Apa Itu Coating Pada Tandon, Amankah Digunakan?

Apa Itu Coating Pada Tandon, Amankah Digunakan? – Tidak dapat dipungkiri lagi kebutuhan akan tandon air pada saat ini meningkat pesat. Hal ini dikarenakan cuaca yang tidak menentu di negara Indonesia, terkadang harus menghadapi musim penghujan, terkadang juga menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan. Akibatnya, pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari mengalami hambatan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini terjadi, maka solusinya yaitu dengan menggunakan tandon air.

Coating pada tandon air merupakan lapisan pelindung yang diberikan pada dinding dalam tandon air. Coating ini dapat diberikan pada tandon air yang terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti beton, baja, atau plastik. Coating pada tandon air harus memenuhi standar kualitas dan ketahanan yang telah ditetapkan oleh badan-badan regulasi terkait. Sebab, jika coating yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang ada, dapat membahayakan kualitas air yang disimpan di dalam tandon air. Maka dari itu perlu diperhatikan coating pada tandon air tidak bisa sembarangan. Berikut ini kami akan ulas mengenai amankah penggunaan coating pada tandon air. Simak terus artikel berikut ini untuk mendapatkan informasinya.

Apa Itu Coating Pada Tandon, Amankah Digunakan? – Pengertian Tentang Apa Itu Coating?

Coating merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu lapisan atau pelapisan yang diterapkan pada suatu benda atau permukaan untuk melindungi, meningkatkan tampilan, atau meningkatkan kinerja dari benda tersebut. Coating dapat berbentuk cairan, padat, atau gas, dan dapat diterapkan pada berbagai jenis bahan, termasuk logam, kayu, kaca, beton, dan plastik. Coating dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Umumnya pada industri otomotif, konstruksi, penerbangan, elektronik, dan tekstil.

Artikel terkait :  Perusahaan Tandon Yang Bisa Di Nego Harganya Untuk Proyek, Tedmond Jawabannya

Penerapan coating dapat dilakukan dengan berbagai teknik, seperti penyemprotan, pencelupan, atau pengolesan. Selain itu, bahan coating yang digunakan juga bervariasi tergantung pada aplikasinya, seperti cat, lapisan kaca, pernis, atau bahan kimia khusus. Penerapan coating sebenarnya memiliki tujuan untuk melindungi permukaan material dari berbagai kerusakan. Dengan melindungi permukaan material, penerapan coating dapat memperpanjang umur material, meningkatkan tampilan estetika, dan meningkatkan kinerja objek yang dilindungi. Meski terdapat berbagai keuntungan pada coating, untuk diaplikasikan pada tandon air juga tidak bisa sembarangan. Perlu konsultasi dengan produsen tandon air maupun ahli yang terpercaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tingkat Keamanan Coating Untuk Tandon

Jika ingin menambahkan lapisan pelindung pada tangki air atau tandon air, sebaiknya menggunakan produk pelapis yang aman dan sesuai untuk digunakan pada tandon air. Beberapa coating menggunakan bahan-bahan atau zat-zat kimia tertentu yang dapat dengan mudah mempengaruhi kualitas air dalam tandon. Pastikan terlebih dahulu untuk membersihkan tandon air dengan baik dan memastikan bahwa tandon air sudah benar-benar kering. Selain itu, periksa juga apakah pelapis yang akan digunakan sesuai dengan peraturan maupun disetujui oleh badan setempat dan sudah teruji secara aman untuk digunakan pada tandon air.

Namun, perlu diingat bahwa penambahan lapisan pelindung pada tandon air tidak selalu diperlukan, tergantung pada kondisi dan kualitas tandon air itu sendiri. Tandon air yang berkualitas biasanya tidak menggunakan coating yang dapat membahayakan air pada tandon. Selain itu, tandon air yang berkualitas haruslah yang tahan terhadap kondisi lingkungan sekitar yang berbeda-beda. Maka dari itu, perlu memilih tandon air dengan merk terpercaya dan ahlinya agar menemukan referensi tandon air yang tepat.

Artikel terkait :  Pentingnya Penggunaan Septic Tank Kedap Air

Tandon Air Berkualitas Dengan Warna Aman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pemberian Coating pada tandon air ini tidak bisa sembarangan. Karena cairan yang terdapat didalamnya dapat dengan mudah terkontaminasi dengan zat yang ada pada coating. Apalagi jika air yang terdapat didalamnya untuk digunakan dan dikonsumsi sehari-hari. Tentu tidak ingin rasa maupun warna pada air berubah karena terkontaminasi oleh coating bukan? Maka dari itu, perlu memilih tandon air yang memiliki warna tidak mudah pudar. Contohnya saja seperti tandon air GRAND, yang tahan terhadap cuaca ekstrim dan tahan terhadap suhu tinggi. Air yang terdapat dalam tandon air GRAND juga tidak berubah kualitasnya.

Warna Pada Tandon Air

Warna pada tandon air GRAND sudah dikondisikan terhadap cuaca ekstrim. Suhu yang tinggi seringkali dengan mudah mengubah kualitas pada air. Sehingga tidak jarang air pada tandon yang ditempatkan di luar ruangan mengalami perubahan. Warna yang digunakan pada tandon air GRAND juga aman dan sudah sesuai dengan standar. Tandon air GRAND sudah bersertifikat  FDA (Food & Drugs Administration), sehingga air aman untuk dikonsumsi dan digunakan sehari-harinya. Warna pada tandon air GRAND didesain untuk dapat melindungi tandon air dari segala bakteri maupun mikroorganisme. Hal ini menjadikan tandon air GRAND aman dan higienis dari segala macam bakteri.

Tandon Air Dengan Teknologi Triple Layer

Tandon air GRAND memiliki teknologi 3 lapis. Pada lapisan luar (outer layer) dirancang khusus dilengkapi dengan UV protection untuk melindungi tangki air dari perubahan cuaca dalam masa jangka panjang. Sehingga tandon air GRAND awet digunakan. Lapisan tengah (porous layer) yang berwarna gelap dapat mencegah sinar matahari yang masuk, guna menghambat pertumbuhan lumut. Sedangkan lapisan dalam (inner layer) pada tandon air GRAND menggunakan HDPE yang berkualitas food grade sehingga air aman untuk dikonsumsi. Tandon air GRAND juga memiliki berbagai kapasitas dan jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait :  10 Rekomendasi Bahan Bangunan Anti Api

Itulah tadi ulasan mengenai amankah penggunaan coating pada tandon air. Penggunaan coating memang harus hati-hati dan sesuai dengan standar badan yang terkait. Apalagi penggunaan coating pada tandon air, yang bisa saja mengubah kualitas cairan yang tersimpan dalam tandon air. Maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu pada produsen tandon air atau ahlinya, agar tidak membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain sekitarnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu anda.