan terhadap korosi, dan mudah dalam pemasangan dan perawatan. Mereka juga ringan dan dapat diangkut dengan mudah. Dermaga apung plastik biasanya digunakan untuk berbagai keperluan pelabuhan karena kekuatan dan ketahanannya yang baik.
  • Dermaga Apung Beton Polimer : Dermaga apung beton polimer merupakan jenis dermaga yang terbuat dari campuran beton dan bahan polimer seperti fiberglass. Kombinasi ini memberikan kekuatan serta ketahanan terhadap korosi yang cukup. Dermaga apung beton polimer sering digunakan di area pantai atau sungai.
  • Dermaga Apung Modular : Dermaga apung modular terdiri dari komponen-komponen yang terpisah dan dapat dirakit sesuai kebutuhan. Dermaga apung modular ini cukup fleksibel dalam desainnya. Komponen-komponen modular ini mudah untuk dipasang dan dilepas.

 

Material Konstruksi Pada Dermaga Apung

Salah satu material konstruksi yang sering digunakan pada dermaga apung yaitu dengan bahan plastik HDPE. Jenis plastik ini merupakan jenis plastik yang memiliki kekuatan tinggi, tahan terhadap korosi, serta memiliki ketahanan terhadap bahan kimia dan cuaca ekstrem. Material konstruksi dermaga apung yang menggunakan bahan kuat seperti plastik ini memiliki ketahanan baik terhadap zat-zat yang biasanya ditemukan pada lingkungan perairan maritim seperti garam, minyak, dan bahan kimia laut. Dengan menggunakan material konstruksi yang kuat, dermaga apung dapat kuat menahan tekanan air dan karat dalam jangka waktu yang panjang.

Dermaga Apung Yang Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Suhu di perairan laut cenderung memiliki suhu tinggi. Apalagi karena berada di pinggir pantai yang terpapar langsung matahari dan zat garam dari laut. Dermaga apung dengan bahan material plastik HDPE memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar UV dan kelembaban yang tinggi. Bahan dermaga apung yang terbuat dari plastik memiliki ketahanan terhadap kepudaran dan degradasi yang disebabkan oleh zat-zat kimia di sekitar laut. Hal ini menjadikan struktur dermaga tetap kuat dan tidak mudah rusak walaupun sering terpapar suhu tinggi yang ada di lingkungan sekitar perairan laut.

Perawatan Dan Pemasangan Pada Dermaga Apung

Dermaga apung untuk tempat kapal bersandar perlu pemasangan dan perawatan yang mudah agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Dermaga apung yang menggunakan bahan HDPE memiliki bobot yang ringan. Hal ini berguna agar memudahkan pemindahan saat pemasangan. Dermaga apung yang berbahan HDPE ini lebih mudah untuk diangkat tanpa perlu peralatan khusus atau berat. Perlu pemilihan dermaga apung yang tepat agar perawatannya praktis. Dermaga apung dengan perawatan mudah hanya perlu dibersihkan dengan air dan sabun ringan tanpa perlu pewarnaan ataupun perlakuan khusus. Sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dengan baik.

Dermaga Apung Dengan Bahan HDPE

Dari sekian banyak jenis dermaga apung yang sudah diuraikan sebelumnya, salah satu dermaga apung yang bisa dipilih yaitu dermaga apung berbahan HDPE dari GRAND. Dermaga apung dari GRAND ini merupakan dermaga apung berbentuk kubus yang dapat menopang beban kapal hingga 350 kilogram. Dermaga apung dari GRAND ini diproduksi dengan teknologi canggih saat ini yaitu Blow Moulding Technology. Teknologi ini menjadikan dermaga apung GRAND mudah untuk perawatan dan pemasangannya. Bahan plastik HDPE pada dermaga apung GRAND menjadikan dermaga apung satu ini kokoh, kuat, tahan terhadap korosi namun tetap elastis.

Penutup

Selain itu, dermaga apung GRAND ini juga sudah memiliki garansi selama 5 tahun, jadi tidak usah khawatir dalam menggunakan dermaga apung dari GRAND ini. Dermaga apung dari GRAND juga memiliki keunggulan yaitu mudah untuk beradaptasi dengan gelombang tinggi dan gelombang ombak. Untuk dermaga apung yang berkualitas, gunakan selalu Dermaga Apung GRAND ini. Jadi, itulah tadi penjelasan mengenai apa itu dermaga apung. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat bagi anda dan wawasan baru mengenai apa itu dermaga apung. Sampai jumpa pada ulasan dan info-info menarik selanjutnya.